RPP KURIKULUM 13 Akidah Akhlak KELAS VII
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs NU Al-Hikmah
Mijen
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : AKIDAH
ISLAM
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar Dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1. Menghayati nilai-nilai akidah Islam
|
1.1.1 Berperilaku sesuai dengan nilai-nilai
akidah Islam
|
2.1 Menampilkan perilaku orang yang mengimani akidah Islam dalam
kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Berperilaku sebagai orang yang mengimani akidah Islam dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.1. Memahami dalil, dasar dan tujuan akidah Islam
|
3.1.1. Menjelaskan pengertian
akidah Islam
3.1.2. Membaca dalil tentang akidah Islam
3.1.3. Menjelaskan dasar dan
tujuan akidah Islam
3.1.4. Menjelaskan hubungan
unsur-unsur akidah Islam (iman, Islam, dan ihsan)
|
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam
|
4.1.1. Menyajikan fakta dan
fenomena kebenaran akidah Islam.
|
C.
Tujuan Pembelajran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Berperilaku
sesuai dengan nilai-nilai akidah Islam dengan benar
2.
Berperilaku
sebagai orang yang mengimani akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
3. Menjelaskan pengertian akidah Islam dengan benar
4. Membaca dalil tentang akidah Islam dengan benar
5. Menjelaskan dasar dan tujuan akidah
Islam dengan benar
6. Menjelaskan hubungan unsur-unsur
akidah Islam (iman, Islam, dan ihsan) dengan
benar
7.
Menyajikan
fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam dengan benar
D.
Materi Ajar
1.
Pengertian Akidah Islam
Akidah secara bahasa berasal dari kata (‘aqada-ya’qidu-aqidatan)
yang berarti ikatan, atau perjanjian. Secara istilah adalah keyakinan hati atas
sesuatu. Akidah Islam (al-akidah al-Islamiyah) bisa diartikan
sebagai pokok-pokok kepercayaan yang harus diyakini kebenarannya oleh setiap
orang yang mengaku dirinya beragama Islam (Muslim).
Ketika seseorang berakidah Islam, maka pondasi awal untuk membangun
akidah/keyakinannya adalah keyakinan terhadap Allah sebagai tuhan yang wajib
disembah, Maha Esa, Pencipta dan Pengatur alam semesta, dan Zat Ghaib yang
merupakan sumber dari segala hal, termasuk juga kewajiban menjalankan
aturan-aturanNya dalam segala aspek kehidupan baik yang berhubungan dengan
ibadah ataupun muamalah yang erat hubungannya dengan interaksi dengan sesama
makhuk. Oleh karennanya, misi pertama yang diemban oeh tiap Rasul untuk
disampaikan kepada umat manusia adalah konsep ketuhanan ini. Sebagaimana firman
Allah Swt., dalam QS. An-Nahl: 36 yang artinya “Dan sungguhnya kami telah mengutus
Rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan
jauhilah Thaghut itu”, maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi
petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti
kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah
bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (Rasul-rasul)”.
Begitulah, konsep ketuhanan yang harus diyakini oleh seseorang yang
mengaku berakidah Islam, mentauhidkanNya tanpa ada keraguan sedikitpun didalamnya.
2.
Dasar-Dasar Akidah Islam
Akidah Islam adalah sesuatu yang bersifat tauqifi, artinya suatu ajaran
yang hanya dapat ditetapkan dengan adanya dalil dari Allah dan Rasul-Nya. Maka,
sumber ajaran akidah Islam adalah terbatas pada al-Qur’an dan Sunnah saja.
Karena, tidak ada yang lebih tahu tentang Allah kecuali Allah itu sendiri,
kemudian Rasulullah SAW. selaku pengemban wahyu dari Allah SWT. Baru kemudian
pendapat para ulama yang otonitatif yang dinyatakan oleh Rasulullah sebagai
pewarisnya.
a.
Al-Qur’an
Di dalam al-Qur’an banyak terdapat ayat-ayat yang berisi tentang tauhid,
diantaranya adalah Qs. Al-Ikhlas ayat 1-4.
b. Al-Hadis
Hadis ialah segala ucapan, perbuatan, dan takrir (sikap diam) Nabi
Muhammad Saw. Islam telah menegaskan bahwa hadis menjadi sumber hukum Islam
kedua (setelah Al-Qur’an), baik sumber hukum dalam akidah maupun dalam semua
persoalan hidup. Hal ini dikarenakan semua yang disandarkan kepada Nabi adalah
wahyu Allah, bukan sekedar memperturutkan hawa nafsu.
