contoh LAPORAN HASIL PENGAMATAN MICRO TEACHING
yang cari contoh dari laporan micro teaching nih saya sediakan silahkan dibaca dan dicermati..
dan semoga bermanfaat !!!
LAPORAN HASIL PENGAMATAN MICRO
TEACHING
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata kuliah : Micro Teaching
Dosen Pengampu : Dr. H. Ikhrom, M. Ag.
Oleh :
Ardany Nuril Fahma
(1403036008)
JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2017
I.
PENDAHULUAN
Keterampilan
dasar mengajar (teaching skills) adalah kemampuan atau keterampilan yang
bersifat khusus (most specific instructional behaviors) yang harus
dimiliki oleh guru, dosen, instruktur atau widyaiswara agar dapat melaksanakan
tugas mengajar secara efektif, efisien dan profesional (As. Gilcman,1991).
Dengan demikian keterampilan dasar mengajar berkenaan dengan beberapa
keterampilan atau kemampuan yang bersifat mendasar dan harus dikuasai oleh
tenaga pengajar dalam melaksanakan tugas mengajarnya.
Bertanya
merupakan suatu unsur yang selalu ada dalam proses komunikasi, termasuk dalam
komunikasi pembelajaran. Keterampilan bertanya merupakan ucapan atau pertanyaan
yang dilontarkan guru sebagai stimulus untuk memunculkan atau menumbuhkan
jawaban(respon) dari peserta didik.
Keterampilan
bertanya, bagi seorang guru merupakan keterampilan yang sangat penting untuk
dikuasai. Mengapa demikian? Sebab melalaui keterampilan ini guru dapat menciptakan
suasana pembelajaran lebih bermakna. Dapat anda rasakan, pembelajaran akan
menjadi sangat membosankan, manakala selama berjam-jam guru menjelaskan materi
pelajaran tanpa diselingi dengan pertanyaan, baik hanya sekedar pertanyaan
pancingan, atau pertanyaan untuk mengajak siswa berpikir. Oleh karena itu,
dalam setiap proses pembelajaran , model pembelajaran apapun yang digunakan
bertanya merupakan kegiatan yang selalu merupakan bagian yang tidak terpisahkan
Didalam
makalah ini kami akan membahas keterampilan dasar dalam proses pembelajaran,
dasar-dasar komunikasi, komunikasi antar pribadi dan keterampilan bertanya.
serta bagaimana seorang pendidik mempunyai keterampilan dasar dalam mengajar,
mengetahui dasar-dasar komunikasi, dan bagaimana komunikasi antar pribadi dan
ke terampilan bertanya.
II.
HASIL OBSERVASI
·
Objek yang pertama di amati adalah mahasiswa MPI dengan data sebagai berikut:
Nama : Yulia Nurul Maulida
NIM : 1403036013
Fakultas/Jurusan :
FITK/MPI
Program :
S1
Tanggal :
20 April 2017
1.
Pra
pembelajaran
a.
Mempersiapkan
siswa untuk menerima pembelajaran,
Saudari Yulia sudah
memperhatikan menyiapkan siswanya dan memastikan bahwa mereka telah siap
untuk menerima pelajaran.
b. Melakuakan kegiatan apersepsi
Saudari Yulia sudah mampu melakukan kegiatan apersepsi di dalam kelas.
2.
Kegiatan inti
pembelajaran
a.
Penguasaan
materi pembelajaran
Dalam tahap ini
Saudari Yulia sudah menguasai materi, tetapi belum secara merata,
tetapi sudah baik.
b.
Mengaitkan
materi dengan pengetahuan yang lain
Dalam tahap ini
Saudari Yulia sudah
dapat mengaitkan dengan materi Al qur’an dan hadis dengan pengetahuan lain yang
relevan
c.
Menyampaikan
materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa.
Saudari Yulia sudah baik dalam
menyampaikan materi karena sudah cukup percaya diri.
d.
Mengaitkan
materi dengan realita kehidupan
Dalam
mengaitkan dengan realita kehidupan, Saudari Yulia belum bisa
memberikan contoh yang kongkrit dengan realitas kehidupan.
3.
Pendekatan/strategi
pembelajaran
a.
Melaksanakan
Pembelajaran sesuai dengan Kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan
karakteristik siswa.
Saudari Yulia sudah baik dalam melakukan pembelajaran
sesuai tujuan, karena didalam
mengajar masih sudah dapat memahamkan sebagian siswa.
b.
