RPP KURIKULUM 13 MAPEL AKIDAH AKHLAK KELAS IX
langsung aja di lihat lur !!!
semoga bermanfaat...
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs NU Al-Hikmah Mijen
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Materi Pokok : Akhlaq Terpuji Pada Diri Sendiri (Berilmu, Kerja Keras, Kreatif, dan
Produktif)
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1.3 Menghayati
nilai berilmu, kerja
keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan.
2.3 Membiasakan perilaku
berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Memahami
pengertian, contoh dan dampak berilmu,
kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan.
4.3 Menyajikan
kisah-kisah dari fenomena kehidupan
tentang dampak positif dari berilmu,
kerja keras, kreatif, dan produktif
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.3.1
Menunjukan
penghayatan terhadap nilai berilmu, bekerja keras, kreatif dan produktif dalam
kehidupan.
2.3.1
Terbiasa
berperilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam kehidupan
sehari-hari.
3.3.1
Menjelaskan
pengertian berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
3.3.2
Menjelaskan contoh dan dampak berilmu, kerja keras, kreatif, dan
produktif
4.3.1
Menceritakan
kisah-kisah dari fenomena kehidupan tentang dampak positif dari berilmu,
kerja keras, kreatif, dan produktif
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menunjukan
penghayatan terhadap nilai berilmu, bekerja keras, kreatif dan produktif dalam
kehidupan dengan benar
2.
Terbiasa
berperilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar.
3.
Menjelaskan
pengertian berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
dengan benar
4.
Menjelaskan contoh dan dampak berilmu, kerja keras, kreatif, dan
produktif dengan benar
5.
Menceritakan
kisah-kisah dari fenomena kehidupan tentang dampak positif dari berilmu,
kerja keras, kreatif, dan produktif dengan benar
E. Materi Pembelajaran
1. Pengertian
Ilmu, Kata Ilmu berasal dari bahasa arab yang berarti pengetahuan, kepandaian
tentang sesuatu. Berilmu merupakan kewajiban bagi semua umat manusia di dunia
ini, sebab dengan berilmu manusia akan dapat menjawab segala persoalan yang
ada.
2. Barangsiapa
menginginkan kebahagiaan dunia, wajib baginya mempunyai ilmu. Barangsiapa
menginginkan kebahagiaan akhirat, wajib baginya mempunyai ilmu. Barangsiapa menginginkan kebahagiaan keduanya, wajib
baginya mempunyai ilmu.
3. Ciri-ciri orang berilmu
:
a. Giat belajar dan berdo’a.
b.
Selalu
berfikir
masa depan lebih baik
c.
Mempunyai ide-ide cemerlang
d.
Berpikir positif
e.
Berprasangka baik
f.
Menghargai
waktu
g.
Suka kepada hal-hal yang baru.
4. Perilaku orang yang
mencintai ilmu pengetahuan,
Menurut QS Ar-Rahman ayat
33.
a.
Senang membaca buku-buku pengetahuan
sebagai bukti cinta ilmu pengetahuan.
b.
Selalu ingin mencari tahu tentang alam
semesta, baik di langit maupun di bumi, dengan terus menelaahnya.
c.
Meyakini bahwa alam semesta ini diciptakan
oleh Allah Swt. untuk manusia. Oleh karena itu, manusia harus merasa haus untuk
terus menggali ilmu pengetahuan.
d.
Rendah hati atas kesuksesan yang diraihya
dan tidak merasa rendah diri dan malu terhadap kegagalan yang dialaminya.
5.
Kerja
keras yaitu melakukan sesuatu dengan niat yang kuat, sungguh-sungguh, gigih,
tidak mengenal lelah, tidak lemah menghadapi cobaan dan selalu bersemangat
dalam melakukan pekerjaan
6.
Cara
membiasakan diri berperilaku kerja keras.
a.
Kuatkan niat bahwa kerja keras itu adalah
ibadah.
b.
Kerjakan sesuatu itu dengan
sungguh-sungguh.
c.
Jangan menyerah jika menemui kesulitan.
d.
Hindari sesuatu yang melanggar agama.
e.
Bertawakallah kepada Allah setelah bekerja
keras.
