RPP K13 MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII SEMESTER SATU BAB SHOLAT LIMA WAKTU DAN SUJUD SAHWI (KURIKULUM 2013)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah : MTs NU AL HIKMAH MIJEN SEMARANG
Mata Pelajaran : FIQIH
Kelas / Semester : VII / GANJIL
Materi Pokok :
Memahami Sholat lima waktu dan sujud sahwi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
KOmpetensi inti :
K- 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
K- 2 : Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K- 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
K- 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan indikator :
1.1. Menghayati ketentuan
shalat lima waktu
1.2. Menghayati hikmah shalat
lima waktu
1.3. Memahami waktu-waktu
shalat lima waktu
1.4. Memahami
ketentuan sujud sahwi
1.5. Mempraktikkan
azan dan iqamah
1.6. Mempraktikkan
shalat lima waktu
1.7. Memperagakan
sujud sahwi
Indikator
1.
Menjelaskan pengertian shalat
2.
Menjelaskan sunnah shalat
3.
Menjelaskan rukun shalat
4.
Menjelaskan hal hal yang membatalkan shalat
5.
Menjelaskan waktu shalat lima waktu.
6.
waktuMenjelaskan pengertian sujud sahwi
7. Menjelaskan sebab-sebab sujud sahwi
8. Memperagakan salat lima waktu
9. Mendemonstrasikan sujud sahwi
C.
Tujuan
Pembelajaran :
Melalui pendekatan saintifik dengan metode kooperatif, siswa dapat:
1.
Merumuskan arti salat dan dalilnya
2.
Menyebutkan macam-macam sunnah salat
3.
Menyebutkan rukun-rukun salat
4.
Menyebutkan
hal-hal yang membatalkan salat
5. Menjelaskan dalil ketentuan waktu salat fardu lima
waktu
6. Membedakan waktu-waktu salat fardu lima waktu
7. Merumuskan arti sujud sahwi
8. Menjelaskan sebab-sebab sujud sahwi
9. Memperagakan salat yang baik dan
benar.
10. mendemonstrasikan sujud sahwi
D.
Materi
Pembelajaran :
1. Shalat
secara bahasa berarti
doa. Secara istilah
salat adalah ibadah
yang terdiri dari perkataan dan
perbuatan tertentu, yang dimulai dengan takbir, dan
diakhiri dengan salam
2.
Adapun syarat shalat itu terdiri dua
jenis, yaitu: sayarat sah dan syarat wajib
3.
Sunah `ab`ad
adalah amalan sunah dalam shalat yang
apabila terlupakan harus diganti dengan sujud sahwi. Sedangkan
Sunah Hai`at adalah amalan sunah dalam shalat yang apabila terlupakan tidak
perlu diganti dengan sujud sahwi. (Pemahaman mengenai sunah dalam salat, dapat
disesuaikan dengan keadaan siswa dan guru)
4.
Adapun yang
Membatalkan Shalat, antara lain:Berbicara dengan sengaja, Bergerak dengan banyak (3 kali gerakan atau lebih berturut-turut), Berhadats, Meninggalkan salah satu rukun shalat dengan sengaja, Terbuka auratnya, Merubah niat, Membelakangi kiblat, Makan dan minum, Tertawa, dan Murtad
5.
Tentang
rukun shalat dirumuskan menjadi 13 perkara:Niat, Berdiri, bagi yang berkuasa,
Takbiratul ihram: membaca "Allahu Akbar", Membaca Surat Fatihah,
Ruku' dan thuma'ninah, I'tidal dengan thuma'ninah, Sujud dua kali dengan
thuma'ninah, Duduk antara dua sujud dengan thuma'ninah, Duduk untuk tasyahud
pertama, Membaca tasyahud akhir, Membaca shalawat atas Nabi, Mengucapkan salam
yang pertama, dan Tertib.
6.
Dalam
hal bacaan shalat, guru dapat memberi
materi tambahan, atau meminta siswa menghafalkan bacaan-bacaan salat yang telah siswa pelajari
sebelumnya baik di lingkungan keluarga, maupun lembaga pendidikan formal yang
pernah ditempuh siswa. (misalnya materi tentang lafaz qunut dalam salat subuh,
dapat disesuaikan dengan keadaan siswa).
7.
Sujud sahwi adalah
sujud yang dilakukan
karena seseorang meninggalkan
sunah ab`ad, kekurangan rakaat
atau kelebihan rakaat,
maupun ragu-ragu tentang
jumlah rakaat dalam shalat.
E. Metode Pembelajaran :
·
Pendekatan : Pendekatan Ilmiah (scientific)
·
Model : Pembelajaran yang berbasis
masalah ( problem- based- learning)
·
Metode : Ceramah, diskusi kelompok, tanya
jawab dan penugasan.
