SILABUS LENGKAP KURIKULUM 2013 (K13) MATA PELAJARAN AKHIDAH AKHLAK KELAS 7, 8 & 9
SILABUS
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
MTs NU Al Hikmah
Kelas/ Semeter :
VIII/ Gasal
Mata Pelajaran :
AQIDAH AKHLAK
Tahun Pelajaran :
2017/2018
KOMPETENSI INTI :
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4. `Mencoba,mengolah,danmenyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
danmembuat) danranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di skolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR ESENSI
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1.
Meyakini adanya dan kebenaran
kitab-kitab Allah SWT.
1.2.
Menghayati nilai tawakal,
ikhtiar, sabar, syukur dan
qana’ah sesuai perintah syariat
1.3.
Menolak perilaku ananiah, putus
asa, gadab, dan tamak
1.4.
Menghayati adab yang baik
kepada kepada orang tua dan guru
1.5.
Menghayati kisah keteladaan
Nabi Yunus dan Nabi Ayub
|
|
Observasi :
dengan cara merumuskan pernyataan-pernyatan tentang sikap peserta didik
yang akan dinilai oleh guru, bisa berupa daftar cek dan skala penilaian
|
|
Buku paket, Kitab salaf, Al-Quran dan Tafsir,Lingkungan alam sekitar,
pengalaman siswa, internet
|
|||
2.1.
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT.
2.2.
Berperilaku tawakal,
ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah sesuai
perintah syariat
2.3.
Membiasakan diri
menghindari perilaku ananiah, putus
asa, gadab, dan tamak
2.4.
Terbiasa beradab yang baik
kepada orang tua dan guru
2.5.
Terbiasa meneladani kisah keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
|
|
disertai rubrik
Penilaian diri:
Guru menyiapkan pernyataan-pernyataan untuk dijawab peserta didik sendiri
dengan cara memilih opsi yang tersedia
Penilaian antar teman :
Guru menyiapkan pernyataan-pernyataan dan diberikan kepada peserta didik
untuk menilai sikap temannya dengan cara memilih opsi yang tersedia
Jurnal:
rekam jejak pesrta didik dalam kegiatan sehari-hari (penilaian-
|
|
|
|||
|
|
|
|
penilaian sikap di atas,dipilih salah satu untuk tiap materi pada KD-KD
dalam KI 1 dan KI 2)
|
|
|
|
3.1. Memahami hakikat beriman
kepada kitab-kitab Allah SWT.
|
3.1.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
3.1.2. Mengidentifikasi dalil tentang beriman kepada kitab-kitab Allah
SWT.
3.1.3. Menjelaskan dasar dan tujuan beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
|
Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
|
Mengamati:
·
Mengamati
ayat tentang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
Menanya:
·
Melakukan
tanya jawab tentang:
·
isi
kandungan ayat tentang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.,
·
pengertian,dasar, hikmah dan tujuan beriman kepada
kitab-kitab Allah SWT.,
Mengeksplorasi:
·
membaca
dari berbagai sumber materi tentang
beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
·
Mendiskusikan
dalil, pengertian,dasar, dan tujuan beriman kepada kitab-kitab Allah SWT,
serta kebenaran beriman kepada kitab-
|
Tes Tulis:
Pilihan ganda, Isian, Jawaban singkat, menjodohkan dan benar-salah serta
tes uraian
obyektif dan non obyektif
Test Lisan:
Tanya jawab,kuis,atau wawancara
|
3x2 Jam pelajaran
|
Buku paket, Kitab salaf, Al-Quran dan Tafsir,Lingkungan alam sekitar,
pengalaman siswa, internet
|
|
4.1. Menyajikan data dari
berbagai sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah SWT.
|
4.1.1.Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran kitab-kitab Allah SWT.
|
kebenaran kitab-kitab Allah SWT.
|
Proyek
Portofolio
|
||||
|
|
|
·
kitab
Allah SWT.
Mengasosiasi:
·
Membuat
kesimpulan makna dalil, pengertian,dasar, dan tujuan beriman kepada
kitab-kitab Allah SWT.,
·
Membuat
kesimpulan fenomena-fenomena tentang kebenaran beriman kepada kitab-kitab
Allah SWT.
