SOAL DAN JAWABAN Metodologi Pembelajaran dari kelompok 1 sampai 8 KI- 1A.
SOAL dan JAWABAN MataKuliah Metodologi Pembelajaran
kelompok 1 sampai 8
KI- 1A
KELOMPOK 1
1.AFIFATUL IKLIMAH
1.AFIFATUL IKLIMAH
2. KRESNUR ANA SHOFIYAH
3.MOH
ZAENAL ISMAIL
KONSEP
BELAJAR
1.
Sebutkan tiga ranah dari
perubahan perilaku sebagai hasil belajar?
Jawab :
a.
pengetahuan (kognitif)
b.
keterampilan motorik
(psikomotorik)
c.
penguasaan nilai-nilai atau sikap
(afektif)
2.
apakah perbedaan antara
pengalaman langsung dan tak langsung?
Jawab :
v pengalaman
langsung yaitu mempraktikan langsung.misalkan belajar tentang sholat
yang dilaksanakan
dimasjid/mushola,praktek sholat merupakan kegiatan langsung yang di bimbing oleh guru
sehingga siswa mendapatkan pengalaman langsung.
v Pengalaman
tak langsung yaitu dengan membaca buku atau mendengarkan penjelasan dari guru.
3.
Sebutkan contoh lingkungan fisik
dan lingkungan sosial yang terjadi didalam interaksi belajar?
Jawab :
Ø Lingkungan
fisik : buku,media,perpustakaan,alam sekitar.
Ø Lingkungan
sosial : guru,siswa,pustakawan,kepala sekolah.
Mengajar
dan Pembelajaran
kelompok 2 : lisna zainul
ikho’is tsani
kamilatun nisa’
dayu dayana
1. 1. Jelaskan
pengertian mengajar!
2.
2. Apa
yang dimaksud pembelajaran?
3. 3. Sebutkan
komponen-komponen pembelajaran!
jawab:
1.
Mengajar
merupakan suatu usaha untuk menciptakan kondisi atau sistem yang mendukung dan
memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar
2.
pembelajaran
merupakan suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi,
material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk
mencapai tujuan pembelajaran
3.
tujuan,
bahan, metode, media, evaluasi.
KELOMPOK
3 : Ruly Ardiyanto
Ahmad
Miftahus Surur
Siti
Maghfiroh
Pertanyaan
1.
Apa
makna metodologi secara istilah ?
2.
Apa
Definisi Metode Pembelajaran ?
3.
Apa
pengertian tentang Belajar ?
Jawaban
:
1.
Makna
metodologi secara istilah adalah jalan
yang di tempuh seseorang supaya sampai pada tujuan tertentu , baik dalam
lingkungan maupun dalam kaitan pengetahuan.
2.
Definisi
metode pembelajaran yaitu : metode berasal dari yunani , yaitu “ Methodos”.
Kata ini terdiri dari dua suku kata yaitu “ metha “ yang berarti melalui atau
melewati.dan “hodos” yang berarti jalan atau cara. Jadi definisi metode
pembelajaran adalah memudahkan pelaksanaan kegiatan untuk mencapai apa yang ditentukan.
3.
Belajar
adalah suatu proses adanya pengetahuan sikap, tingkah laku, dan ketrampilan
yang relatif tetap dalam diri seseorang , maupun sesuai tujuan yang diharapkan.
Kelompok
4.
Nama
Anggota:
1. Dina Fanny
2. Maesaroh
3. Frisha Bunga P.D
Pertanyaan:
1. Mengapa dalam proses belajar mengajar
diperlukan adanya metode dalam pengajaran?
Jawab:
Agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan dlam suasana yang menyenangkan,
menggembirakan, penuh dorongan dan motovasi sehingga materi pembelajaran itu
menjadi lebih mudah untuk diterima dan dipahami oleh peserta didik, karna
tujuan utama metode pembelajaran ialah mengantarkan sebuah pembelajaran kearah
tujuan tertentu yang ideal dengan cepat dan tepat seesuai dengan yang
diinginkan.
2. Salah satu metode pembelajaran ialah
metode tanya jawab, lalu apa manfaat dari metode tanya jawab bagi guru?
Jawab:
Manfaat terpenting bagi guru dalam
metode tanya jawab ialah guru dapat memperoleh gambaran sejauh mana murid dapat
mengerti dan dapat mengungkapkan kembali apa yang telah diceramahkan oleh guru
tsb, karna dlam metode ini memungkinkan terjadinya komunikasi langsung antara
guru dan murid.
3. Metode Drill (Latihan) merupakan salah
satu metode dalam pembelajaran, lalu apa perbedaan antara metode drill
(latihan) dengan ulangan?
Jawab:
Metode drill (latihan) bermaksud agar
pengetahuan dan kecakapan tertetu dapat dimiliki dan dikuasai sepenuhnya oleh
peserta didik. Sedangkan ulangan hanyalah sekedar untuk mengukur sejauh mana
siswa telah menyerap pembelajaran tersebut.
kelompok 5
Nama : 1. Yulia Nurul
Maulida
2.
Faiz Zulfa
3. Puji Rahayu
STRATEGI DAN
TEKNIK PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Apakah pengertian guru menurut Frederick J.McDonald ?
Jawab : Guru
adalah orang yang bertanggung jawab atas semua aktifitas suatu pendidikan,
dimana yang menjadi pusat dan fokusnya adalah anak-anak.
2.
Apa yang lebih menentukan dari factor pembawaan dan lingkungan ?
Jawab : dari
hasil penyelidikan yang di lakukan oleh para ahli psikologi diperoleh petunjuk
sebagai berikut : factor pembawaan lebih menentukan dalam hal integensi,fisik,
reaksi penginderaan,. Sedangkan factor lingkungan lebih berpengaruh dalam hal
pembentukan kebiasaan, kepribadian dan nilai-nilai.