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
·
Media : Multimedia
interaktif
·
Alat : gambar
Sumber belajar
·
Buku Guru dan Buku Siswa
FIQIH kelas 8
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya.
·
Buku penunjang lainnya yang relevan.
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka pembelajaran dengan
salam dilanjutkan berdo’a bersama
b.
Guru memperhatikan kesiapan diri
peserta didik dan melakukan absensi
c.
Guru menyampaikan kompetensi dasar
dan tujuan pembelajaran
d.
Guru mengkondisikan peserta didik
untuk duduk berkelompok
e.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan
yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran
2.
KegiatanInti (60 menit)
a.
Mengamati
1)
Siswa mengamati gambar/video
macam-macam najis, mandi, berwudhu, tayamum, dan istinja’.
2)
Membaca materi tentang pengertian
dan tatacara bersuci.
b.
Menanya
1)
Guru memotivasi untuk mengajukan
pertanyaan.
2)
Mengajukan pertanyaan terkait
tentang bentuk najis dan hadats, macam-macam air serta tatacara bersuci
c.
Eksperimen/Expore
1)
Guru menguatkan hasil pengamatan dan
pertanyaan peserta didik.
2)
Mencari data tentang macam-macam
hadas dan najis, air serta ketentuan tata cara bersuci.
3)
Mendiskusikan data/bahan yang
diperoleh secara bergantian.
d.
Asosiasi
1)
Menilai dan menganalisa hasil
presentasi kelompok lain.
2)
Mengidentifikasi macam-macam air,
ketentuan tata cara bersuci.
3)
Menganalis hikmah disyariatkannya
bersuci dari hadas dan najis.
e.
Komunikasi
1)
Mendemonstrasikan tatacara bersuci
dari hadats dan najis (wudhu, mandi, tayamum, dan tata cara istinja).
2)
Melaksanakan tanya jawab.
3)
Menyimpulkan materi pelajaran
tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan bersuci.
3.
Penutup (15 menit)
a.
Guru melakukan post test terhadap
pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
b.
Guru bersama-sama peserta didik
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberi apresiasi terhadap
hasil kerja siswa
d.
Guru memberikan tugas mandiri kepada
peserta didik berkaitan dengan materi yang telah dipelajari dan menjelaskan
materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
e.
Guru mengingatkan peserta didik
untuk benar-benar menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari sebagai
implementasi dari ketentuan taharah dalam kehidupan sehari-hari.
f.
Guru bersama-sama peserta didik
menutup pelajaran dengan berdo’a.
H.
Penilaian
1.
Penilaian Afektif (sikap)
a.
Penilaian pada kegiatan mengamati
dan bertanya
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Nilai
|
||
1)
|
2)
|
3)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
Aspek dan
rubrik penilaian:
1)
Frekuensi dalam bertanya
a)
Jika peserta didik bertanya 3 kali
atau lebih, skor 4.
b)
Jika peserta didik bertanya 2 kali,
skor 3.
c)
Jika peserta didik bertanya 1 kali, skor
2.
2)
Keterkaitan pertanyaan dengan materi
a)
Jika pertanyaan sesuai dengan materi, skor 4.
b)
Jika pertanyaan kurang sesuai dengan
materi, skor 3.
c)
Jika pertanyaan tidak sesuai dengan
materi, skor 2.
3)
Kejelasan/bahasa yang digunakan saat
bertanya
a)
Jika bahasa jelas, lugas, dan mudah
dipahami, skor 4.
b)
Jika bahasa kurang jelas, kurang
lugas, dan kurang mudah dipahami, skor 3.
c)
Jika bahasa tidak jelas, tidak
lugas, dan sulit dipahami, skor 2.
Pedoman penskoran:
Nilai = X 100
b.
Penilaian sikap dalam mengikuti
diskusi
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Nilai
|
||
1)
|
2)
|
3)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Aspek dan
rubrik penilaian:
1)
Kejelasan dan kedalaman informasi
a)
Jika kelompok tersebut dapat
memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 4.
b)
Jika kelompok tersebut dapat
memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor
3.
c)
Jika kelompok tersebut dapat
memberikan kejelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 2.
2)
Keaktifan dalam diskusi
a)
Jika kelompok tersebut berperan
sangat aktif dalam diskusi, skor 4.
b)
Jika kelompok tersebut berperan
aktif dalam diskusi, skor 3.
c)
Jika kelompok tersebut berperan
kurang aktif dalam diskusi, skor 2.
3)
Kejelasan dan kerapian presentasi
a)
Jika
kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi,
skor 4.
b)
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 3.
c)
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 2.
d)
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 1.