Adapun hadis yang menjelaskan tentang akdah adalah sebagai berikut, “Dari
Abu Hurairah Ra. berkata: bahwa Nabi SAW pada suatu hari bersama dengan para
sahabat, lalu datang Malaikat Jibril as yang kemudian bertanya: “Apakah iman
itu?” Nabi SAW menjawab: “ Iman adalah kamu beriman kepada Allah,
malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, Rasul-rasul-Nya,
dan kamu beriman kepada Hari Berbangkit” (H.R. Bukhari).
3.
Tujuan Akidah Islam
a.
Mengetahui
petunjuk hidup yang benar serta dapat membedakan yang benar dan yang salah.
b.
Memupuk
dan mengembangkan dasar ketuhanan yang ada sejak lahir.
c.
Memelihara
manusia dari kesyirikan
d.
Menghindari
diri dari pengaruh akal pikiran yang menyesatkan.
4.
Hubungan Iman, Islam, dan Ihsan
Ada tiga unsur pokok dalam akidah Islam yang tidak bisa dipisahkan satu
dengan yang lainnya. Artinya, jika seseorang mengaku berakidah Islam atau lebih
mudahnya dia mengaku sebagai muslim, maka harus ada tiga unsur pokok ini
didalam dirinya, yaitu Islam, Iman, dan Ihsan. Ketiganya mempunyai hubungan
yang sangat erat.
a. Islam
Kata Islam berasal dari bahasa Arab, yaitu
E.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
Mengucapkan salam, berdo’a, mengabsen dan
mengkondisikan kelas.
Apersepsi
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif
tentang hal-hal yang berkaitandengan materi Akidah Islamiyah yang diketahui
peserta didik.
Motivasi
Peserta didik diberi penjelasan tentang manfaat
mempelajari akidah Islambagi
kehidupanyang akan dipelajari
Pemberian
Acuan
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Peserta didik dibagi ke dalam
beberapa kelompok
·
Peserta didik menyimak mekanisme
pelaksanaan pembelajaran
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didikmemperhatikan dan
merenungkan kisah Nabi Ibrohim a.s mencari tuhan dan contoh gambar, video
atau fenomena tentang kebenaran akidah Islam yang ada pada rubrik “Amati
dan Perhatikan”
·
Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru tentang kisah dan gambar yang diamati
Mempertanyakan
·
Peserta didik menuliskan
pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenakanya hasil dari pengamatan pada kolom “Penasaran”.
·
Peserta didik bertanya jawab
tentang pengertian akidah Islam
·
Peserta didik bertanya jawab
tentang dalil akidah Islam
·
Peserta didik bertanya jawab
tentang dasar-dasar akidah Islam
Mengeksplorasi
·
Peserta didik membaca materi/pemahaman
konsep pada rubrik “Buka Cakrawalamu!”
·
Peserta didik mengidentifikasi
pengertian akidah Islam
·
Peserta didik mengidentifikasi
dalil akidah Islam
·
Peserta didik mengidentifikasi
dasar-dasar akidah Islam
Mengasosiasikan
·
Peserta didik melakukan kegiatan
dalam rubrik “Kembangkan Wawasanmu!”
·
Peserta didik menyimpulkan
pengertian akidah Islam
·
Peserta didik menuliskan dalil
akidah Islam
·
Peserta didik menuliskan simpulan
tentang dasar-dasar akidah Islam
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik mengerjakan soal-soal
pilihan ganda untuk menguatkan pemahaman konsep
·
Peserta didik menjelaskan
pengertian akidah Islam
·
Peserta didik menyebutkan dalil
akidah Islam
·
Peserta didik menjelaskan
dasar-dasar akidah Islam
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Guru membuat simpulan tentang
materi ajar.
·
Guru mengadakan evaluasi.
·
Guru menugaskan peserta didik
mencari materi tentang akidah Islam dari berbagai sumber (buku, majalah,
internet, narasumber) sebagai refleksi.