7.
Kata kreatif berasal dari bahasa inggris create
yang berarti menciptaan, creation berarti ciptaan sedangkan kreatif (creative)
berarti memiliki daya cipta. Kreatif
yaitu seseorang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan atau menghasilkan
sesuatu yang baru. Sedangkan produktif berarti banyak mendatangkan hasil
dan banyak menghasilkan sesuatu, kedua sifat tersebut termasuk akhlak karimah
yang perlu dimiiki oleh seorang yang ingin maju.
8.
Cara
menjadi orang kreatif
a.
Selalu memiliki rasa ingin tahu (curiositas).
b.
Terbuka pada hal-hal yang baru.
c.
Berani memikul resiko.
d.
Memiliki semangat yang tinggi untuk
sukses.
e.
Kreatifitas didasari dengan niat yang
tulus karena Allah semata.
9.
Ciri
orang yang berperilaku kreatif.
a.
Memiliki jiwa yang dinamis dan profesional
b.
Ingin segalanya yang paling lengkap dan
sempurna.
c.
Memiliki banyak ide dan kemauan
d.
Suka memilih hal-hal yang bersifat
menantang
e.
Selalu mencoba dengan sesuatu yang baru.
10. Produktif yaitu
kemampuan seseorang untuk menghasilkan sesuatu atau banyak mendatangkan hasil.
Ciri-ciri orang berperilaku produktif:
a.
Memiliki disiplin tinggi.
b.
Menghargai waktu.
c.
Selalu berkarya dalam bidangnya.
d.
Tekun dalam bekerja.
e.
Konsisten dan pantang menyerah.
f.
Selalu ingat kepada Allah SWT.
F.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Saintific
2.
Model
a.
Every
one is a teacher here (Everyone can be a teacher)
3.
Metode
a.
Ceramah
Interaktif
b.
Tanya
jawab
G.
Media,
Alat, dan Sumber
1.
Media
a.
Buku
Paket
b. Worksheet
atau lembar kerja (siswa)
c. Lembar penilaian
2.
Alat
a.
Buku
dan bolpoin
b.
Papan
tulis dan spidol
3.
Sumber
Belajar
d.
Kementerian Agama. 2016. Akidah Akhlak Buku Siswa:
Pendekatan Saintifik kurikulum 2013 untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas IX.
Jakarta: Kementerian Agama.
e.
Buku Akidah Akhlak Kelas IX yang relevan
f.
Materi Terkait di Internet, koran dan majalah sesuai
kebutuhan.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Ø Iman Kepada Hari Akhir
Dan Alam Gaib Yang Berhubungan Dengan Hari Akhir
Motivasi
Ø Berilmu
Ø Pentingnya Ilmu
Ø Ciri-Ciri Orang Berilmu
Ø Perilaku Orang Yang
Mencintai Ilmu Pengetahuan.
Pemberian
Acuan
|
10
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta
didik :
Ø Peserta didik di minta
merenungkan kembali tentang materi yang telah dipelajari dengan cara membuat
peta konsep, rangkuman/kesimpulan dipandu oleh guru.
Guru :
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke- 2 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Ø Berilmu
Ø Pentingnya Ilmu
Ø Ciri-Ciri Orang Berilmu
Ø Perilaku Orang Yang
Mencintai Ilmu Pengetahuan.
Motivasi
Ø Kerja Keras
Ø Cara Membiasakan Diri
Berperilaku Kerja Keras.
Ø Hikmah Bagi Orang Yang
Suka Bekerja Keras
Pemberian
Acuan
|
10
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta
didik :
Ø Peserta didik di minta
merenungkan kembali tentang materi yang telah dipelajari dengan cara membuat
peta konsep, rangkuman/kesimpulan dipandu oleh guru.
Guru :
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke- 3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Ø Kerja Keras
Ø Cara Membiasakan Diri
Berperilaku Kerja Keras.
Ø Hikmah Bagi Orang Yang
Suka Bekerja Keras
Motivasi
Ø Kreatif
Ø Produktif
Pemberian
Acuan
|
10
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta
didik :
Ø Peserta didik di minta
merenungkan kembali tentang materi yang telah dipelajari dengan cara membuat
peta konsep, rangkuman/kesimpulan dipandu oleh guru.
