SOAL DAN JAWABAN Metodologi Pembelajaran dari kelompok 1 sampai 8 KI- 1A.



 SOAL dan JAWABAN MataKuliah Metodologi Pembelajaran
kelompok 1 sampai 8
KI- 1A


KELOMPOK 1
            1.AFIFATUL IKLIMAH
2. KRESNUR ANA SHOFIYAH
3.MOH ZAENAL ISMAIL


KONSEP BELAJAR

1.      Sebutkan tiga ranah dari perubahan perilaku sebagai hasil belajar?
Jawab :
a.       pengetahuan (kognitif)
b.      keterampilan motorik (psikomotorik)
c.       penguasaan nilai-nilai atau sikap (afektif)

2.      apakah perbedaan antara pengalaman langsung dan tak langsung?
Jawab :
v  pengalaman langsung yaitu mempraktikan langsung.misalkan belajar tentang sholat
yang dilaksanakan dimasjid/mushola,praktek sholat merupakan kegiatan langsung yang  di bimbing oleh guru sehingga siswa mendapatkan pengalaman langsung.
v  Pengalaman tak langsung yaitu dengan membaca buku atau mendengarkan penjelasan dari guru.

3.      Sebutkan contoh lingkungan fisik dan lingkungan sosial yang terjadi didalam interaksi belajar?
Jawab :
Ø  Lingkungan fisik : buku,media,perpustakaan,alam sekitar.
Ø  Lingkungan sosial : guru,siswa,pustakawan,kepala sekolah.


                                     Mengajar dan Pembelajaran
kelompok 2 : lisna zainul ikho’is tsani
   kamilatun nisa’
  dayu dayana
      1.            1. Jelaskan pengertian mengajar!
      2.            2. Apa yang dimaksud pembelajaran?
      3.            3. Sebutkan komponen-komponen pembelajaran!
jawab:
                              1.            Mengajar merupakan suatu usaha untuk menciptakan kondisi atau sistem yang mendukung dan memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar
                              2.            pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran
                              3.            tujuan, bahan, metode, media, evaluasi.

KELOMPOK 3 :       Ruly Ardiyanto                
Ahmad Miftahus Surur  
Siti Maghfiroh                

Pertanyaan
1.      Apa makna metodologi secara istilah ?
2.      Apa Definisi Metode Pembelajaran ?
3.      Apa pengertian tentang Belajar ?
Jawaban :
1.      Makna metodologi  secara istilah adalah jalan yang di tempuh seseorang supaya sampai pada tujuan tertentu , baik dalam lingkungan maupun dalam kaitan pengetahuan.
2.      Definisi metode pembelajaran yaitu : metode berasal dari yunani , yaitu “ Methodos”. Kata ini terdiri dari dua suku kata yaitu “ metha “ yang berarti melalui atau melewati.dan “hodos” yang berarti jalan atau cara. Jadi definisi metode pembelajaran adalah memudahkan pelaksanaan kegiatan untuk mencapai  apa yang ditentukan.
3.      Belajar adalah suatu proses adanya pengetahuan sikap, tingkah laku, dan ketrampilan yang relatif tetap dalam diri seseorang , maupun sesuai tujuan yang diharapkan.

Kelompok 4.
Nama Anggota:
1.      Dina Fanny
2.      Maesaroh
3.      Frisha Bunga P.D
Pertanyaan:
1.      Mengapa dalam proses belajar mengajar diperlukan adanya metode dalam pengajaran?
Jawab: Agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan dlam suasana yang menyenangkan, menggembirakan, penuh dorongan dan motovasi sehingga materi pembelajaran itu menjadi lebih mudah untuk diterima dan dipahami oleh peserta didik, karna tujuan utama metode pembelajaran ialah mengantarkan sebuah pembelajaran kearah tujuan tertentu yang ideal dengan cepat dan tepat seesuai dengan yang diinginkan.
2.      Salah satu metode pembelajaran ialah metode tanya jawab, lalu apa manfaat dari metode tanya jawab bagi guru?
Jawab: Manfaat terpenting bagi guru dalam metode tanya jawab ialah guru dapat memperoleh gambaran sejauh mana murid dapat mengerti dan dapat mengungkapkan kembali apa yang telah diceramahkan oleh guru tsb, karna dlam metode ini memungkinkan terjadinya komunikasi langsung antara guru dan murid.
3.      Metode Drill (Latihan) merupakan salah satu metode dalam pembelajaran, lalu apa perbedaan antara metode drill (latihan) dengan ulangan?
Jawab:  Metode drill (latihan) bermaksud agar pengetahuan dan kecakapan tertetu dapat dimiliki dan dikuasai sepenuhnya oleh peserta didik. Sedangkan ulangan hanyalah sekedar untuk mengukur sejauh mana siswa telah menyerap pembelajaran tersebut.

kelompok 5
Nama : 1. Yulia Nurul Maulida
2. Faiz Zulfa                           
3. Puji Rahayu                        
STRATEGI DAN TEKNIK PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN

1.    Apakah pengertian guru menurut Frederick J.McDonald ?
Jawab : Guru adalah orang yang bertanggung jawab atas semua aktifitas suatu pendidikan, dimana yang menjadi pusat dan fokusnya adalah anak-anak.
2.    Apa yang lebih menentukan dari factor pembawaan dan lingkungan ?
Jawab : dari hasil penyelidikan yang di lakukan oleh para ahli psikologi diperoleh petunjuk sebagai berikut : factor pembawaan lebih menentukan dalam hal integensi,fisik, reaksi penginderaan,. Sedangkan factor lingkungan lebih berpengaruh dalam hal pembentukan kebiasaan, kepribadian dan nilai-nilai.
3.    Apa yang dikemukakan oleh psikologi gestalt ?
Jawab : bahwa bentuk itu lebih banyak artinya dari pada unsur-unsurnya, dan arti tiap-tiap unsur ditentukan oleh kedudukannya dalam bentuk.