·
Guru menyebutkan materi yang akan
dipelajari selanjutnya
·
Bersama-sama menutup pembelajaran
dengan do’a dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
ke-2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
Mengucapkan salam, berdo’a, mengabsen dan
mengkondisikan kelas.
Apersepsi
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif
tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi Akidah Islamiyah yang telah
dipelajari peserta didik pada pertemuan sebelumnya.
Motivasi
Peserta didik diberi penjelasan tentang manfaat
mempelajari akidah Islam
bagi kehidupanyang akan dipelajari
Pemberian
Acuan
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
·
Peserta didik dibagi ke dalam
beberapa kelompok
·
Peserta didik menyimak mekanisme
pelaksanaan pembelajaran
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik memperhatikan dan
merenungkan contoh gambar, video atau fenomena tentang kebenaran akidah Islam
yang ada pada rubrik “Amati dan Perhatikan”
·
Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru tentang gambar yang diamati
Mempertanyakan
·
Peserta didik menuliskan
pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenakanya hasil dari pengamatan pada kolom “Penasaran”.
·
Peserta didik bertanya jawab
tentang tujuan akidah Islam
·
Peserta didik bertanya jawab
tentang hubungan unsur-unsur akidah Islam (iman, islam,dan ihsan)
Mengeksplorasi
·
Peserta didik membaca
materi/pemahaman konsep pada rubrik “Buka Cakrawalamu!”
·
Peserta didik mengidentifikasi
tujuan akidah Islam
·
Peserta didik mengidentifikasi
hubungan unsur-unsur akidah Islam (iman, islam,dan ihsan)
Mengasosiasikan
·
Peserta didik melakukan kegiatan
dalam rubrik “Kembangkan Wawasanmu!”
·
Peserta didik menyimpulkan tujuan
akidah Islam
·
Peserta didik menuliskan simpulan
tentang hubungan unsur-unsur akidah Islam (iman, islam,dan ihsan)
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik mengerjakan soal-soal
essay untuk menguatkan pemahaman konsep
·
Peserta didik menjelaskan tujuan
akidah Islam
·
Peserta didik menjelaskan hubungan
unsur-unsur akidah Islam (iman, islam,dan ihsan)
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Guru membuat simpulan tentang
materi ajar.
·
Guru mengadakan evaluasi.
·
Guru menugaskan peserta didik
mencari materi dan bukti tentang kebenaran akidah Islamdari berbagai sumber
(buku, majalah, internet, narasumber) sebagai refleksi.
·
Guru menyebutkan materi yang akan
dipelajari selanjutnya
·
Bersama-sama menutup pembelajaran
dengan do’a dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
ke-3
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
Mengucapkan salam, berdo’a, mengabsen dan
mengkondisikan kelas.
Apersepsi
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif
tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi Akidah Islamiyah yang telah
dipelajari peserta didik pada pertemuan sebelumnya.
Motivasi
Peserta didik diberi penjelasan tentang manfaat
mempelajari akidah Islam
bagi kehidupanyang akan dipelajari
Pemberian
Acuan
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
·
Peserta didik dibagi ke dalam
beberapa kelompok
·
Peserta didik menyimak mekanisme
pelaksanaan pembelajaran
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik memperhatikan dan
merenungkan contoh gambar, video atau fenomena tentang kebenaran akidah Islam
yang ada pada rubrik “Amati dan Perhatikan”
·
Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru tentang gambar yang diamati
Mempertanyakan
·
Peserta didik menuliskan
pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenakanya hasil dari pengamatan pada kolom “Penasaran”.
·
Peserta didik bertanya jawab
tentang akidah Islam
·
Peserta didik bertanya jawab
tentang fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam
Mengeksplorasi
·
Peserta didik membaca
materi/pemahaman konsep pada rubrik “Buka Cakrawalamu!”
·
Peserta didik mengidentifikasi
penjelasan akidah Islam
·
Peserta didik mengidentifikasi
contoh fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam
Mengasosiasikan
·
Guru menyuruh peserta didik untuk
menalar materi yang telah dipelajari.