Guru :
|
10
menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap
1) Penilaian
Observasi, Mengamati sikap peserta didik dalam melakukan diskusi yang mencakup
kesantunan, percaya diri dan kemampuan bermusyawarah
2)
Penilaian Diri (self assessment)
3)
Penilaian Teman Sebaya (peer assessment)
4)
Penilaian Jurnal (anecdotal record)
b.
Pengetahuan
1)
Tes Tertulis Uraian atau Pilihan Ganda, Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang Akhlaq Terpuji Pada Diri
Sendiri (Berilmu, Kerja Keras, Kreatif, Dan Produktif)
2)
Observasi
Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan.
3)
Penugasan, Membuat kesimpulan tentang Akhlaq
Terpuji Pada Diri Sendiri (Berilmu, Kerja Keras, Kreatif, Dan Produktif)
c.
Keterampilan
1)
Penilaian
Unjuk Kerja, Praktik/Kinerja Kemampuan berdiskusi sesuai perannya tentang Akhlaq
Terpuji Pada Diri Sendiri (Berilmu, Kerja Keras, Kreatif, Dan Produktif)
2)
Penilaian Proyek,
3)
Penilaian Produk,
4)
Penilaian Portofolio
5)
Penilaian Tertulis
2.
Instrumen Penilaian
a. Pertemuan
Pertama
b. Pertemuan
Kedua
c. Pertemuan
Ketiga
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN
OBSERVASI
Rubrik:
Indikator
sikap aktif dalam
pembelajaran:
1.
Kurang
baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Cukup
jika menunjukkan ada sedikit
usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha
ambil bagian dalam pembelajaran tetapi
belum ajeg/konsisten
4.
Sangat
baik jika menunjukkan sudah ambil bagian
dalam menyelesaikan tugas kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator
sikap bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.
Cukup
jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi
masih belum ajeg/konsisten.
3.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha
untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat
baik jika menunjukkan adanya
usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum
ajeg/konsisten
3.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat
baik jika menunjukkan sudah
ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Tabel 1 (lihat lampiran)
REKAPITULASI PENILAIAN
SIKAP – OBSERVASI
NO
|
NAMA
SISWA
|
SIKAP
|
Skor
Rata-rata
|
||||||
Tanggung
Jawab
|
Jujur
|
Pedul
|
Kerja
Sama
|
Santun
|
Percaya
Diri
|
Disiplin
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Penilaian Sikap
- Observasi pada Kegiatan Praktikum
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………..
Kelas/Semester : …………..
Topik/Subtopik : …………..
Indikator : Peserta didik
menunjukkan perilaku ilmiah disiplin, tanggung jawab, jujur, teliti dalam
melakukan percobaan ……………………………………..
Kolom
Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4
= sangat baik
3
= baik
2
= cukup
1
= kurang
|
Lembar Penilaian Sikap
- Observasi pada Kegiatan Diskusi
|
||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………..
Kelas/Semester : …………..
Topik/Subtopik : …………..
Indikator : Peserta didik
menunjukkan perilaku kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif
serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
Kolom
Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4
= sangat baik
3
= baik
2
= cukup
1
= kurang
|
LEMBAR
PENILAIAN
SIKAP – DIRI
PENILAIAN
DIRI
|
|||||||||||
|
|||||||||||
Untuk pertanyaan 1 sampai dengan 6, tulis masing-masing huruf sesuai
dengan pendapatmu!
|
|||||||||||
A
= Selalu B = Sering C = Jarang D = Tidak pernah
|
|||||||||||
1
|
|
Saya memiliki motivasi dalam diri saya sendiri selama
proses pembelajaran
|
|||||||||
2
|
|
Saya bekerjasama dalam
menyelesaikan tugas kelompok
|
|||||||||
3
|
|
Saya menunjukkan sikap
konsisten dalam proses pembelajaran
|
|||||||||
4
|
|
Saya menunjukkan sikap disiplin
dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
|
|||||||||
5
|
|
Saya menunjukkan rasa percaya
diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
|
|||||||||
6
|
|
Saya
menunjukkan sikap toleransi dan
saling menghargai terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan
masalah
|
|||||||||
7
|
|
Saya
menunjukan sikap positip (individu dan social) dalam diskusi kelompok
|
|||||||||
8
|
|
Saya
menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan studi literatur atau
pencarian informasi
|
|||||||||
9
|
|
Saya
menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan
kejujuran, kerja keras, disiplin dan tanggung jawab
|
|||||||||
7
.
|
Selama kegiatan pembelajaran,
tugas apa yang kamu lakukan?
