Silabus Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Semester 2
SILABUS Pembelajaran
Madrasah : MTsN
Mata Pelajaran : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester : VII / II
Standar Kompetensi : 4.
Akidah Memahami Asmaul Husna
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya
& Karakter Bangsa
|
Nilai-Nilai
Kewirausahaan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
Teknik
|
Instrumen
|
||||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
4.1 Menguraikan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
§ 10
Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
§ Religius
§ Cinta
ilmu
§ Gemar
Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin
tahu
§ Kerja
sama
|
§ Percaya
diri
§ Berorientasi
tugas dan hasil
§ Mampu
men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan
konsep dengan kata-kata sendiri
|
§ Menelaah
berbagai literatur untuk dapat menyebutkan dan menje-laskan 10 Asmaul Husna
§ Menanyakan
kepada siswa tentang 10 Asmaul Husna
§ Siswa
diminta untuk mengurai-kan 10 Asmaul Husna
§ Diskusi
kelompok tentang mengu-raikan 10 Asmaul Husna
§ Guru
dan siswa menyimpulkan 10 Asmaul Husna
|
§ Menjelaskan
pengertian Asma’ul Husna
§ Menyebutkan
dalil yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
§ Menyebutkan
arti 10 Asmaul Husna
§ Menjelaskan
isi kandungan 10 Asma’ul Husna
|
Tes lisan
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku
Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
§
LKS
§
Buku lain yang relevan
|
4.2 Menun-jukkan bukti kebenaran tanda-tanda
kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
§ 10
Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
§ Religius
§ Cinta
ilmu
§ Gemar
Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin
tahu
§ Kerja
sama
|
§ Percaya
diri
§ Berorientasi
tugas dan hasil
§ Mampu
men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan
konsep dengan kata-kata sendiri
|
§ Mengamati
lingkungan sekitarnya untuk menemukan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran
Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna.
§ Siswa
diminta membaca bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya
dalam 10 Asmaul Husna
§ Menanyakan
kepada siswa tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui
sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
§ Diskusi
kelompok tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui
sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
§ Guru
dan siswa menyimpulkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui
sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
|
§ Menyebutkan
bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul
Husna dari lingkungan sekitar.
§ Menyebutkan
bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul
Husna dari makhluq ciptaan-Nya.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku
Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
§
LKS
§
Buku lain yang relevan
|
4.3 Menunjukkan perilaku orang yang
mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’,
Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
§ 10
Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
§ Religius
§ Cinta
ilmu
§ Gemar
Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin
tahu
§ Kerja
sama
|
§ Percaya
diri
§ Berorientasi
tugas dan hasil
§ Mampu
men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan
konsep dengan kata-kata sendiri
|
§ Mengamati
lingkungan sekitar untuk mengenali
perilaku orang yang mengamal-kan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qay-yum) yang dapat
diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari
§ Siswa
diatur un-tuk saling berta-nya dan guru memberikan skor
§ Menanyakan
kepada siswa tentang contoh perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma
al-Husna
§ Diskusi
kelompok tentang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
§ Guru
dan siswa menyimpulkan tentang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
|
§ Menyebutkan
bentuk dan contoh-contoh perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari
§ Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum)
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku
Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
§
LKS
§
Buku lain yang relevan
|
4.4 Meneladani sifat-sifat Allah yang
terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf,
Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam
kehidupan sehari-hari
|
§ 10
Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
§ Religius
§ Cinta
ilmu
§ Gemar
Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin
tahu
§ Kerja
sama
|
§ Percaya
diri
§ Berorientasi
tugas dan hasil
§ Mampu
men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan
konsep dengan kata-kata sendiri
|
§ Mempraktikkan
sikap yang menunjukkan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul
Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qay-yum) dalam kehi-dupan sehari-hari
§ Diskusi
kelompok tentang Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul
Husna
§ Guru
dan siswa menyimpulkan tentang Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung
dalam 10 Asmaul Husna
|
§ Mengamalkan
sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum) dalam lingkungan keluarga.
