CONTOH INSTRUMEN OBSERVASI MODEL CIPP & BERUPA ANGKET PENELITIAN
ANGKET PENELITIAN
a.
Identitas
Nama :
Nip :
Status Jabatan :
b.
Petunjuk Pengisian
1. Bacalah dengan terlebih dahulu pertanyaan
di bawah ini dengan baik dan teliti.
2. Pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan
keadaan yang sebenarnya.
3. Beri tanda check (√) pada jawaban yang
sesuai dengan keadaan keadaan Bapak/Ibu.
c. Keterangan
STS : Sangat Tidak Setuju S : Setuju
TS : Tidak Setuju SS : Sangat Setuju
Instrumen untuk kepala sekolah
NO
|
PERTANYAAN
|
STS
|
TS
|
S
|
SS
|
1.
|
Program tahfidhulquran dapat dukungan dari pemerintah.
|
|
|
|
|
2.
|
Prograamtahfidhulquran berdasarkan kebutuhan dan keinginan siswa
|
|
|
|
|
3.
|
Program Tahfidhulquran sesuai dengan program pemerintah daerah
|
|
|
|
|
4.
|
Program Tahfidhulquran diselenggarakan atasa dasar Misi Sekolah.
|
|
|
|
|
5.
|
Program tahfidhulquran sesuai dengan RKAS
|
|
|
|
|
6.
|
Program tahfidhulquran sesuai dengan visi Sekolah
|
|
|
|
|
7.
|
Guru yang mengajar tahfidhulqur’an adalah guru yang profesional
|
|
|
|
|
8.
|
Perbandingan jumlah guru dengan siswa sudah standar
|
|
|
|
|
9.
|
Jumlah media dan bahan ajar sesuai dengan jumlah siswa dan jumlah
kelas
|
|
|
|
|
10.
|
Program tahfidh teranggarkan ke dalam RKAS
|
|
|
|
|
11.
|
Aturan guru dan siswa telah tersusun dan di bukukan.
|
|
|
|
|
12.
|
Rumusan strategi belajar sesuai dengan tujuan dan materi
|
|
|
|
|
13.
|
Media dan bahan ajar yang tersedia sesuai dengan program
tahfid.
|
|
|
|
|
14.
|
Guru melakukan kegiatan pendahuluan
sesuai dengan rencana
|
|
|
|
|
15.
|
Guru melakukan kegiatan inti sesuai
dengan rencana.
|
|
|
|
|
16.
|
Guru melakukan kegiatan penutup sesuai
dengan rencana.
|
|
|
|
|
17.
|
Guru menguasai berbagai metode
pembelajaran.
|
|
|
|
|
18.
|
Guru menguasai materi ajar.
|
|
|
|
|
19.
|
Guru menguasai buku ajar, LKS, Modul.
|
|
|
|
|
20.
|
Guru dapat menggunakan media.
|
|
|
|
|
21.
|
Guru dapat melakukan penilaian dan pengawasan terhadap perubahan
sikap siswa.
|
|
|
|
|
22.
|
Guru dapat melakukan penilaian dan pengawasan terhadap hafalan siswa.
|
|
|
|
|
23.
|
Guru dapat melakukan penilaian dan pengawasan terhadap mahkroj,hukum tajwid.
|
|
|
|
|
24.
|
Sarana tahfidhulqur’an sangat mendukung.
|
|
|
|
|
25.
|
Media dan bahan ajar tahfid beraneka ragam (bervariasi).
|
|
|
|
|
26.
|
Ruang belajar yang cukup dan memadai.
|
|
|
|
|
27.
|
Perbandingan jumlah guru dengan siswa sudah standar
|
|
|
|
|
ANGKET PENELITIAN
a.
Identitas
Nama :
Nip :
Status Jabatan :
b.
Petunjuk Pengisian
4. Bacalah dengan terlebih dahulu pertanyaan
di bawah ini dengan baik dan teliti.
5. Pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan
keadaan yang sebenarnya.
6. Beri tanda check (√) pada jawaban yang
sesuai dengan keadaan keadaan Bapak/Ibu.