Mengkomunikasikan:
·
Presesntasi
hasil diskusi dan analisis dalil tentang beriman kepada kitab-kitab Allah
SWT, serta fenomena-fenomena kebenaran beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
|
|
|
|
|
3.2. Memahami pengertian,
contoh, dan dampak positif sifat tawakal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
|
3.2.1. Menunjukkan dalil tentang sifat tawakal, ikhtiyar, sabar, syukur
dan qana’ah Allah
3.2.2. Menjelaskan pengertian sifat tawakal, ikhtiyar, sabar, syukur dan
qana’ah
3.2.3. Mengidentifikasi sifat tawakal, ikhtiyar, sabar, syukur dan
qana’ah
|
Pengertian, contoh, dan dampak positif sifat tawakal, ikhtiyar, sabar,
syukur dan qana’ah
|
Mengamati :
·
Mengamati
gambar-gambar dan atau video yang berhubungan dengan sifat tawakal, ikhtiyar,
sabar, syukur dan qana’ah.
·
Menyimak
penjelasan guru tentang pengertian sifat tawakal, ikhtiyar,
|
Test Tulis, dan Test Lisan
|
4x2 Jam pelajaran
|
Buku paket, Kitab salaf, Al-Quran dan Tafsir,Lingkungan alam sekitar,
pengalaman siswa, internet
|
|
|
|
|
·
sabar,
syukur dan qana’ah.
Menanya:
·
Melakukan
tanya jawab tentang maksud dan makna yang terkandung dalam gambar-gambar dan
atau video yang berhubungan dengan sifat tawakal, ikhtiyar, sabar, syukur dan
qana’ah.
·
Menanyakan
ulang tentang pengertian sifat tawakal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah.
Mengeksplorasi :
·
Membaca
dari berbagai sumber materi tentang sifat tawakal, ikhtiyar, sabar, syukur
dan qana’ah beserta dalil-dalilnya
·
Mendiskusikan
pengertian,contoh orang yang mengimani pengertiansifat tawakal, ikhtiyar,
sabar, syukur dan qana’ah.
·
Menggali
dari berbagai sumber/media tentang fenomena-fenomena kehidupan sebagai bukti
dari sifat tawakal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
Mengasosiasi:
·
Saling
mencocokkan rumusan tentang pengertian sifat tawakal, ikhtiyar, sabar, syukur
dan qana’ah
·
Membuat
peta konsep tentang pembagian sifat tawakal, ikhtiyar, sabar, syukur dan
qana’ah
·
Menyimpulkan
contoh-contoh perilaku orang yang mengimani sifat tawakal, ikhtiyar, sabar,
syukur dan qana’ah
·
Menyimpulkan
fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat tawakal,
ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
/menyajikan contoh tentang
fenomena-fenomena kehidupan yang berhubungan dengan sifat tawakal, ikhtiyar,
sabar, syukur dan qana’ah
|
|
|
|
|
4.2. Menunjukkan contoh-contoh
perilaku akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakal, ikhtiar, sabar, syukur
dan qana’ah)
|
4.2.1. Menunjukkan contoh-contoh
perilaku akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakal, ikhtiar, sabar, syukur
dan qana’ah)
|
Contoh-contoh perilaku akhlak terpuji pada diri sendiri
|
Proyek
Portofolio
|
|
Buku paket, Kitab salaf, Al-Quran dan Tafsir,Lingkungan alam sekitar,
pengalaman siswa, internet
|
||
3.3. Memahami pengertian,
contoh, dan dampak negatif sifat ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
|
3.3.1.Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
3.3.2. Mengidentifikasi dalil tentang ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
3.3.3. Menunjukkan contoh ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
3.3.4. Menjelaskan dampak negatif ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
|
Pengertian, contoh, dan dampak negatif sifat ananiah, putus asa, gadab,
dan tamak
|
Mengamati :
·
Mendengar
penjelasan guru tentang pengertian, dalil, contoh dampak negatif, fenomena
serta kisah tentang ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
·
Mengamati
contoh gambar/video tentang Akhlak Tercela
Menanya
·
Melakukan
tanya jawab pengertian, dalil, contoh dampak negatif, fenomena serta kisah
tentang ananiah, putus asa, gadab, dan
tamak
·
Melakukan
tanya jawab maksud dari gambar/video tentang akhlak tercela
Mengeksplorasi:
·
Menggali
informasti tentang pengertian, dalil, contoh dampak negatif, fenomena serta
kisah tentang ananiah, putus asa, gadab, dan
tamak
·
Berdiskusi
tentang pengertian ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
Mengasosiasi:
·
Tukar
informasi tentang cara meninggalkan ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