Kelompok 6 :
·         Intan Adetya Arifin
·         Nur Aliyatur
·         Frisca Windriati

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN                         

1.      Apakah manfaat  penerapan penggunaan metode pembelajaran secara efektif?
Jawab : belajar merupakan proses yang penting dilakukan oleh siswa, karena tanpa adanya hasil belajar yang memadai mereka akan kesulitan dalam menghadapi berbagai tantangan dalam masyarakat. Suatu metode bisa dikatakan efektif  jika prestasi belajar yang diinginkan dapat dicapai dengan menggunakan metode yang tepat. Metode yang tepat dan efektif akan menghasilkan prestasi belajar yang baik.

2.      Apa saja acuan peserta didik dapat dikatakan berhasil dan berkualitas ?
Jawab : kebutuhan pembaharuan dalam metode merupakan suatu keharusan. Dari segi proses pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas apabila seluruh atau setidak-tidaknya sebagian besar 75% peserta didik secara aktif , baik fisik, mental ,maupun sosial dalam proses pembelajaran, disamping menunjukkan kegairahan belajar yang tinggi, semangat belajar yang besar dan rasa percaya pada diri sendiri .

3.      Apakah penyampaian mataeri yang tidak urut dapat dikatakan efektifitas dalam belajar ,berikan alasannya!
Jawab : Tidak , karena materi dalam pembelajaran saling berkaitan ,misal pada suatu mata pelajaran bab pertama dengan bab berikutnya memiliki keterkaitan, jadi jika tidak disampaikan secara urut akan membingungkan peserta didik dan hal tersebut tidak dapat dikatakan sebagai efektifitas dalam belajar.
kelompok 7
1.      Sebutkan tujuan Pendidikan islam dalam proses perubahan-perubahan yang diinginkan?
Jawab : proses pendidikan maupun proses pengajaran sebagai suatu aktivitasasasidalam proses perubahan-perubahan yang diinginkan, tujuan-tujuan tersebut meliputi:

a.       Tujuan individu, berkaitan perubahan individu secara pribadi
b.      Tujuan sosial, berkaitan dengan kehidupan masyarakat secara keseluruhan
c.       Tujuan profesional, berkaitan dengan profesi maupun aktifitas-aktifitas pengajaran dalam pendidikan
2.      Sebutkan metode-metode umum dalam falsafah metode pendidikan islam menurut pandangan al-Syaibani?
Jawab:
o   metode pengambilan kesimpulan atau induktif yaitu, metode dimulai dengan membahas dari hal-hal yang bersifat khusus baru kemudian diambil kesimpulan.
o   metode perbandingan(qiyasiyah) ialah suatu metode yang membandingkan antara ilmu satu dengan ilmu satunya  untuk memperoleh makna yang benar maupun kaidah-kaidah dari pelajaran tersebut, biasanya dalam hal hukum.
o   metode kuliah ialah metode dengan menyiapkan pelajarannya terlebih dahulu kemudian membahas pokok masalah yang terkait kemudian disimpulkan, dan peserta didik mencatat, serta memahaminya.
o   metode dialog dan perbincangan ialah, metode yang didasarkan atas dialog dan pebincangan melalui janya jawab untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada.
o   Metode lingkaran (halaqah),cerita,mendengarkan,membaca,memberi catatan,menghafal,melawat(kunjungan kepariwisataan),dan metode imla(dicatation).
3.      Sebutkan salah satu ciri-ciri umum kurikulum pendidikan islam menurut pandangan Al-Syaibani?
Jawab: Mementingkan tujuan agama dan akhlak dalam berbagai hal seperti tujuan dan kandungan, kaidah, alat dan tehniknya.







KELOMPOK  8:
bahrul ulum
kahar lutfi
lia mafika sari

1.      Pertanyaan:    Bagaimanakah  pengertian pendidikan islam menurut Ahmadi  ?
Jawaban      :   Ahmadi mendifinisikan bahwa pendidikan islam adalah segala usaha untuk memelihara fitrah manusia, serta sumber daya insani yang ada padanya menuju terbentuknya manusia seutuhya( insan kamil) sesuai dengan norma islam.

2.      Pertanyaan : Apakah tujuan dari pendidikan  islam secara umum ?
Jawaban      : bahwa tujuan dari pendidikan islam adalah agar apa yang diharapkan setelah subjek peserta didik  mengalami perubahan proses pendidikan baik pada tingkah laku individu dan kehidupan pribadinya maaupun kehidupan masyakat alam sekitarnya.

3.      Pertanyaan:bagaimana kesimpulan dari pendidikan islam?
Jawaban: suatu proses tranformasi dan internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pada diri anak didik melalui pertumbuhan dan perkembangan potensi fitrah anak, guna mencapai kesempurnaan dan keselarasan  hidup dalam segala aspeknya
guna menapai keselarasan dan kesempurnaan hidup dalam segala aspeknya, serta menjadi manusia yang dapat menyelaraskan kebutuhan hidup jasmani-rohani, struktur kehidupan dunia-akhirat, keseibangan pelaksanaan fungsi manusia sebagai khalifah Allah dan keseimbangan pelaksanaan segala dimensi yang terdapat dalam diri manusia, sehingga menjadikan dia hidup penuh bahagia, sejahtera dan penuh kesempurnaan.






Comments

Popular

9 PERUBAHAN K13 (KURIKULUM 2013 UPDATE TAHUN 2017)

RPP K13 MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII SEMESTER SATU BAB SHOLAT LIMA WAKTU DAN SUJUD SAHWI (KURIKULUM 2013)