·
Peserta didik melakukan kegiatan
dalam rubrik “Kembangkan Wawasanmu!” dengan berdiskusi secara
berkelompok
·
Peserta didik menuliskan hasil
simpulan diskusi kelompok
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik menyajikan fakta dan
fenomena kebenaran akidah Islam
·
Peserta didik memamerkan hasil
diskusinya pada dinding atau papan pameran kelas
·
Peserta didik kelompok lain menilai
hasil diskusi kelompok lain dari segi ketepatan jawaban, kelengkapan contoh dan
kejujuran pendapat.
·
Tiap kelompok melakukan tanya jawab
sederhana mengomentari hasil diskusi kelompok lain
·
Guru memberi reward kepada
seluruh kelompok
·
Guru memberikan penjelasan tambahan
dan penguatan terhadap hasil diskusi
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Guru bertanya kepada peserta
didiktentang manfaat/hikmah mempelajari materi akidah Islamiyah
·
Guru membimbing peserta didik untuk
menyimpulkan materi ajar.
·
Guru menugaskan peserta didik
secara jujur mengisi kolom pada rubriki “Refleksi”.
·
Guru mengadakan evaluasi.
·
Guru menyebutkan materi yang akan
dipelajari selanjutnya
·
Bersama-sama menutup pembelajaran
dengan do’a dan salam.
|
10
menit
|
F.
Media, Alat dan Sumber Belajar
1.
Media dan Alat :
§
Multimedia ICT
§
Contoh gambar, video atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan
kebenaran akidah Islam
2.
Sumber:
§
Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
§
Buku Akidah Akhlak Pedoman Guru Kelas VII
Kemenag RI 2014
§
Buku Akidah Akhlak Siswa Kelas VII Kemenag RI
2014
G.
Penilaian
1)
Jenis/teknik penilaian
§ Kompetensi
Sikap : Observasi
§ Kompetensi
Pengetahuan : Tes Tulis dan Lisan
§ Kompetensi
Keterampilan : Unjuk Kerja (Performance)
2)
Bentuk dan Instrumen Penilaian :
- Kompetensi Sikap:
Lembar Pengamatan Sikap :
No
|
Nama
|
Religius
|
Disiplin
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
Jumlah skor
|
||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik :
Tingkat penguasaan nilai
|
Deskripsi
|
Skor
|
K (Kurang)
|
jika belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang
dinyatakan dalam indikator
|
1
|
C (Cukup)
|
jika sudah mulai memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku
yang dinyatakan dalam indikator
tetapi belum konsisten
|
2
|
B (Baik)
|
jika sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang
dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten
|
3
|
SB (Sangat
Baik)
|
jika terus menerus konsisten
memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator
|
4
|
Nilai
= Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh x100
Jumlah
Skor maksimal
|
b. Kompetensi
Pengetahuan:
·
Soal
Tes Tuis : Pilihan ganda
Pilihlah jawaban yang tepat!
1.
Arti
Akidah menurut bahasa adalah . . . .
a.
keterkaitan c.
pernyataan
b.
ikatan yang kukuh d.
kemantapan hati
2.
Diantara
salah satu pokok akidah Islam adalah . . . .
a.
berlaku jujur c.
berbakti kepada orang tua
b.
berlaku adil d. percaya kepada qodlo dan
qodar
3.
Pada
hakekatnya orang yang telah berakidah berarti telah berjanji, sedangkan orang
yang berjanji berarti . . . .
a.
mengikat diri dengan janji tersebut
b.
tidak mungkin akan mengingkari janjinya
c.
berusaha untuk menepati janji yang telah diucapkan
d.
membebaskan diri dari sesuatu yang telah dijanjikan
4.
Akidah
yang dimiliki seseorang dapat menentukan . . . .
a.
kedudukannya c.
sikap dan perilaku
b.
kemantapan hatinya d.
jenis perbuatan yang dilakukan
5.
Akidah
Islam tersimpul dalam bacaan . . . .
a.
kalimat toyibah c.
tasbih dan tahmid
b.
istighfar dan takbir d.
dua kalimat syahadat
6.
pokok-pokok
kepercayaan dalam Islam terdiri dari . . . . . perkara.
a.
tiga c.
lima
b.
empat d. Enam
7.
Akidah
Islam memiliki landasan hukum yang kuat, yakni . . . .
a. akhlaqul
karimah c.
ijmak, dan qiyas
b.
Al-Quran dan hadits ijtihat, d.
