LAPORAN PENELITIAN SEKOLAH MAKUL KPAI MENENGAH
SEMOGA BERMANFAAT JON !!!
A. PENDAHULUAN
1. LATAR
BELAKANG
Secara menyeluruh untuk
melakukan evaluasi kurikulum bisa menggunakan
evaluasi CIPP karena menilai dari seluruh aspek kurikulum. Evaluasi
program
pembelajaran dilakukan dengan ditujan
untuk melihat sejauh mana hasil belajar telah tercapai dengan optimal sesuai
dengan target dan tujuan pembelajaran itu sediri. Sedangkan evaluasi kinerja
pegawai dilakukan dengan tujuan untuk melihat kualitas, loyalitas, atau
motivasi kerja pegawai, sehingga akan menentukan hasil produksi. Dengan adanya
perbedaan tersebut lahirlah beberapa model evaluasi yang dapat menjadi
pertimbangan evaluator dalam melakukan evaluasi. Dari beberapa model evaluasi
yang ada, penulis hanya akan membahas model evaluasi CIPP (Context, Input,
Process, Product) yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam.
Model
evaluasi CIPP dalam pelaksanaannya lebih banyak digunakan oleh para evaluator,
hal ini dikarenakan model evaluasi ini lebih komprehensif jika dibandingkan
dengan model evaluasi lainnya. Model evaluasi ini dikembangkan oleh Daniel
Stuffleabem, dkk (1967) di Ohio State University. Model evaluasi ini pada
awalnya digunakan untuk mengevaluasi ESEA (the Elementary and Secondary
Education Act). CIPP merupakan singkatan dari, context evaluation : evaluasi terhadap konteks, input evaluation : evaluasi terhadap masukan, process evaluation : evaluasi terhadap proses, dan product evaluation : evaluasi terhadap hasil. Keempat
singkatan dari CIPP tersebut itulah yang menjadi komponen evaluasi.
Berikut
ini akan di bahas komponen atau dimensi model CIPP yang meliputi,context,
input, process, product dengan penelitian kurikulum SDN 3 Pengkolrejo Blora.
2. RUMUSAN
MASALAH
1. Bagaimana
Hasil Context Ekstrakurikuler Program Tahfidzul Qur’an SDN Pengkolrejo 3 Blora?
2. Bagaimana
Hasil Input Ekstrakurikuler Program Tahfidzul Qur’an SDN Pengkolrejo 3 Blora?
3. Bagaimana
Hasil Process Ekstrakurikuler Program Tahfidzul Qur’an SDN Pengkolrejo 3 Blora?
4. Bagaimana
Hasil Product Ekstrakurikuler Program Tahfidzul Qur’an SDN Pengkolrejo 3 Blora?
B. TEORI
CIPP
1. Context Evaluation
(Evaluasi Konteks)
Stufflebeam (1983 : 128) dalam Hamid Hasan menyebutkan, tujuan
evaluasi konteks yang utama adalah untuk mengetahui kekutan dan kelemahan yang
dimilki evaluan. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan ini, evaluator akan dapat
memberikan arah perbaikan yang diperlukan. Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin
menjelaskan bahwa, evaluasi konteks adalah upaya untuk menggambarkan dan
merinci lingkungan kebutuhan yang tidak terpenuhi, populasi dan sampel yang
dilayani, dan tujuan proyek. [1]
2. Input Evaluation (Evaluasi Masukan)
Tahap kedua dari model CIPP adalah evaluasi input, atau evaluasi masukan.