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
Di sini Saudari Yulia sudah dapat melaksanakan pembelajaran yang runtut sesuai dengan
rencana yang di buat.
c.
Menguasai kelas
Saudari Yulia kurang baik
dalam menguasai kelas, dibuktikan dengan masih banyak siswa yang bercanda
sendiri, dan tidak memperhatikan disaat pelajaran berlangsung.
d.
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
Saudari Yulia sudah dapat
menjelaskan materi yang masih sangat kurang jelas, jadi siswa menjadi lebih
paham.
e.
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
Saudari Yulia sudah bisa memberikan
stimulus untuk selalu berbuat positif, selalu mengingatkan akan hal yang
positif.
f.
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
Saudari Yulia sudah baik dalam
melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang sudah di rencanakan
4.
Pemanfaatan
Sumber Belajar/Media Pembelajaran
a.
Menggunakan
media secara efektif dan efisien.
Saudari Yulia sudah baik,bukan hanya menerangkan dengan power point, tetapi juga melihatkan video
serta gambar.
b.
Menghasilkan
pesan yang menarik
Dalam tahap ini Saudari Yulia belum bisa dalam memberikan pesan yang menarik untuk siswa.
c.
Melibatkan
siswa dalam pemanfaatan media
Dalam hal ini, Saudari Yulia sudah melibatkan siswa dalam menggunakan media.
5.
Pembelajaran
yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa.
a.
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.
Saudari Yulia belum mampu untuk memberikan stimulus
dalam pembelajaran sehingga terciptanya iklim yang membuat siswa menjadi kurang aktif dan cenderung tidak
memperhatikan.
b.
Menunjukan
sikap terbuka terhadap respons siswa.
Dalam hal ini Saudari Yulia sudah
baik dalam keterbukaannya dengan siswa, terbukti pada setiap ada murid yang bertanya akan selalu ditanggapi.
c.
Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar.
Saudari Yulia belum baik dalam
mengemas materi pembelajaran, karena kurangnya kesan pembelajaran yang menyenangkan.
6.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
a.
Memantau
kemajuan belajar selama proses
Saudari Yulia sudah baik dalam
memantau perkembangan belajar siswa, saat menerangkan selalu berkeliling kelas untuk menerangkan
agar siswa paham sepenuhnya dan memperhatikan.
b.
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
Saudari Yulia kurang dalam
penilaian akhir, karena waktu yang sudah habis sehingga penilaian belum
terlaksana.
7.
Penggunaan
Bahasa.
a.
Menggunakan
bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik dan benar
Saudari Yulia sangat baik dalam menggunakan bahasa,
artikulasinya jelas, tidak terbata-bata saat berucap. Cuma agak sedikit kurang keras.
b.
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai.
Saudari Yulia baik dalam
menyampaikan materi, karena memiliki gayanya sendiri sehingga siswa tertarik
dengan materi pembelajaran.
8.
Penutup
a.
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa.
Saudari Yulia kurang baik dalam
melakukan refleksi atau rangkuman, karena belum terlaksana karena waktu yang
sudah habis.
b.
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai
bagian dari remidi.
Saudari Yulia baik dalam memberikan
tugas untuk mereview kembali pelajaran hari ini untuk melatih daya ingat siswa.
·
Objek kedua yang di amati adalah mahasiswa MPI dengan data sebagai berikut:
Nama : Afan Iza Musthafa
NIM : 1403036033
Fakultas/Jurusan : FITK/MPI
Program :
S1
Tanggal :
18 Mei 2017
1.
Pra
pembelajaran
a.
Mempersiapkan
siswa untuk menerima pembelajaran,
Saudara Afan sudah
memperhatikan menyiapkan siswanya dan
memastikan bahwa mereka telah siap untuk menerima pelajaran.
b. Melakuakan kegiatan apersepsi
Saudara Afan sudah mampu melakukan kegiatan apersepsi di dalam kelas.
2.
Kegiatan inti
pembelajaran
a.
Penguasaan
materi pembelajaran
Dalam tahap ini Saudara Afan belum mampu untuk menguasai kelas, karena kurang begitu memperhatikan siswa
yang membuat kegaduhan.
b.
Mengaitkan
materi dengan pengetahuan yang lain
Dalam tahap ini
Saudara Afan belum dapat mengaitkan dengan materi dengan pengetahuan lain yang relevan.
c.
