tata CARA MEMBUAT RPP K13 SMA/MA
LANGSUNG DISIMAK SAJA !
CEKIDOT !!
A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia.
Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna,
damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan
umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap
pribadi menajdi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik
pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan
membetuk peserta didik agar menajdi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia
mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari
pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual mencakup pengamalan, pemahaman,
dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut
dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan
potensi spiritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi
berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama
diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa
kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan
manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin,
harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini
mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang
persekolahan yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:
- lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
- mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
- memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya
menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan
keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang
bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan,
hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam
lingkup lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan
standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar
perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah,
orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan
pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SMA/MA bertujuan untuk:
- menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
- mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Al-Qur’an dan Hadits
- Aqidah
- Akhlak
- Fiqih
- Tarikh dan Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian
antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama
manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri dan hubungan manusia dengan alam
sekitarnya.
D. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al-Qur’an
1. Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
|
1.1 Membaca QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14,
Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78
1.2 Menyebutkan arti QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14,
Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.
1.3 Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti
terkandung dalam QS Al-Baqarah;30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An
Nahl : 78.
|
2. Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.
|
2.1 Membaca QS Al
An’am; 162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
2.2 Menyebutkan arti
QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
2.3 Menampilkan
perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS Al An’am;162-163
dan Al-Bayyinah; 5.
|
Aqidah
3.
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam
Asmaul Husna
|
3.1 Menyebutkan 10
sifat Allah dalam Asmaul Husna.
3.2 Menjelaskan arti
10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
3.3 Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Akhlak
4.
Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1
Menyebutkan pengertian perilaku
husnuzhan.
4.2
Menyebutkan contoh-contoh perilaku
husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
4.3
Membiasakan perilaku husnuzhan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Memahami sumber hokum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.
|
5.1 Menyebutkan
pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
5.2 Menjelaskan
pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
5.3 Menerapkan hukum
taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tarikh
dan Kebudayaan Islam
6.
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat
periode Makkah.
|
6.1 Menceritakan
sejarah dakwah Rasullah SAW periode Makkah.
6.2 Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Makkah
|
Kelas X, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
7.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
Demokrasi
|
7.1 Membaca QS Ali
Imran; 159 dan QS Asy Syura; 38.
7.2 Menyebutkan arti
QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura; 38.
7.3 Menampilkan
perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imran 159, dan QS
Asy Syura; 38 dalam kehidupan sehari-hari.
|
Aqidah
8.
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.
|
8.1 Menjelaskan
tanda-tanda beriman kepada malaikat.
8.2 Menampilkan
contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.
8.3 Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman
kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
|
Akhlak
9.
Membiasakan perilaku terpuji.
|
9.1 Menjelaskan
pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan atau
menerima tamu.
9.2
Menampilkan contoh-contoh adab dalam
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
9.3
Mempraktikkan adab dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari.
|
10.
Menghindari Perilaku Tercela
|
10.1 Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan
diskriminasi
10.2 Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan
diskriminasi
10.3 Menghindari hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam
kehidupan sehari-hari
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Fiqih
11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf.
|
11.1 Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat,
haji dan waqaf.
11.2 Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
11.3 Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan
zakat, haji dan wakaf.
|
Tarikh
dan Kebudayaan Islam
12. Memahami
keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah.
|
12.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW
periode Madinah.
12.2 Mendeskripsikan strategi dakwah Rasullullah
SAW periode Madinah.
|
Kelas XI, Semester
1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
Al Qur’an
|
|
|
1. Memahami ayat-ayat Al-
Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan
|
1.1
|
Membaca QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32
|
1.2
|
Menjelaskan arti QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32
|
|
|
1.3
|
Menampilkan perilaku berkompetisi
dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir
: 32
|
2. Memahami
ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menyantuni kaum Dhu’afa
|
2.1
|
Membaca Qs. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
|
2.2
|
Menjelaskan arti QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
|
|
2.3
|
Menampilkan perilaku menyantuni kaum Dhu’afa seperti terkandung dalam QS.