Menurut Eko Putro Widoyoko, evaluasi masukan membantu mengatur keputusan,
menentukan sumber-sumber yang ada, alternative apa yang diambil, apa rencana
dan strategi untuk mencapai tujuan, dan bagaimana prosedur kerja untuk
mencapainya. Komponen evaluasi masukan meliputi : 1) Sumber daya manusia, 2)
Sarana dan peralatan pendukung, 3) Dana atau anggaran, dan 4) Berbagai prosedur
dan aturan yang diperlukan. [2]
3. Process Evaluation (Evaluasi Proses)
Worthen & Sanders (1981 : 137) dalam Eko Putro Widoyoko
menjelaskan bahwa, evaluasi proses menekankan pada tiga tujuan : “ 1) do detect or predict in
procedural design or its implementation during implementation stage, 2) to
provide information for programmed decision, and 3) to maintain a record of the
procedure as it occurs “.
Evaluasi proses digunakan untuk menditeksi atau memprediksi rancangan prosedur
atau rancangan implementasi selama tahap implementasi, menyediakan informasi
untuk keputusan program dan sebagai rekaman atau arsip prosedur yang telah
terjadi. Evaluasi proses meliputi koleksi data penilaian yang telah ditentukan
dan diterapkan dalam praktik pelaksanaan program. Pada dasarnya evaluasi proses
untuk mengetahui sampai sejauh mana rencana telah diterapkan dan komponen apa
yang perlu diperbaiki. Sedangkan menurut Suharsimi Arikunto, evaluasi proses
dalam model CIPP menunjuk pada “apa” (what) kegiatan yang dilakukan
dalam program, “siapa” (who) orang yang ditunjuk sebagai penanggung
jawab program, “kapan” (when) kegiatan akan selesai. Dalam model CIPP,
evaluasi proses diarahkan pada seberapa jauh kegiatan yang dilaksanakan didalam
program sudah terlaksana sesuai dengan rencana. [3]
4. Product Evaluation (Evaluasi Produk/Hasil)
Evaluasi hasil menurut Hamid Hasan dikutip dari Stufflebeam adalah
mengumpulkan berbagai informasi mengenai hasil belajar, membandingkanya dengan
standar, dan mengambil keputusan terhadap status kurikulum yang diterapkan
(revisi, diganti atau dilanjutkan). [4]
C. METODE
PENELITIAN
1. JENIS
DAN PENDEKATAN
Model evaluasi
yang digunakan dalam memonitoring program ini adalah model evaluasi Context-Input-Process-Product (CIPP).
Tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi yang akurat dalam
pengambilan keputusan lebih lanjut guna memperbaiki dan meningkatkan
kualitas penyelenggaraan program Tahfidzul Qur’an di masa yang akan datang.
Model CIPP digunakan karena dibutuhkan ketersediaan informasi yang akurat dan
menyeluruh.
Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan didukung pendekatan kualitatif.
Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mendapatkan hasil monitoring dan
evaluasi yang mendalam dan komprehensif. Pendekatan ini digunakan untuk
menangani data-data yang bersifat kuantitatif (angka).
2. WAKTU
DAN TEMPAT PENELITIAN
Penelitian ini dilakukan
di SDN Pengkolrejo 3 Blora.
Pada hari Sabtu
tanggal 10
Juni 2017.
3. POPULASI
DAN SAMPEL
Populasi adalah seluruh masyarakat SDN Pengkolrejo 3
Blora yang mengikuti ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an mulai kelas IV-VI
sebanyak 35 . Dalam penelitian ini peneliti mengambil data dari kepala SDN
Pengkolrejo 3 Blora, guru 2 orang, siswa 12 orang, dari data yang kami ambil
tersebut mendapat penjelasan mengenai program Tahfidul Qur’an yang sudah berjalan
di SDN Pengkolrejo 3 Blora.
4. TEKNIK
PENGUMPULAN DATA
Pengumpulan
data bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan sesungguhnya yang terjadi di
lapangan, yang kemudian dibandingkan dengan standar pengelolaan SDN Pengkolrejo 3 Blora yang telah
disusun oleh tim pelaksanaan. Teknik yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah penyebaran angket dan observasi kegiatan.