·
Membuat
peta konsep tentang pengertian, dalil, contoh dampak negatif, fenomena serta
kisah tentang sifat ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
Mengkomunikasikan
·
mempresentasikan/menyajikan
hasil diskusi tentang pengertian ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
|
Tes lisan dan tulis
|
4x 2 am pelajaran
|
Buku paket, Kitab salaf, Al-Quran dan Tafsir,Lingkungan alam sekitar,
pengalaman siswa, internet
|
|
4.3. Mensimulasikan akibat
buruk akhlak tercela ananiah, putus asa, gadab, dan tamak dalam kehidupan sehari-hari
|
4.3.1. Menceritakan kisah/fenomena yang muncul berkaitan dengan perilaku
ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
dalam kehidupan sehari-hari
4.3.2. Mencari kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak negatif dari
perilaku ananiah, putus asa, gadab, dan
tamak dalam fenomena kehidupan
|
Akibat buruk akhlak tercela ananiah, putus asa, gadab, dan tamak dalam kehidupan sehari-hari
|
Praktik
|
||||
3.4. Memahami adab kepada orang
tua dan guru
|
3.4.1.Menjelaskan pengertian adab kepada orang tua dan guru
3.4.2 Mengidentifikasikan dalil
tentang adab kepada orang tua dan guru
3.4.3 Menjelaskan tentang
adab-adab kepada orang tua dan guru
3.4.4 Menujukkan hikmah perilaku
orang yang melakukan adab-adab kepada orang tua dan guru yang benar
|
Adab kepada kepada orang tua dan guru
|
Mengamati:
·
Menyimak
penjelasan guru tentang adab kepada orang tua dan guru
·
mengamati
adab kepada orang tua dan guru dengan video visual
Menanya:
·
Menanyakan
ulang tentang adab kepada orang tua dan guru
·
Melakukan
tanya jawab untuk menyimpulkan adab kepada orang tua dan guru dari
gambar/video
Mengeksplorasi:
·
Menggali
informasi tentang adab kepada orang tua dan guru, menampilkan hasil buatan
peta konsep adab kepada orang tua dan guru berdiskusi tentang adab kepada
orang tua dan guru
Mengasosiasi:
·
mendiskusikan
adab kepada orang tua dan guru
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan/menyajikan
konsep hasil diskusi tentang adab kepada orang tua dan guru
·
Mempraktikkan
adab kepada orang tua dan guru
|
Test tulis
Tes lisan
|
3x2 jam
pelajaran
|
Buku paket, Kitab salaf, Al-Quran dan Tafsir,Lingkungan alam sekitar,
pengalaman siswa, internet
|
|
4.4. Mensimulasikan adab kepada
kepada orang tua dan guru
|
4.4.1 Mempraktikkan adab kepada
orang tua dan guru
|
|
praktik
|
||||
3.5. Menganalisis kisah
keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
|
3.5.1. Menjelaskan contoh kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
3.5.2. Menjelaskan hikmah yang bisa di ambil dari kisah keteladanan Nabi
Yunus dan Nabi Ayub
3.5.3. Menunjukkan contoh orang/tokoh yang meneladani sifat Nabi Yunus
dan Nabi Ayub
|
Kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
|
Mengamati:
·
Memperhatikan
tayangan kisah Nabi Yunus dan Nabi Ayub
Menanya:
·
Memberi
umpan balik tentang kisah Nabi Yunus dan Nabi Ayub dan umatnya tersebut
Eksplrosi:
·
Mendiskusikan
keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
·
Mengidentifikasi
keteladanan kisah Nabi Yunus dan Nabi Ayub
Mengasosiasikan:
·
Menyimpulkan
contoh-contoh keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub dari kisah-kisah yang
dibaca
Mengkomunikasikan:
·
Menceritakan
contoh keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
|
Test tulis
Bentuk uraian
Penugasan
|
2x2 jam
pelajaran
|
Buku paket, Kitab salaf, Al-Quran dan Tafsir,Lingkungan alam sekitar,
pengalaman siswa, internet
|
|
4.5. Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub
|
4.5.1. Menyajikan cuplikan kisah-kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi
Ayub
|
Proyek
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Kelas/ Semeter : VIII/ Genap
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Tahun Pelajaran : 2017/2018
KOMPETENSI INTI :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4.
`Mencoba,mengolah,danmenyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di skolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR ESENSI
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1.
Beriman kepada Rasul Allah SWT.