Menyampaikan
materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa.
Saudara Afan sudah baik dalam menyampaikan materi, karena bisa menghilangkan kegrogian.
d.
Mengaitkan
materi dengan realita kehidupan
Saudara Afan sudah baik dalam mengaitkan
dengan realita kehidupan dan mencontohkan dengan realita kehidupan saat ini.
3.
Pendekatan/strategi
pembelajaran
a.
Melaksanakan
Pembelajaran sesuai dengan Kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan
karakteristik siswa.
Saudara Afan belum baik dalam melakukan
pembelajaran sesuai tujuan, karena rencana tujuan awal sudah belum sesuai dengan realita mengajar.
b.
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
Saudara Afan sudah dapat
melaksanakan pembelajaran yang runtut sesuai dengan rencana yang di buat.
c.
Menguasai kelas
Saudara Afan sudah dapat menguasai
kelas, itu dibuktikan dengan banyak siswa yang memperhatikan.
d.
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
Saudara Afan sudah bisa menjelaskan materi yang kurang
jelas dengan menjelaskan secara detail.
e.
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
Saudara Afan sudah bisa memberikan
stimulus untuk selalu berbuat positif. Dengan memberikan nasihat.
f.
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
Saudara Afan belum dapat dalam
melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang sudah ditentukan.
4.
Pemanfaatan
Sumber Belajar/Media Pembelajaran
a. Menggunakan media secara efektif dan
efisien.
Saudara Afan sudah baik,bukan hanya menerangkan dengan power point, tetapi juga melihatkan video
serta gambar contoh yang baik.
b. Menghasilkan pesan yang menarik
Saudara Afan sudah baik dalam memberikan pesan yang menarik
untuk siswa.
c. Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
Saudara Afan kurang melibatkan
siswa dalam menggunakan media.
5.
Pembelajaran
yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa.
a.
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.
Saudara Afan belum mampu untuk memberikan stimulus
dalam pembelajaran sehingga belum terciptanya iklim
yang membuat siswa menjadi tidak aktif.
b.
Menunjukan sita
terbuka terhadap respons siswa.
Saudara Afan sudah baik dalam keterbukaannya dengan
siswa serta
tidak adanya paksaan di dalam kelas.
c.
Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar.
Saudara Afan kurang baik dalam menyampaikan materi pembelajaran sangat serius sehingga siswa
menjadi malas untuk mengikuti pembelajaran, karena kurang adanya unsur keceriaan dalam mengajar.
6.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
a.
Memantau
kemajuan belajar selama proses
Saudara Afan sudah baik dalam memantau
perkembangan belajar siswa, saat menerangkan selalu berkeliling dan memperhatikan siswa.
b.
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
Saudara Afan belum baik dalam penilaian akhir, karena belum betul-betul memanfaatkan waktu yang telah di berikan sehingga belum dapat melaksanakan penilaian akhir.
7.
Penggunaan
Bahasa.
a.
Menggunakan
bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik dan benar.
Saudara Afan baik dalam
menggunakan bahasa, artikulasinya jelas, tidak terbata-bata saat berucap dan sangat keras.
b.
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai.
Saudara Afan baik dalam
menyampaikan materi, karena memiliki gayanya sendiri sehingga siswa tertarik
dengan materi pembelajaran.
8.
Penutup
a.
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa.
Saudara Afan sudah baik dalam melakukan
refleksi atau rangkuman pada akhir pembelajaran.
b.
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai
bagian dari remidi.
Saudara Afan belum baik dalam memberikan tugas untuk
kembali review pelajaran untuk melatih daya ingat siswa dan pemahaman siswa.
III.
KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat saya ambil dari laporan ini yaitu bahwa dari hasil pengamatan yang objek yang pertama yaitu
saudari Yulia dan objek yang kedua yaitu saudara Afan, sudah baik, walaupu masih ada kekurangan yang ada, tetapi menurut saya kekurangan
tersebut dapat di benahi dengan cara terus belajar dan menyaiapkan diri dengan
baik.
IV.
PENUTUP
Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian
yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta sebenarn, dan apabila
dikemudian hari ternyata tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.
Apabila ada kesalaha dalam
pengetikan saya mohon maaf yang sebesar besarnya, semoga laporan ini dapat
digunakan dengan semestinya.
mantap nih,, di google ga ada, cuma blog kamu seorang yang menurutku sesuai.. :)
ReplyDelete