Subjek informan
dalam monitoring evaluasi ini adalah orang‑orang yang mengetahui,
berkaitan dan atau menjadi pelaku dari suatu kegiatan pendidikan, mereka
diharapkan dapat memberikan informasi secara lengkap tentang penyelenggaraan ekstrakurikuler
tahfidzul Qur’an di SDN Pengkolrejo
3 Blora
1.
Kepala SDN Pengkolrejo 3 Blora Ibu Juremi, S.Pd.,M.M.Pd sebagai
penyelenggara dan penanggung jawab
2.
Guru di SDN Pengkolrejo 3 Blora yang secara
berkala memberikan tutorial kepada siswa
3.
Peserta didik di SDN Pengkolrejo 3 Blora
5. TEKNIK
ANALISIS DATA
Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, yaitu dengan
mendeskripsikan dan memaknai data dari masing masing indikator komponen
konteks, input, proses dan produk/output yang dievaluasi. Data tersebut
dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menyajikan hasil perhitungan
statistik diskriptif berupa tabel frekuensi dan presentase yang didapat dari
hasil penilaian evaluasi. Berikuut kriteria penilaian yang digunakan;
No
|
Norma
Penilaian
|
Rentang
Skor
|
Interpretasi
|
1.
|
Mi + 1,5 SDi s/d Mi + 3 SDi
|
3,26
– 4,00
|
Baik
|
2.
|
Mi s/d Mi + 1,5 SDi
|
2,51
_ 3,25
|
Cukup
Baik
|
3.
|
Mi – 1,5 SDi s/d Mi
|
1,76
– 2,50
|
Kurang
Baik
|
4.
|
Mi – 3 SDi s/d Mi – 1,5 SDi
|
1,00
– 1,75
|
Tidak
Baik
|
D. HASIL
PENELITIAN
1. UJI
INSTRUMEN
Evaluasi konteks
R/S
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Kepala TPQ
|
2
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
|
3
|
Guru 1
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
Guru 2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
Siswa 1
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Siswa 2
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Siswa 3
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa 4
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa 5
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa 6
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa 7
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa 8
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa 9
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Siswa 10
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa 11
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa 12
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
JUMLAH
|
2
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3,16
|
Nilai
MAX
|
4
|
KETERANGAN
|
Nilai
MIN
|
2
|
Jadi
evaluasi konteks dari program Tahfidzul Qur’an mendapatkan nilai rata-rata
3,14
|
Mi
|
25,16
|
|
Rata-rata
Tolal
|
3,14
|
Evaluasi Input
R/S
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
Kepala Sekolah
|
|
3
|
4
|
|
|
3
|
4
|
3
|
|
2
|
3
|
Guru 1
|
3
|
4
|
3
|
3
|
2
|
4
|
4
|
|
|
|
|
Guru 2
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
|
|
|
|
Siswa 1
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
4
|
|
|
Siswa 2
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
3
|
|
|
Siswa 3
|
|
3
|
|
|
|
|
|
3
|
3
|
|
|
Siswa 4
|
|
2
|
|
|
|
|
|
4
|
3
|
|
|
Siswa 5
|
|
3
|
|
|
|
|
|
3
|
4
|
|
|
Siswa 6
|
|
4
|
|
|
|
|
|
4
|
4
|
|
|
Siswa 7
|
|
3
|
|
|
|
|
|
3
|
4
|
|
|
Siswa 8
|
|
3
|
|
|
|
|
|
2
|
3
|
|
|
Siswa 9
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
3
|
|
|
Siswa 10
|
|
3
|
|
|
|
|
|
3
|
3
|
|
|
Siswa 11
|
|
4
|
|
|
|
|
|
3
|
4
|
|
|
Siswa12
|
|
4
|
|
|
|
|
|
3
|
3
|
|
|
JUMLAH
|
3,5
|
2,8
|
0,33
|
3
|
2,3
|
3,3
|
4
|
3,15
|
3,41
|
2
|
3
|
Nilai
MAX
|
4
|
KETERANGAN
|
Nilai
MIN
|
2
|
Jadi
evaluasi input dari program Tahfidzul Qur’an mendapatkan nilai rata-rata 2,81
|
Mi
|
30,99
|
|
Rata-rata
Tolal
|
2,81
|
EVALUASI PROSES
|
||||||||||||||||
R/S
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
|
Kepala TPQ
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
|
|
|
|
3
|
3
|
2
|
4