al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
|
|
Aqidah
|
|
|
3. Meningkatkan keimanan kepada Rasul rasul Allah
|
3.1
|
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasulrasul Allah
|
3.2
|
Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
|
3.3
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Akhlaq
|
|
|
4. Membiasakan berperilaku terpuji
|
4.1
|
Menjelaskan pengertian taubat dan raja’
|
4.2
|
Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja’
|
|
4.3
|
Membiasakan perilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan
sehari-hari
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
|
Fiqih
|
|
|
|
5. Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah
|
5.1
|
Menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam
|
|
5.2
|
Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam
|
||
5.3
|
Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
||
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
|
|
|
|
6. Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan
(1250 – 1800)
|
6.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
|
6.2
|
Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
||
|
|
|
|
Kelas XI, Semester
2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
Al Qur’an
|
|
|
7. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah
menjaga kelestarian lingkungan hidup
|
7.1
|
Membaca QS. al
Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
|
7.2
|
Menjelaskan
arti QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
|
|
|
7.3
|
Membiasakan perilaku menjaga
kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS. al Rum: 41-42, QS
Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27
|
Aqidah
|
|
|
8. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
|
8.1
|
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
|
8.2
|
Menerapkan
hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
|
|
Akhlak
|
|
|
9. Membiasakan perilaku terpuji
|
9.1
|
Menjelaskan
pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
|
9.2
|
Menampilkan
contoh perilaku menghargai karya orang lain
|
|
9.3
|
Membiasakan
perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
|
|
10. Menghindari perilaku tercela
|
10.1
|
Menjelaskan
pengertian dosa besar
|
10.2
|
Menyebutkan
contoh perbuatan dosa besar
|
|
10.3
|
Menghindari
perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
|
Fiqih
|
|
|
|
11. Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah
|
11.1
|
Menjelaskan
tatacara pengurusan jenazah
|
|
11.2
|
Memperagakan
tatacara pengurusan jenazah
|
||
|
|
||
12. Memahami khutbah, tabligh dan dakwah
|
12.1
|
Menjelaskan
pengertian khutbah, tabligh dan dakwah
|
|
12.2
|
Menjelaskan
tatacara khutbah, tabligh dan dakwah
|
||
12.3
|
Memperagakan
khutbah, tabliqh dan dakwah
|
||
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
|
|
|
|
13. Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
|
13.1
|
Menjelaskan
perkembangan Islam pada masa modern
|
|
13.2
|
Menyebutkan
contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern
|
||
|
|
|
|
Kelas XII,
Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
Al Qur’an
|
|
|
1. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang anjuran
bertoleransi
|
1.1
|
Membaca QS. al
Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
|
1.2
|
Menjelaskan arti
QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
|
|
|
1.3
|
Membiasakan
perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS al Kafiiruun, QS. Yunus : 40-41,
dan QS. al Kahfi : 29
|
2. Memahami
ayat-ayat al Qur’an tentang etos kerja
|
2.1
|
Membaca QS. Al
Mujadalah : 11 dan QS. Al
Jumuah : 9-10
|
2.2
|
Menjelaskan arti
QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al
Jumuah : 9-10
|
|
2.3
|
Membiasakan
perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
|
|
Aqidah
|
|
|
3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
|
3.1
|
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
|
3.2
|
Menerapkan
hikmah beriman kepada Hari Akhir
|
|
3.3
|
Membiasakan
perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Akhlaq
|
|
|
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1
|
Menjelaskan pengertian
adil, ridha dan amal shaleh
|
4.2
|
Menampilkan
contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
|
|
4.3
|
Membiasakan
perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
Fiqih
|
|
|
5. Memahami Hukum Islam tentang Hukum Keluarga
|
5.1
|
Menjelaskan
ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
|
5.2
|
Menjelaskan
hikmah perkawinan
|
|
|
5.3
|
Menjelaskan
ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
|
|
|
6. Memahami perkembangan Islam di Indonesia
|
6.1
|
Menjelaskan
perkembangan Islam di Indonesia
|
6.2
|
Menampilkan
contoh perkembangan Islam di Indonesia
|
|
6.3
|
Mengambil hikmah
dari perkembangan Islam di Indonesia
|
Kelas XII,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
Al Qur’an
|
|
|
7. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang
pengembangan IPTEK
|
7.1
|
Membaca QS.
Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164
|
7.2
|
Menjelaskan arti
QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164
|
|
|
7.3
|
Melakukan
pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah
: 164
|
Aqidah
|
|
|
8. Meningkatkan
keimanan kepada Qadha’ dan Qadhar
|
8.1
|
Menjelaskan
tanda-tanda keimanan kepada Qadha’ dan Qadar
|
8.2
|
Menerapkan
hikmah beriman kepada Qadha’ dan Qadhar
|
|
Akhlaq
|
|
|
9. Membiasakan perilaku terpuji
|
9.1
|
Menjelaskan
pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan
|
9.2
|
Menampilkan
contoh perilaku persatuan dan kerukunan
|
|
9.3
|
Membiasakan
perilaku persatuan dan kerukunan
|
|
10. Menghindari perilaku tercela
|
10.1
|
Menjelaskan
pengertian Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah
|
10.2
|
Menjelaskan
contoh perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah
|
|
10.3
|
Menghindari
perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Fiqih
|
|
|
11. Memahami Hukum Islam
tentang Waris
|
11.1
|
Menjelaskan
ketentuan hukum Waris
|
11.2
|
Menjelaskan
contoh pelaksanaan hukum Waris
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
|
|
|
|
12. Memahami perkembangan Islam di dunia
|
12.1
|
Menjelaskan perkembangan
Islam di dunia
|
|
12.2
|
Menampilkan
contoh perkembangan Islam di dunia
|
||
12.3
|
Mengambil hikmah
dari perkembangan Islam di dunia
|
||
|
|
|
|
E. Arah Pengembangan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut oleh
Departemen Agama.
SEKIAN DAN SEMOGA BERMANFAAT !!!
Comments
Post a Comment