c. Keterangan
STS : Sangat Tidak Setuju S : Setuju
TS : Tidak Setuju SS : Sangat Setuju
Instrumen guru untuk guru
NO
|
PERNYATAAN
|
STS
|
TS
|
S
|
SS
|
1
|
Seluruh hafalan Siswa sesuaikan oleh target
|
|
|
|
|
2
|
Nilai
harian peserta didik tahfidz memiliki rerata lebih tinggi dari KKM
|
|
|
|
|
3
|
Peserta
tahfidz lihai dalam membaca Al Qur’an dan Tajwid
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan
peserta didik tahfidz sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang
diharapkan
|
|
|
|
|
5
|
Peserta
didik tahfidz tercapai target hafalan sesuai dengan tingkatan
|
|
|
|
|
6
|
Peserta
tahfidz telah mengikuti seluruh program yang diselenggarakan dengan baik
|
|
|
|
|
7
|
Persentase
kehadiran peserta didik mencapai 85 %
|
|
|
|
|
8
|
Peserta
didik dalam program tahfidz nilai kepribadianya minimal Baik
|
|
|
|
|
9
|
Implementasi
program tahfidz sangat sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumya
|
|
|
|
|
10
|
Rencana
belajar tersusun dengan baik
|
|
|
|
|
11
|
Guru yang
mengajar tahfidhulqur’an adalah guru yang profesional
|
|
|
|
|
12
|
Jumlah media
dan bahan ajar sesuai dengan jumlah siswa dan jumlah kelas
|
|
|
|
|
13
|
Program
tahfidh terjadwal dengan baik
|
|
|
|
|
14
|
Aturan
guru dan siswa telah tersusun dan di bukukan
|
|
|
|
|
15
|
Strategi belajar tahfid sudah tersusun dengan baik
|
|
|
|
|
16
|
Rumusan strategi belajar sesuai dengan tujuan dan
materi
|
|
|
|
|
17
|
Media dan bahan ajar yang tersedia sesuai dengan
program tahfid
|
|
|
|
|
18
|
Guru
melakukan kegiatan pendahuluan sesuai dengan rencana
|
|
|
|
|
19
|
Guru
melakukan kegiatan inti sesuai dengan rencana
|
|
|
|
|
20
|
Guru
melalukan kegiatan penutup sesuai dengan rencana.
|
|
|
|
|
21
|
Program
tahfidh terjadwal dengan baik
|
|
|
|
|
22
|
Aturan
guru dan siswa telah tersusun dan di bukukan
|
|
|
|
|
23
|
Strategi
belajar tagfid sudah tersusun dengan baik
|
|
|
|
|
ANGKET PENELITIAN
a.
Identitas
Nama :
Nip :
Status Jabatan :
b.
Petunjuk Pengisian
7. Bacalah dengan terlebih dahulu pertanyaan
di bawah ini dengan baik dan teliti.
8. Pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan
keadaan yang sebenarnya.
9. Beri tanda check (√) pada jawaban yang
sesuai dengan keadaan keadaan Bapak/Ibu.
c. Keterangan
STS : Sangat Tidak Setuju S : Setuju
TS :
Tidak Setuju SS : Sangat Setuju
Instrumen untuk siswa
No.
|
Pernyataan
|
STS
|
TS
|
S
|
SS
|
1.
|
Guru melakukan kegiatan pendahuluan sesuai dengan rencana.
|
|
|
|
|
2.
|
Guru melakukan kegiatan inti sesuai dengan rencana.
|
|
|
|
|
3.
|
Guru melalukan kegiatan penutup sesuai dengan rencana.
|
|
|
|
|
4.
|
Guru menguasai berbagai metode pembelajaran.
|
|
|
|
|
5.
|
Guru menguasai materi ajar.
|
|
|
|
|
6.
|
Guru mampu mengelola kelas.
|
|
|
|
|
7.
|
Guru disiplin dalam mengajar.
|
|
|
|
|
8.
|
Guru mampu memberikan contoh yang baik.
|
|
|
|
|
9.
|
Guru mampu melaksanakan pembelajaran secara kreatif.
|
|
|
|
|
10.
|
Guru menguasai buku ajar, LKS, Modul.
|
|
|
|
|
11.
|
Guru dapat menggunakan media.
|
|
|
|
|
12.
|
Guru dapat melakukan penilaian dan pengawasan terhadap perubahan
sikap siswa.
|
|
|
|
|
13.
|
Guru dapat melakukan penilaian dan pengawasan terhadap hafalan siswa.
|
|
|
|
|
14.
|
Guru dapat melakukan penilaian dan pengawasan terhadap tajwid,
|
|
|
|
|
15.
|
Sarana tahfidhulqur’an sangat mendukung
|
|
|
|
|
16.
|
Media dan bahan ajar tahfid beraneka ragam (bervariasi).
|
|
|
|
|
17.
|
Ruang belajar yang cukup dan memadai
|
|
|
|
|
18
|
Guru yang mengajar tahfidhulqur’an adalah guru yang profesional
|
|
|
|
|
19
|
Guru melakukan kegiatan pendahuluan
sesuai dengan rencana
|
|
|
|
|
20
|
Aturan guru dan siswa telah tersusun dan di bukukan
|
|
|
|
|
21
|
Guru melakukan kegiatan pendahuluan
sesuai dengan rencana
|
|
|
|
|
22
|
Guru melakukan kegiatan inti sesuai
dengan rencana.
|
|
|
|
|
23
|
Guru melakukan kegiatan penutup sesuai
dengan rencana.
|
|
|
|
|
24
|
Guru menguasai berbagai metode
pembelajaran.
|
|
|
|
|
25
|
Guru menguasai materi ajar.
|
|
|
|
|
26
|
Guru menguasai buku ajar, LKS, Modul.
|
|
|
|
|
27
|
Guru dapat menggunakan media.
|
|
|
|
|
28
|
Guru yang mengajar tahfidhulqur’an adalah guru yang profesional
|
|
|
|
|
Comments
Post a Comment