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
|
Pedoman Penskoran:
Skor
4, jika A = Selalu
Skor 3, jika B = Sering
Skor
2, jika C = Jarang
Skor
1, jika D = Tidak pernah
Skor Perolehan =
Penilaian
Sikap - Diri
setelah
peserta didik selesai belajar satu KD
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik : ………………….
Nama
: …………………
Kelas : …………………
Setelah
mempelajari materi ……………………., Anda dapat melakukan penilaian diri dengan cara
memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai dengan kemampuan
REKAPITULASI
PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK
Mata Pelajaran : ...........................................
Topik/Materi : ...........................................
Kelas : ...........................................
Nilai
peserta didik dapat menggunakan rumus:
𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖=
x100
|
Penilaian
Sikap - Diri
setelah
melaksanakan suatu tugas
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik : ………………….
Nama
: …………………
Kelas : …………………
Bacalah
baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan
keadaan dirimu yang sebenarnya.
skor :YA=2, Tidak =1
REKAPITULASI
PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK
Mata Pelajaran : ...........................................
Topik/Materi : ...........................................
Kelas : ...........................................
Nilai
peserta didik dapat menggunakan rumus:
𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖=
x100
|
Penilaian Sikap - Antar
Peserta Didik
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………..
Kelas/Semester : …………..
Topik/Subtopik : …………..
Indikator : Peserta didik
menunjukkan perilaku kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
LEMBAR PENILAIAN
PENGETAHUAN TERTULIS
(Bentuk
Uraian)
Soal
Tes Uraian
1. Tulislah dalil tentang kewajiban menuntut ilmu! (Skor 2)
2. Apakah ciri-ciri orang yang berimu? (Skor 2)
3. Kenapa orang yang suka bekerja keras akan menemui
kebahagiaan hidup? (Skor 2)
4. Tulislah ciri-ciri orang yang produktif! (Skor 2)
5. Tuliskan sebuah contoh perilaku orang yang memiliki
akhlak terpuji kreatif dan inovatif! (Skor 2)
Nilai =
Penilaian
Pengetahuan - Tes Tulis Uraian
|
||||||||||||
Topik : ………………….
Indikator : …………………..
Soal : ………………….
a. ………………….
b. ………………….
Jawaban :
a. …………………
Pedoman Penskoran
|
LEMBAR PENILAIAN
PENGETAHUAN -TERTULIS
(Pilihan Ganda)
Pilih Satu Jawaban yang paling tepat !
Kerjakan
Soal di bawah ini dengan benar!
1. Dalam
bahasa arab orang yang memiliki ilmu disebut …
a. Alim b. Amir c. ‘Aqil d. Amin
2. Menuntut
ilmu dalam Islam hukumnya …
a. Makruh c.
Sunah
b. Haram d.
Wajib
3. Berikut
ciri-ciri otrang yang memiliki ilmu pengetahuan, kecuali …
a. Berpikir
positif c. Menghargai
waktu
b. Hidupnya
pesimis d.
Suka kepada hal-hal yang baru
4.
Tidak akan ada perubahan yang lebih baik selama seseorang
tidak mau berusaha untuk merubahnya sendiri. Kalimat ini senada dengan isi
Al-Qur’an surat dan ayat …
a. QS.
Ar-Ra’d: 10 c.
QS. Ar-Rahman: 11
b. QS.
Ar-Ra’d: 11 d.
QS. Ar-Rahman: 10
5. Melakukan
sesuatu dengan niat yang kuat, sungguh-sunggu, gigih, tidak mengenal lelah
tidak lemah menghadapi cobaan dan selalu bersemangat dalam melakukan pekerjaan,
merupakan arti…
a. Kerja
keras c. Kreatif
b. Produktif d. Berilmu
6.