1.2.
Meyakini sifat-sifat Rasul
Allah SWT.
1.3.
Meyakini adanya
mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma‘unah, dan irhas)
1.4.
Menghayati
sifatdampak positif husnuzzan, tawadluk, tasamuh, dan ta’awun
1.5.
Menolak sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah,
dan namimah
1.6.
Menghayati adab kepada
saudara dan teman
1.7.
Menghayati kisah
keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
|
|
Observasi :
dengan cara merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan nilai beriman
kepada kitab-kitab Allah SWT. yang akan dicentang oleh guru bisa berupadaftar
cek dan skala penilaian disertai rubric
Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih
Jurnal :
jejak rekam anak dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar teman
|
|
|||
2.1.
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah
2.2.
Meneladani sifat-sifatnya dalam
kehidupan
2.3.
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan beriman pada mukjizat dan kejadian luar biasa
selain mukjizat
2.4.
Terbiasa
berperilaku husnuzzan, tawadluk, tasamuh, dan ta’awun dalam kehidupan
sehari-hari
2.5.
Terbiasa
menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah
dalam kehidupan sehari-hari.
2.6.
Terbiasa menerapakan adab islami kepada saudara dan teman
2.7.
Meneladani sifat-sifat
utama sahabat Abu Bakarr.a.
|
|
Observasi
dengan cara merumuskan
pernyataan yang ada hubungannya dengan nilai beriman kepada kitab-kitab
Allah SWT. yang akan dicentang oleh guru bisa berupadaftar cek dan skala
penilaian disertai rubric
Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih
Jurnal: jejak rekam anak dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar teman
(penilaian-penilaian sikap di atas,dipilih salah satu untuk tiap materi
pada KD-KD dalam KI 1 dan KI 2)
|
||||
3.1. Memahami pengertian,
dalil, dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT.
|
3.3.1.Menjelaskan
pengertian dalil, dan pentingnya beriman kepada
Rasul Allah SWT
|
pengertian, dalil, dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT.
|
Mengamati:
·
memperhatikan
dan mengamati gambar yang berkaitan dengan materi
Menanya:
·
bertanya,
dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang
berkaitan dengan beriman kepada Rasul Allah SWT
·
Membaca atau membuka wawasan tentang para Rasul
Allah
Eksplorasi:
·
Menalar,
dengan mencari kisah-kisah atau
fenomena yang menggambarkan keteladanan
para Rasul Allah SWT
Mengasosiasikan:
·
Saling
tukar informasi tentang kisah para Rasul Allah SWT
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
tentang fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada beriman sifat
kepada para Rasul Allah SWT.
|
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
|
1x2 Jam pelajaran
|
Buku paket, Kitab salaf, Al-Quran dan Tafsir,Lingkungan alam sekitar,
pengalaman siswa, internet
|
4.1. Menyajikan peta konsep
pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT.
|
4.1.1. Menjelaskan berbagai manfaat perilaku beriman kepada Rasul Allah
SWT.
4.1.2 Menyajikan fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa,
fenomena atau kejadian yang menunjuk
pada perilaku beriman kepada Rasul Allah SWT.
|
Proyek
|
||||
3.2. Menguraikan sifat-sifat
Rasul Allah SWT.
|
3.2.1. Menjelaskan tentang sifat-sifat Rasul Allah SWT.
|
Sifat-sifat Rasul Allah SWT.
|
Mengamati:
·
memperhatikan
dan mengamati gambar yang berkaitan dengan materi
Menanya:
·
bertanya,
dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang
berkaitan dengan sifat-sifat Rasul Allah SWT
·
Membaca atau membuka wawasan tentang sifat-sifat
Rasul Allah SWT
Eksplorasi:
·
Menalar,
dengan mencari kisah-kisah atau fenomena yang menggambarkan sifat para Rasul Allah
SWT
Mengasosiasikan:
·
Saling
tukar informasi tentang sifat para Rasul Allah SWT
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
tentang fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada sifat para
Rasul Allah SWT.
|
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
|
1x2 Jam pelajaran
|
Buku paket, Kitab salaf, Al-Quran dan Tafsir,Lingkungan alam sekitar,
pengalaman siswa, internet
|
4.2. Menyajikan peta konsep
sifat-sifat Rasul Allah SWT.
|
4.2.1.Menceritakan kisah-kisah tentang sifat-sifat Rasul Allah SWT.