§ Mengamalkan
sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum) dalam lingkungan sekolah.
|
Tes perbuatan
|
Penugasan
|
2 x 40’
|
§ Buku
Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
§
LKS
§
Buku lain yang relevan
|
Standar Kompetensi : 5. Meningkatkan keimanan kepada
malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya
& Karakter Bangsa
|
Nilai-Nilai
Kewirausahaan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
Teknik
|
Instrumen
|
||||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
5.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada
malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
|
§ Iman
kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan
setan
|
§ Religius
§ Cinta
ilmu
§ Gemar
Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin
tahu
§ Kerja
sama
|
§ Percaya
diri
§ Berorientasi
tugas dan hasil
§ Mampu
men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan
konsep dengan kata-kata sendiri
|
§ Membaca
dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman
kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan
setan dengan benar.
§ Bertanya
jawab tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya
seperti jin, iblis dan setan
§ Kelompok
diminta saling menilai hasil adu cepat dengan
membaca buku beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib
lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Diskusi
kelompok tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya
seperti jin, iblis dan setan
§ Guru
dan siswa menyimpulkan tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk
ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
|
§ Menjelaskan
pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT.
§ Menunjukkan
dalil naqli tentang adanya malaikat Allah SWT.
§ Menjelaskan
pengertian makhluk ghoib seperti jin, iblis dan setan
§ Menunjukkan
dalil naqli tentang jin, iblis dan setan
|
Tes lisan
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku
Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
§
LKS
§
Buku lain yang relevan
|
5.2 Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya
malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
|
§ Bukti/dalil
kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis
dan setan
|
§ Religius
§ Cinta
ilmu
§ Gemar
Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin
tahu
§ Kerja
sama
|
§ Percaya
diri
§ Berorientasi
tugas dan hasil
§ Mampu
men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan
konsep dengan kata-kata sendiri
|
§ Mengamati
fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar untuk menemukan bukti/dalil
kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis
dan setan
§ Diskusi
kelompok tentang Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk
ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Guru
dan siswa menyimpulkan tentang Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah
dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
|
§ Menyebutkan
tanda-tanda adanya malaikat Allah melalui fenomena alam yang terjadi di
lingkungan sekitar
§ Menyebutkan
tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui
fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar
§ Menyebutkan
tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis & setan melalui dalil naqli.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku
Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
§
LKS
§
Buku lain yang relevan
|
5.3 Menjelaskan tugas dan sifat-sifat malaikat
Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
|
§ Tugas
dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis
dan setan
|
§ Religius
§ Cinta
ilmu
§ Gemar
Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin
tahu
§ Kerja
sama
|
§ Percaya
diri
§ Berorientasi
tugas dan hasil
§ Mampu
men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan
konsep dengan kata-kata sendiri
|
§ Membaca
dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan tugas, dan sifat-sifat
malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Bertanya
jawab tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib
lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Diskusi
kelompok tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib
lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Guru
dan siswa menyimpulkan tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta
makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
|
§ Menyebutkan
nama dan tugas malaikat Allah SWT.
§ Menyebutkan
sifat-sifat malaikat Allah SWT.
§ Menjelaskan
keterkaitan ketaatan malaikat Allah dengan perbuatan manusia.
§ Menyebutkan
sifat-sifat makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan
§ Menjelaskan
perbedaan malaikat, jin, syetan dan iblis
§ Menjelaskan
keterkaitan sifat jin, iblis dan setan
dengan perbuatan manusia.
|
Tes lisan
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku
Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
§
LKS
§
Buku lain yang relevan
|
5.4 Menunjukkan ciri-ciri / tanda-tanda
perilaku beriman kepada malaikat Allah
dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena
kehidupan.
|
§ Ciri-ciri/tanda-tanda
perilaku beriman kepada malaikat Allah
dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena
kehidupan.
|
§ Religius
§ Cinta
ilmu
§ Gemar
Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin
tahu
§ Kerja
sama
|
§ Percaya
diri
§ Berorientasi
tugas dan hasil
§ Mampu
men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan
konsep dengan kata-kata sendiri
|
§ Mengamati
fenomena lingkungan sekitar untuk menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda
perilaku beriman kepada malaikat Allah
dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena
kehidupan.
§ Diskusi
kelompok tentang Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk
ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
§ Siswa
diminta membaca ciri-ciri/tanda-tanda
tentang perilaku beriman kepada
malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
terhadap fenomena kehidupan.