3.
Apa yang dikemukakan oleh psikologi gestalt ?
Jawab : bahwa
bentuk itu lebih banyak artinya dari pada unsur-unsurnya, dan arti tiap-tiap
unsur ditentukan oleh kedudukannya dalam bentuk.
Kelompok
6 :
·
Intan
Adetya Arifin
·
Nur
Aliyatur
·
Frisca
Windriati
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN
1. Apakah manfaat penerapan penggunaan metode pembelajaran
secara efektif?
Jawab :
belajar merupakan proses yang penting dilakukan oleh siswa, karena tanpa adanya
hasil belajar yang memadai mereka akan kesulitan dalam menghadapi berbagai
tantangan dalam masyarakat. Suatu metode bisa dikatakan efektif jika prestasi belajar yang diinginkan dapat
dicapai dengan menggunakan metode yang tepat. Metode yang tepat dan efektif
akan menghasilkan prestasi belajar yang baik.
2. Apa saja acuan peserta didik dapat
dikatakan berhasil dan berkualitas ?
Jawab :
kebutuhan pembaharuan dalam metode merupakan suatu keharusan. Dari segi proses
pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas apabila seluruh atau
setidak-tidaknya sebagian besar 75% peserta didik secara aktif , baik fisik,
mental ,maupun sosial dalam proses pembelajaran, disamping menunjukkan
kegairahan belajar yang tinggi, semangat belajar yang besar dan rasa percaya
pada diri sendiri .
3. Apakah penyampaian mataeri yang tidak
urut dapat dikatakan efektifitas dalam belajar ,berikan alasannya!
Jawab :
Tidak , karena materi dalam pembelajaran saling berkaitan ,misal pada suatu
mata pelajaran bab pertama dengan bab berikutnya memiliki keterkaitan, jadi
jika tidak disampaikan secara urut akan membingungkan peserta didik dan hal
tersebut tidak dapat dikatakan sebagai efektifitas dalam belajar.
kelompok 7
1. Sebutkan tujuan Pendidikan islam dalam
proses perubahan-perubahan yang diinginkan?
Jawab
: proses pendidikan maupun proses pengajaran sebagai
suatu aktivitasasasidalam proses perubahan-perubahan yang diinginkan,
tujuan-tujuan tersebut meliputi:
a. Tujuan individu, berkaitan perubahan
individu secara pribadi
b. Tujuan sosial, berkaitan dengan
kehidupan masyarakat secara keseluruhan
c. Tujuan profesional, berkaitan dengan
profesi maupun aktifitas-aktifitas pengajaran dalam pendidikan
2. Sebutkan metode-metode umum dalam
falsafah metode pendidikan islam menurut pandangan al-Syaibani?
Jawab:
o metode
pengambilan kesimpulan atau induktif yaitu, metode dimulai dengan membahas dari
hal-hal yang bersifat khusus baru kemudian diambil kesimpulan.
o metode
perbandingan(qiyasiyah) ialah suatu metode yang membandingkan antara ilmu satu
dengan ilmu satunya untuk memperoleh makna yang benar maupun
kaidah-kaidah dari pelajaran tersebut, biasanya dalam hal hukum.
o metode
kuliah ialah metode dengan menyiapkan pelajarannya terlebih dahulu kemudian
membahas pokok masalah yang terkait kemudian disimpulkan, dan peserta didik
mencatat, serta memahaminya.
o metode
dialog dan perbincangan ialah, metode yang didasarkan atas dialog dan
pebincangan melalui janya jawab untuk menemukan jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan yang ada.
o Metode
lingkaran (halaqah),cerita,mendengarkan,membaca,memberi catatan,menghafal,melawat(kunjungan
kepariwisataan),dan metode imla(dicatation).
3. Sebutkan
salah satu ciri-ciri umum kurikulum pendidikan islam menurut pandangan
Al-Syaibani?
Jawab: Mementingkan tujuan agama dan
akhlak dalam berbagai hal seperti tujuan dan kandungan, kaidah, alat dan
tehniknya.
KELOMPOK 8:
bahrul ulum
kahar lutfi
lia mafika sari
1. Pertanyaan: Bagaimanakah pengertian pendidikan islam menurut Ahmadi
?
Jawaban
: Ahmadi mendifinisikan bahwa
pendidikan islam adalah segala usaha untuk memelihara fitrah manusia, serta
sumber daya insani yang ada padanya menuju terbentuknya manusia seutuhya( insan
kamil) sesuai dengan norma islam.
2. Pertanyaan : Apakah tujuan dari
pendidikan islam secara umum ?
Jawaban
: bahwa
tujuan dari pendidikan islam adalah agar apa yang diharapkan setelah subjek
peserta didik mengalami perubahan proses
pendidikan baik pada tingkah laku individu dan kehidupan pribadinya maaupun
kehidupan masyakat alam sekitarnya.
3. Pertanyaan:bagaimana kesimpulan dari
pendidikan islam?
Jawaban:
suatu proses tranformasi dan internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai
pada diri anak didik melalui pertumbuhan dan perkembangan potensi fitrah anak,
guna mencapai kesempurnaan dan keselarasan
hidup dalam segala aspeknya
guna menapai keselarasan
dan kesempurnaan hidup dalam segala aspeknya, serta menjadi manusia yang dapat
menyelaraskan kebutuhan hidup jasmani-rohani, struktur kehidupan dunia-akhirat,
keseibangan pelaksanaan fungsi manusia sebagai khalifah Allah dan keseimbangan
pelaksanaan segala dimensi yang terdapat dalam diri manusia, sehingga
menjadikan dia hidup penuh bahagia, sejahtera dan penuh kesempurnaan.
Comments
Post a Comment