Silabus Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VII Semester 2


SILABUS Pembelajaran
Madrasah                             : MTsN
Mata Pelajaran                  : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester                 : VII / II

Standar Kompetensi         : 4. Akidah Memahami Asmaul Husna

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Nilai-Nilai Kewirausahaan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Instrumen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
4.1    Menguraikan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Menelaah berbagai literatur untuk dapat menyebutkan dan menje-laskan 10 Asmaul Husna
§ Menanyakan kepada siswa tentang 10 Asmaul Husna
§ Siswa diminta untuk mengurai-kan 10 Asmaul Husna
§ Diskusi kelompok tentang mengu-raikan 10 Asmaul Husna
§ Guru dan siswa menyimpulkan 10 Asmaul Husna
§ Menjelaskan pengertian Asma’ul Husna
§ Menyebutkan dalil yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
§ Menyebutkan arti  10 Asmaul Husna
§ Menjelaskan isi kandungan 10 Asma’ul Husna

Tes lisan
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
4.2    Menun-jukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Mengamati lingkungan sekitarnya untuk menemukan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna.
§ Siswa diminta membaca bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
§ Menanyakan kepada siswa tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
§ Diskusi kelompok tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
§ Guru dan siswa menyimpulkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna

§ Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan sekitar.
§ Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari makhluq ciptaan-Nya.

Tes tertulis
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
4.3    Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  perilaku orang yang mengamal-kan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qay-yum)  yang dapat diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari
§ Siswa diatur un-tuk saling berta-nya dan guru memberikan skor
§ Menanyakan kepada siswa tentang contoh perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
§ Diskusi kelompok tentang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
§ Guru dan siswa menyimpulkan tentang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
§ Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perilaku orang yang mengamalkan  10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari
§ Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Tes tertulis
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
4.4    Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari
§ 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Mempraktikkan sikap yang menunjukkan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qay-yum) dalam kehi-dupan sehari-hari
§ Diskusi kelompok tentang Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna
§ Guru dan siswa menyimpulkan tentang Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna
§ Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan keluarga.
§ Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan sekolah.
Tes perbuatan
Penugasan
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan

Standar Kompetensi         : 5. Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Nilai-Nilai Kewirausahaan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Instrumen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
5.1    Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan dengan benar.
§ Bertanya jawab tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Kelompok diminta saling menilai hasil adu cepat dengan  membaca buku beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

§ Diskusi kelompok tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Guru dan siswa menyimpulkan tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT.
§ Menunjukkan dalil naqli tentang adanya malaikat Allah SWT.
§ Menjelaskan pengertian makhluk ghoib seperti jin, iblis dan setan
§ Menunjukkan dalil naqli tentang jin, iblis dan setan
Tes lisan
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
5.2    Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar untuk menemukan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Diskusi kelompok tentang Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan

§ Guru dan siswa menyimpulkan tentang Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Menyebutkan tanda-tanda adanya malaikat Allah melalui fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar
§ Menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar
§ Menyebutkan tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis & setan melalui dalil naqli.
Tes tertulis
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
5.3    Menjelaskan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Bertanya jawab tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Diskusi kelompok tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Guru dan siswa menyimpulkan tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§ Menyebutkan nama dan tugas malaikat Allah SWT.
§ Menyebutkan sifat-sifat malaikat Allah SWT.
§ Menjelaskan keterkaitan ketaatan malaikat Allah dengan perbuatan manusia.
§ Menyebutkan sifat-sifat makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan
§ Menjelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan dan iblis
§ Menjelaskan keterkaitan sifat  jin, iblis dan setan dengan perbuatan manusia.
Tes lisan
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
5.4    Menunjukkan ciri-ciri / tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
§ Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Mengamati fenomena lingkungan sekitar untuk menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
§ Diskusi kelompok tentang Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
§ Siswa diminta membaca  ciri-ciri/tanda-tanda tentang perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
§ Guru dan siswa menyimpulkan tentang Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
§ Menunjukkan ciri-ciri orang yang beriman kepada malaikat Allah  melalui perilakunya terhadap fenomena kehidupan
§ Menunjukkan ciri-ciri orang yang meyakini adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui perilakunya terhadap fenomena kehidupan
Tes tertulis
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan


Standar Kompetensi         :   6. Menghindari akhlak tercela kepada Allah

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Nilai-Nilai Kewirausahaan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Instrumen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
6.1    Menjelaskan pengertian riya dan nifaq.
§ Akhlak tercela kepada Allah (riya dan nifaq)
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Membaca dan menelaah berba-gai literatur untuk dapat menjelakan pengertian riya dan nifaq
§ Diskusi kelompok tentang riya dan nifaq.
§ Guru dan siswa menyimpulkan tentang riya dan nifaq.
§ Menjelaskan pengertian riya.
§ Menjelaskan pengertian nifaq
§ Dapat menguraikan pengertian riya dan nifaq.
Tes lisan
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
6.2    Mengidenti-fikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
§ Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Mengamati linkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
§ Diskusi kelompok tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
§ Guru dan siswa menyimpulkan tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
§ Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
§ Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki perbuatan riya dan nifaq
Unjuk kerja
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
6.3    Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq dalam  fenomena kehidupan
§ Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq dalam  fenomena kehidupan
§ Diskusi kelompok tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
§ Guru dan siswa menyimpulkan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
§ Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dalam  fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan nifaq dalam  fenomena kehidupan
Tes tertulis
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
6.4    Membia-sakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq.
§ Akhlak tercela kepada Allah (riya dan nifaq)
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Mengidentifikasi hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq sehingga ia berusaha untuk menghindarinya.
§ Diskusi kelompok tentang menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq
§ Guru dan siswa menyimpulkan tentang menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq
§ Menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq.
§ Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
§ Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
§ Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
Tes perbuatan
Penugasan
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan















Comments

Popular

9 PERUBAHAN K13 (KURIKULUM 2013 UPDATE TAHUN 2017)

SOAL DAN JAWABAN Metodologi Pembelajaran dari kelompok 1 sampai 8 KI- 1A.

RPP K13 MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII SEMESTER SATU BAB SHOLAT LIMA WAKTU DAN SUJUD SAHWI (KURIKULUM 2013)