§ Guru
dan siswa menyimpulkan tentang Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk
ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
|
§ Menunjukkan
ciri-ciri orang yang beriman kepada malaikat Allah melalui perilakunya terhadap fenomena
kehidupan
§ Menunjukkan
ciri-ciri orang yang meyakini adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan
setan melalui perilakunya terhadap fenomena kehidupan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku
Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
§
LKS
§
Buku lain yang relevan
|
Standar Kompetensi : 6.
Menghindari akhlak tercela kepada Allah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya
& Karakter Bangsa
|
Nilai-Nilai
Kewirausahaan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
Teknik
|
Instrumen
|
||||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
6.1 Menjelaskan pengertian riya dan nifaq.
|
§ Akhlak
tercela kepada Allah (riya dan nifaq)
|
§ Religius
§ Cinta
ilmu
§ Gemar
Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin
tahu
§ Kerja
sama
|
§ Percaya
diri
§ Berorientasi
tugas dan hasil
§ Mampu
men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan
konsep dengan kata-kata sendiri
|
§ Membaca
dan menelaah berba-gai literatur untuk dapat menjelakan pengertian riya dan
nifaq
§ Diskusi
kelompok tentang riya dan nifaq.
§ Guru
dan siswa menyimpulkan tentang riya dan nifaq.
|
§ Menjelaskan
pengertian riya.
§ Menjelaskan
pengertian nifaq
§ Dapat
menguraikan pengertian riya dan nifaq.
|
Tes lisan
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku
Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
§
LKS
§
Buku lain yang relevan
|
6.2 Mengidenti-fikasi bentuk dan contoh-contoh
perbuatan riya dan nifaq
|
§ Bentuk
dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
|
§ Religius
§ Cinta
ilmu
§ Gemar
Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin
tahu
§ Kerja
sama
|
§ Percaya
diri
§ Berorientasi
tugas dan hasil
§ Mampu
men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan
konsep dengan kata-kata sendiri
|
§ Mengamati
linkungan sekitar untuk mengenali
bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
§ Diskusi
kelompok tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
§ Guru
dan siswa menyimpulkan tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan
nifaq
|
§ Menyebutkan
bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
§ Menunjukkan
ciri-ciri orang yang memiliki perbuatan riya dan nifaq
|
Unjuk kerja
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku
Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
§
LKS
§
Buku lain yang relevan
|
6.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat
perbuatan riya dan nifaq dalam
fenomena kehidupan
|
§ Nilai-nilai
negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
|
§ Religius
§ Cinta
ilmu
§ Gemar
Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin
tahu
§ Kerja
sama
|
§ Percaya
diri
§ Berorientasi
tugas dan hasil
§ Mampu
men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan
konsep dengan kata-kata sendiri
|
§ Mengamati
lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan
riya dan nifaq dalam fenomena
kehidupan
§ Diskusi
kelompok tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
§ Guru
dan siswa menyimpulkan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan
nifaq
|
§ Menyebutkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dalam fenomena kehidupan
§ Menyebutkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan nifaq dalam fenomena kehidupan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku
Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
§
LKS
§
Buku lain yang relevan
|
6.4 Membia-sakan diri menghindari hal-hal yang
mengarah pada perbuatan riya dan nifaq.
|
§ Akhlak
tercela kepada Allah (riya dan nifaq)
|
§ Religius
§ Cinta
ilmu
§ Gemar
Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin
tahu
§ Kerja
sama
|
§ Percaya
diri
§ Berorientasi
tugas dan hasil
§ Mampu
men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan
konsep dengan kata-kata sendiri
|
§ Mengidentifikasi
hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq sehingga ia berusaha
untuk menghindarinya.
§ Diskusi
kelompok tentang menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan
nifaq
§ Guru
dan siswa menyimpulkan tentang menghindari hal-hal yang mengarah pada
perbuatan riya dan nifaq
|
§ Menghindari
hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq.
§ Menghindari
perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
§ Menghindari
perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
§ Menghindari
perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
masyarakat.
|
Tes perbuatan
|
Penugasan
|
2 x 40’
|
§ Buku
Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
§
LKS
§
Buku lain yang relevan
|
|
|
|
Comments
Post a Comment