Berikut ini yang tidak termasuk ciri-ciri orang memiliki
perilaku kerja keras …
a.
Memiliki jiwa yang dinamis dan profesionan
b.
Memiliki banyak ide dan kemauan
c.
Suka memilih hal-hal yang bersifat menantang
d.
Selalu berkarya dalam bidangnya
7.
Seseorang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan atau
menghasilkan sesuatu yang baru, arti…
a.
Kerja keras c.
Kreatif
b.
Produktif d.
Berilmu
8. Berikut
cara menjadi orang yang berperilaku kreatif, kecuali…
a. Selalu
memiliki rasa ingin tahu (curiositas)
b. Terbuka
pada hal-hal baru
c. Berani
memikul resiko
d. Selalu
berkarya pada bidang
9. Kemampuan
seseorang untuk menghasilkan sesuatu atau banyak mendatangkan hasil, adalah
arti …
a. Inisiatif c.
Kreatif
b. Inovatif d.
Produktif
10. Berikut ciri-ciri
orang memiliki perilaku produktif…
a.
Giat belajar dan berdoa.
b.
Mempunyai ide-ide cemerlang
c.
Selalu berfiir masa depan lebih baik.
d.
Selalu berkarya dalam bidangnya.
Nilai =
LEMBAR PENILAIAN
PENGETAHUAN
Observasi terhadap Diskusi
Tanya Jawab dan Percakapan
KELAS
: .
……………..
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Pernyataan
|
|||||||
Pengungkapan
gagasan yang
orisinil
|
Kebenaran Konsep
|
Ketepatan penggunaan istilah
|
Dan lain sebaginya
|
||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian
pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN PENUGASAN
Penilaian Pengetahuan -
Penugasan
|
Mengidentifikasi …………………….
Tugas : Menyusun laporan
hasil percobaan tentang cara kerja …………………….secara tertulis dengan berbagai
media.
Indikator : membuat laporan hasil
percobaan cara kerja …………………….
Langkah Tugas :
1.
Lakukan observasi ke pasar atau
tempat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai …………………….
2.
Datalah yang kamu dapatkan dalam
bentuk tabel yang berisi ……………………., ……………………..
3.
Diskusikan hasil observasi yang
kamu lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut:
a.
Jenis …………………….apa yang paling
banyak kamu temukan dipasaran?
b.
Bagaimana yang terjadi?
c.
Keuntungan apa yang diperoleh dalam
kehidupan?
4.
Tuliskan hasil kegiatannmu dalam
bentuk laporan dan dikumpulkan serta dipresentasikan pada kegiatan
pembelajaran berikutnya
|
Rubrik Penilaian
No.
|
Kriteria
|
Kelompok
|
||||||||
9
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang
studi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketepatan
memilih bahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketepatan
waktu pengumpulan tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Kerapihan
hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 =
cukup baik, 1= kurang baik
NilaiPerolehan =
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Remedial
Peserta didik yang sudah menguasai materi, diharuskan
mengerjakan soal pengayaan materi akhlaq terpuji pada diri sendiri.yang telah
disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta
didik yang berhasil dalam pengayaan).
Pengayaan
Peserta
didik yang belum menguasai materi akan diberikan perlakuan khusus berupa (pilih
salah satu):
a.
Peer
teaching yaitu belajar dengan teman sebaya,lalu guru melakuakan penilaian ulang
akan dijelaskan kembali oleh guru materi akhlak terpuji pada diri sendiri yaitu
berilmu,kerja keras,produktif,dan kreatif. Guru akan melakukan penilaian
kembali, dengan soal yang sejenis atau
b.
Guru
memberikan tugas individu merangkum materi taat, ikhlas, khauf, dan taubat
Remedial dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan, boleh di luar jam
pelajaran (30 menit setelah pulang jam pelajaran selesai).
Mengetahui, Semarang, 30 Agustus
2017
KEPALA SEKOLAH Guru
PAI
SIWI PAMBUDIDOYO S.Pd. AFIDATUL
KHOIRIYAH, S.Ag.
Comments
Post a Comment