Al-Quran, hadits, dan ijmak
8.
Akidah
Islam membimbing umatnya agar . . . .
a. sejahtera hidupnya
b. hidupnya diridhoi
Allah Swt.
c. tetap sehat jasmani
dan rohani
d. dapat menentukan jalan
hidupnya
9.
Islam
disebut agama tauhid karena . . . .
a. Allah Swt.menguasai
alam semesta
b. mengajarkan bahwa
Allah Swt.Maha Esa
c. tidak mengajarkan
kepada manusia tentang berhala
d. mengajarkan adanya
Allah Swt.sebagai pencipta alam semesta
10.
Menurut
Islam, orang yang tidak memiliki akidah Islam dinyatakan . . .
a. munafik
b. kafir dan tersesat
c. hanya mendapatkan
bau jannah
d. orang yang
kebingungan dalam hidupnya
11.
Islam
membimbing manusia agar kembali kepada fitrahnya, yakni . . . .
a. ber-Tuhan secara
jelas
b. tidak tersesat
jalannya
c. ber-Tuhan kepada Allah Swt.
d. memiliki
kepercayaan yang jelas
12.
Salah
satu perbuatan syirik yaitu . . . .
a.
berjudi c.
mengahrdik anak yatim
b.
berkata bohong d.
percaya terhadap peramal
13.
Yang
termasuk syirik khafi di bawah ini adalah
. . . .
a.
memuji-muji diri c.
menyembah berhala
b.
meninggalkan shalat d.
bertuhan lebih dari satu
14.
Berbakti
dan mengabdikan diri kepada Allah dengan sadar dan ikhlas adalah pengertian . .
. . menurut istilah.
a.
iman c. iksan
b.
Islam d. takwa
15.
Ihsan
terbagi atas . . . . macam.
a.
tiga c. lima
b.
empat d. Enam
16.
Beriman
kepada adanya hal-hal yang berhubungan dengan alam ghaib termasuk imanyang
bersifat . . . .
a. sam’iyat c. kenabian
b.
ruhaniyat d.
ketuhanan
17.
Iman
seseorang sudah lebih tinggi, karena sesuatu yang diimani didasari oleh
alasan-alasan tertentu di sebut tingkatan . . . .
a.
mengenal c.
keyakinan
b.
kesadaran d.
haqqul yaqin
18.
Orang
yang tunduk , patuh dan berserah diri kepada Allah Swt.disebut . .
a.
beriman c.
muhsin
b.
muslim d.
Muttaqin
19.
Manfaat
mempelajari akidah Islam , antara lain .
. . .
1. dapat memiliki akidah yang
benar
2. tidak mudah dipengaruhi
kepercayaan lain
3. memperoleh ketenteraman
hidup
4. berbakti kepada kedua orang
tua
5. memiliki sifat istiqomah
Dari pernyataan di atas yang
benar adalah . . . .
a.
1,3,4,5 c.
3,5,2,1
b.
2,3,4,5 d.
4,5,2,1
20.
Perilaku
yang sesuai dengan nilai-nilai akidah Islam, antara lain kecuali . .
a.
ikhlas
dalam melakukan peribadatan kepada Allah
b.
mendapat
jaminan surga dan selamat dari neraka
c.
menjauhkan
diri dari segala bentuk perbuatan syirik
d.
berusaha
untuk selalu meningkatkan kadar iman dan taqwa kepada Allah Swt.
·
Soal
Tes Lisan : Uraian/Essay
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat !
1. Sebutkan dalil naqli dengan terjemahannya
tentang dasar akidah Islam dan pegangan serta pedoman bagi kaum muslimin!
2. Jelaskan pengertian akidah menurut bahasa
dan istilah !
3. Bagaimana pandangan Islam terhadap orang
yang tidak memiliki akidah Islam ?
4. Sebutkan dan jelaskan tujuan akidah Islam
!
5. Jelaskan pengertian Iman, Islam, dan Ihsan
menurut istilah !
·
Rubrik
penilaian :
1).Pilihan ganda:
|
2).Essay :
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
Nilai = Jumlah jawaban benar
X 5
(maksimal 20 X 5 = 100).
|
Nilai = Jumlah skor X 100
Skor maksimal
|
c. Kompetensi
Keterampilan:
·
Format
penilaian “ Penasaran“.