|
3
|
|
|
Guru 1
|
3
|
3
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru 2
|
3
|
3
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa 1
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
|
Siswa 2
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
|
Siswa 3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|
Siswa 4
|
2
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
2
|
|
Siswa 5
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
|
Siswa 6
|
3
|
3
|
3
|
2
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
|
Siswa 7
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|
Siswa 8
|
4
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
|
Siswa 9
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
4
|
2
|
|
Siswa 10
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
2
|
3
|
4
|
3
|
3
|
|
Siswa 11
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
2
|
|
Siswa 12
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|
JUMLAH
|
3
|
3,06
|
3,13
|
2,76
|
3,5
|
3,25
|
2,75
|
3,6
|
2,75
|
3,15
|
2,53
|
2,84
|
3,38
|
3,53
|
2,58
|
|
Nilai
MAX
|
4
|
KETERANGAN
|
Nilai
MIN
|
2
|
Jadi
evaluasi Proses dari program Tahfidzul Qur’an mendapatkan nilai rata-rata 3,03
|
Mi
|
45,46
|
|
Rata-rata
Tolal
|
3,03
|
EVALUASI PRODUK
|
|||||||||
R/S
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
Kepala TPQ
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru 1
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
Guru 2
|
4
|
3
|
3
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
3
|
Siswa 1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa 2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa 3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa 4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa 5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa 6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa 7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa 8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa 9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa 10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa 11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siswa 12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
3,5
|
3
|
3
|
3,5
|
2,3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
Nilai
MAX
|
4
|
KETERANGAN
|
Nilai
MIN
|
2
|
Jadi
evaluasi produk dari program Tahfidzul Qur’an mendapatkan nilai rata-rata
3,33
|
Mi
|
30,5
|
|
Rata-rata
Tolal
|
3,38
|
2. UJI
HASIL
a. Hasil evalasuai konteks adalah 3,14 termasuk golongan Cukup
Baik.
b. Hasil evaluasi input adalah 2,81 termasuk golongan Cukup
Baik.
c. Hasil evaluasi proses adalah 3,03 termasuk golongan Cukup
Baik.
d. Hasil evaluasi Produk adalah 3,38 termasuk golongan Baik.
E. PENUTUP
1. KESIMPULAN
Dari hasil penelitian evaluasi kurikulum CIPP program
tahfidz di SDN Pengkolrejo 3 Blora dapat disimpulkan : hasil evalasuai konteks menunjukkan golongan cukup baik
pada angka 3,14 . Sedangkan hasil
evaluasi input mnunjukkan golongan cukup baik dengan angka 2,81. Hasil evaluasi
proses menunjukkan golongan cukup baik juga dengan angka 3,03. Dan hasil evaluasi Produk menunjukkan
golongan baik dengan angka 3,38 . Jadi,
secara keseluruhan kurikulum tahfidz
yang diselenggarakan SDN Pengkolrejo 3 Blora menunjukkan Cukup Baik.
2. SARAN
DAN REKOMENDASI
Program tahfidz di SDN Pengkolrejo 3 Blora harus menambah
guru tahfidz agar sesuai dengan jumlah siswa yang mengikuti ekstakulikuler tahfidz.
Harus juga meningkatkan profesionalisme guru yang menjadi pengajar
ekstrakulikuler tahfidz.
[3]Eko
Putro Widoyoko, Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik
dan Calon Pendidik, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011), hlm. 181-182
Comments
Post a Comment