Pedoman penskoran:
Nilai X 100
c.
Penilaian sikap diri
Berilah tanda
centang (√ ) pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku kita
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya
menggosok gigi minimial 3 kali sehari
|
|
|
2
|
Saya
mencuci kaki, tangan dan muka setiap habis main di luar rumah
|
|
|
3
|
Saya
mencuci tangan setiap hendak makan
|
|
|
4
|
Sya
merasa sedih dengan teman yang suka membuang sampah di sembarang tempat
|
|
|
5
|
Saya
mendukung program madrasah “Jumat Bersih” dengan aktif mengajak teman untuk
meluangkan waktu membersihkan lingkungan madrasah
|
|
|
Pedomaan
penskoran:
Ya : skor 4
Tidak : 0
Nilai X 100
d.
Penilaian antar teman
Nama siswa:
……..………………………. Tanggal: …………………. Kelas: ………
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
|
||||||
1)
|
2)
|
3)
|
4)
|
5)
|
6)
|
7)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan yang
dinilai:
1)
Keaktifan memberikan
pendapat/menyampaikan ide
2)
Kesediaan menerima pendapat/ide dari
teman dalam kelompok
3)
Kesetiaan dalam melaksanakan tugas
yang diberikan kelompok
4)
Kemampuan dalam mengambil keputusan
5)
Kepedulian terhadap kesulitan sesama
anggota kelompok
6)
Kesediaan memberikan kesempatan
kepada sesama anggota kelompok
7)
Kemampuan mengorganisir/mengaktifkan
kerja kelompok
Pedoman penskoran:
1)
Tidak baik, skor 1
2)
Baik, skor 2
3)
Sangat baik, skor 3
Nilai X 100
e.
Pilihan Ganda
Perintah: Berilah tanda (X) pada huruf a, b, c, atau d
yang kamu anggap paling tepat!
1. Shalat
adalah kewajiban yang
telah ditentukan waktunya atas
orang orang yang beriman.Menurut bahasa shalat artinya...
a.
Selamat b. Doa
c. Menyembah d.
memohon
2. Shalat
tidak sah apabila
tidak memenuhi syarat
dan rukunnya. Berikut
ini yang bukan syarat wajib
shalat adalah…
a.
Niat b. Islam
c. Berakal sehat d. Suci dari hadas
3. Membaca surat alfatihah termasuk salah
satu..... shalat
a.
Syarat Wajib b. Sunah
c. Syarat sah d.
Rukun
4. Perhatikan ayat di bawah ini!
#qßJÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# (#qè?#uäur no4qx.¨9$# (#qãèx.ö$#ur yìtB tûüÏèÏ.º§9$# ÇÍÌÈ
Maksud dari lafal yang diberi garis bawah
diatas adalah ....
a.
Dan berikanlah shadaqah c. dan laksanakanlah haji
b.
dan dirikanlah shalat d. dan
tunaikan zakat
5. Dalam
shalatnya afandi berbisik
bisik dengan temannya
yang berada
disampingnya maka shalat afandi...
a.
sah karena hanya pelan pelan
c. kurang sempurna
b.
batal d.
tidak apa -apa
6. ( وَبِحَمْدِه
) سبحا ن ربي العظيم
Doa di atas dibaca ketika....
a.
Sujud b. i’ tidal
c. Rukuk d.
duduk tawaruk
7. Shalat kita lebih sempurna jika dikerjakan
semua sunah-sunahnya berikut ini yang termasuk sunah shalat adalah...
a.
membaca alfatihah c. Suci dari hadas dan najis
b.
berakal sehat d. membaca doa iftitah
8. Ibadah
shalat kita akan
sah jika dilaksanakan
pada waktu yang
telah
ditentukan.Mulai matahari
tergelincir condong kesebelah
barat sampai bayang bayang badan sama panjang dengan
bendanya adalah waktu shalat....
a.
zhuhur b. Asar c.
Subuh d. isya
9. Waktu shalat yang berakhir sampai mejelang
matahari terbit adalah...
a.
Dhuhur b. Asar
c. Mahrib d.
subuh
10. Sujud yang dilakukan karena lupa atau ragu
ragu didalam shalat disebut...
a. sujud
tilawah b. sujud syukur
c. sujud sahwi d.
sujud tilawah
Skor penilaian sebagai berikut:
Pilihan ganda: jumlah jawaban benar x 6 dari 10 soal (nilai
maksimal = 60)
KUNCI JAWABAN PG:
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
1.
|
B
|
2.
|
A
|
3.
|
D
|
4.
|
B
|
5.
|
B
|
6.
|
C
|
7.
|
D
|
8.
|
A
|
9.
|
D
|
10.
|
C
|
f.
Uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan
di bawah ini dengan Jelas!
1. Sebutkan syarat syahnya shalat !
2. Sebutkan hal-hal yang membatalkan shalat !
3. Sebutkan rukun-rukun shalat !
4. Apa yang dimaksud
dengan sujud sahwi? Jelaskan!
5. Sebutkan sebeb-sebab
sujud sahwi?
Rubrik Penilaian Uraian: (nilai
maksimal= 40)
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
maksimal
|
1
|
Suci
badan dari hadats besar dan kecil
Suci
badan, pakaian dan tempat dari najis
Menutup aurat (aurat laki-laki
adalah antara pusar
sampai lutut, sedang
aurat perempuan adalah
seluruh anggota badan
kecuali kedua telapak
tangan dan wajah)
telah masuk waktu shalat, dan
menghadap
kiblat
|
a. Jika peserta didik
dapat menuliskan syarat sahnya salat lengkap dan
sempurna, skor 8
b. Jika peserta didik
dapat menuliskan syarat sahnya salat lengkap, skor 6
c. Jika peserta didik
dapat menuliskan syarat sahnya salat tidak lengkap, skor
4
|
8
|
2
|
Berbicara
dengan sengaja
Bergerak
dengan banyak (3 kali gerakan atau lebih berturut-turut)
Berhadats
Meninggalkan
salah satu rukun shalat dengan sengaja
Terbuka
auratnya
Merubah
niat
Membelakangi
kiblat
Makan
dan minum
Tertawa
Murtad
|
a. Jika peserta didik
dapat menuliskan hal-hal yang membatalkan shalat lengkap dan benar,
skor 6
b. Jika peserta didik
dapat menuliskan hal-hal
yang membatalkan shalat kurang dari 3, skor 3
|
6
|
3
|
Niat
Berdiri bagi yang kuasa
Takbiratul ihram
Membaca surat alfatihah
Ruku dan tuma’ninah
I’tidal dengan tuma’ninah
Sujud dua kali dengan tuma’ninah
Duduk di antara dua sujud dengan
tuma’ninah
Duduk untuk tasyahud pertama
Membaca tasyahud akhir
Membaca salawat atas nabi
Mengucap salam yang pertama
Tertib
|
a. Jika peserta didik
dapat menuliskan dengan rukun-rukun
shalat lengkap dan benar, skor 10
b. Jika peserta didik
dapat menuliskan rukun-rukun
shalat kurang dari 8, skor 8
c. Jika peserta didik
dapat menuliskan kurang
dari 4, skor 4.
|
10
|
4
|
Sujud
sahwi adalah sujud yang
dilakukan karena seseorang meninggalkan sunah ab`ad, kekurangan
rakaat atau kelebihan
rakaat, maupun ragu-ragu
tentang jumlah rakaat dalam
shalat. Sujud sahwi dapat dilaksanakan sebelum maupun sesudah salam dengan
membaca dzikir dan doa yang dibaca yang sama seperti sujud dalam shalat
|
a. Jika peserta didik
dapat menuliskan pengertian
sujud sahwi dengan penjelasan yang
lengkap dan benar, skor
10
b. Jika peserta didik
dapat menuliskan pengertian sujud sahwi tidak lengkap
skor 5
|
10
|
5
|
Apabila menambah
perbuatan dari jenis
shalat karena lupa,
seperti berdiri, atau ruku',
atau sujud
Apabila mengurangi
salah satu rukun
shalat
Apabila
meninggalkan salah satu wajib shalat, seperti lupa tidak tahiyat awal
Apabila ragu
tentang jumlah rakaat
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan sebab-sebab sujud sahwi dengan lengkap dan benar, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan sebab-sebab sujud sahwi kurang lengkap,
skor 3
|
6
|
|
Jumlah skor
|
|
40
|
Nilai akhir= jumlah
skor rata-rata aspek 1, 2 3, dan 4
Saran:
Guru harus kreatif mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan
kebutuhan peserta didik.
G. Pengayaan
Peserta didik
yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa makna dari salat lima
waktu dan sujud sahwi. (Guru mencatat dan memberikan
tambahan nilai bagi peserta didik yang
berhasil dalam pengayaan).
H. Remedial
Peserta didik
yang belum menguasai materi akan
dijelaskan kembali oleh guru. Guru akan melakukan penilaian kembali. Remedial
dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang
disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila
masih ada waktu,
atau di luar jam
pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
Mengetahui, Semarang, 01 Agustus 2017
Guru Pamong Guru
Praktikan
Afidatul Khoiriyah, S. Ag. Ahmad
Miftakhus Surur
Saya copy pak, buat bahan tes. Hehe
ReplyDelete