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai
|
||
a
|
b
|
c
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
a. Aspek dan rubrik penilaian kelompok:
No
|
Indikator
Penilaian
|
Skor
|
|
1
|
Frekuensi
dalam bertanya
|
Jika peserta didik bertanya 3 kali atau lebih
|
30
|
Jika peserta didik bertanya 2 kali
|
20
|
||
Jika peserta didik bertanya 1 kali
|
10
|
||
2
|
|
|
30
|
|
20
|
||
|
10
|
||
3
|
|
|
40
|
|
30
|
||
|
20
|
||
|
10
|
1)
b.Keterkaitan pertanyaan dengan materi.
1) jika pertanyaan sesuai
dengan materi, skor 30.
2) jika pertanyaan kurang
sesuai dengan materi, skor 20.
3) jika pertanyaan tidak
sesuai dengan materi, skor 10.
c. kejelasan/bahasa yang digunakan saat bertanya
1) jika bahasa jelas, lugas, dan mudah dipahami,
skor 30.
2).
jika bahasa kurang jelas, kurang lugas, dan kurang mudah dipahami, skor 20.
3) jika bahasa tidak
jelas,tidak lugas,dan sulit dipahami, skor 10.
·
Format
penilaian kegiatan diskusi “ Kembangkan Wawasanmu! “.
1)
Penilain kelompok yang maju/presentasi
Kelompok 1
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
Maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
Lanjut
|
||||
a
|
b
|
c
|
T
|
BT
|
R
|
P
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T : Tuntas mencapai nilai KKM
BT : Belum Tuntas jika nilai yang diperoleh
kurang dari nilai KKM
R : Remedial
P : Pengayaan
Aspek dan rubrik penilaian kelompok:
No
|
Indikator
Penilaian
|
Skor
|
|
1
|
kedalaman informasi.
|
Memberikankejelasandankedalamaninformasi
lengkap dan sempurna
|
30
|
Memberikanpenjelasandankedalamaninformasi
lengkap dan kurang sempurna
|
20
|
||
Memberikanpenjelasandankedalamaninformasi
kurang lengkap
|
10
|
||
2
|
Keaktifan dalam
diskusi/tugas
|
berperan sangat aktif
dalam diskusi
|
30
|
berperan aktif dalam
diskusi
|
20
|
||
kurang aktif dalam
diskusi
|
10
|
||
3
|
Kejelasan dan
kerapian presentasi/ jawaban
|
mempresentasikandengansangatjelasdanrapi
|
40
|
mempresentasikan dengan
jelas dan rapi,
|
30
|
||
mempresentasikandengansangatjelasdankurangrapi
|
20
|
||
mempresentasikandengankurangjelasdantidak
rapi
|
10
|
Pedoman Pen-Skoran :
Nilai
= Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh x100
Jumlah
Skor maksimal
|
·
Format
penilian diri kolom “Refleksi”:
No.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||
SY
|
Y
|
TY
|
|||
1
|
Hanya Allahlah Tuhan yang Maha Esa yang
wajib disembah dan ditaati
|
|
|
|
|
2
|
Allahlah yang menciptakan dan mengatur alam
semesta
|
|
|
|
|
3
|
Hanya Allahlah yang berhak memberi hidayah
kepada seseorang
|
|
|
|
|
4
|
Berbuat baik kepada sesama adalah salah
satu bentuk ibadah
|
|
|
|
|
5
|
Iman tidak cukup di dalam hati,tapi harus
diimplementasikan dalam wujud menjalankan rukun Islam dan Ihsan dalam
kehidupan
|
|
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
||||
Keterangan:
|
|||||
Sangat yakin = skor 3
Yakin = skor 2
Tidak Yakin
= skor 1
|
Nilai 50 – 75
= C (kurang)
Nilai 75 –
85 =
B (cukup)
Nilai 85 - 100
= A (baik)
|
||||
NILAI = Jumlahskor yang diperoleh
X 100
Jumlah skor maksimal (15)
Catatan :
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
|
Mengetahui, Semarang, 3 Agustus 2017
Guru Mata Pelajaran Guru
PPL
AFIDATUL KHOIRIYAH, S.Ag. CEMETZ DPC
Comments
Post a Comment