|
Proyek
|
||||
3.3. Memahami pengertian,
contoh dan hikmah mukjizat sert a kejadian luar biasa lainnya (karamah,
ma‘unah, dan irhas)
|
3.3.1.Menjelaskan
pengertian, contoh dan hikmah mukjizat
3.3.2.Menjelaskan
pengertian, contoh dan hikmah kejadian luar biasa
lainnya (karamah, ma‘unah, dan irhas)
|
pengertian, contoh dan hikmah mukjizat sert a kejadian luar biasa lainnya
(karamah, ma‘unah, dan irhas)
|
Mengamati:
·
memperhatikan
dan mengamati gambar yang berkaitan dengan materi
Menanya:
·
bertanya,
dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang
berkaitan dengan mukjizat sert a kejadian luar biasa lainnya (karamah,
ma‘unah, dan irhas)
·
Membaca atau membuka wawasan tentang mukjizat sert
a kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma‘unah, dan irhas)
Eksplorasi:
·
Menalar,
dengan mencari kisah-kisah atau
fenomena yang menggambarkan mukjizat
sert a kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma‘unah, dan irhas)
Mengasosiasikan:
·
Saling
tukar informasi tentang mukjizat sert a kejadian luar biasa lainnya (karamah,
ma‘unah, dan irhas)
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
tentang fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada mukjizat
sert a kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma‘unah, dan irhas)
|
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
|
2 x 2 am pelajaran
|
Buku paket, Kitab salaf, Al-Quran dan Tafsir,Lingkungan alam sekitar,
pengalaman siswa, internet
|
4.3. Menyajikan kisah-kisah
dari berbagai sumber tentang adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya
(karamah, ma‘unah, dan irhas)
|
4.3.1.Menceritakan kisah-kisah tentang mukjizat sert a kejadian luar
biasa lainnya (karamah, ma‘unah, dan irhas)
|
Unjuk kerja
|
||||
3.4. Memahami pengertian,
contoh, dan dampak positifnya sifat husnuzzan, tawadluk, tasamuh, dan ta’awun
|
3.4.1. Menjelaskan pengertian, contoh, dan dampak positifnya sifat
husnuzzan, tawadluk, tasamuh, dan ta’awun
|
pengertian, contoh, dan dampak positifnya sifat husnuzzan, tawadluk,
tasamuh, dan ta’awun
|
Mengamati :
·
Mendengar
penjelasan guru tentang pengertian, Contoh, dampak positif serta kisah
tentang husnuzzan, tawadluk, tasamuh, dan ta’awun
·
Mengamati
contoh gambar/video tentang husnuzzan, tawadluk, tasamuh, dan ta’awun
Menanya
·
Melakukan
tanya jawab pengertian Contoh, dampak positif serta kisah tentang husnuzzan,
tawadluk, tasamuh, dan ta’awun
·
Melakukan
tanya jawab maksud dari gambar/video tentang husnuzzan, tawadluk, tasamuh,
dan ta’awun
Mengeksplorasi:
·
Menggali
informasti tentang pengertian Contoh, dampak positif serta kisah tentang husnuzzan,
tawadluk, tasamuh, dan ta’awun
·
Berdiskusi
tentang pengertian Contoh, dampak positif serta kisah tentang husnuzzan,
tawadluk, tasamuh, dan ta’awun
Mengasosiasi:
·
Tukar
informasi tentang cara melakukan husnuzzan, tawadluk, tasamuh, dan ta’awun
·
Membuat
peta konsep tentang pengertian Contoh, dampak positif serta kisah tentang husnuzzan,
tawadluk, tasamuh, dan ta’awun
Mengkomunikasikan
·
mempresentasikan/menyajikan
hasil diskusi tentang pengertian husnuzzan, tawadluk, tasamuh, dan ta’awun
|
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
|
2 x 2 Jam
Pelajaran
|
Buku paket, Kitab salaf, Al-Quran dan Tafsir,Lingkungan alam sekitar,
pengalaman siswa, internet
|
4.4. Mensimulasikan dampak
positif dari akhlak terpuji (husnuzzan, tawadluk, tasamuh, dan ta’awun)
|
4.5.1.Menceritakan kisah tentang akhlak terpuji (husnuzzan, tawadluk,
tasamuh, dan ta’awun)
|
praktik
|
||||
3.5. Memahami pengertian,
contoh dan dampak negatifnya sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah
|
3.5.1. Menjelaskan pengertian, contoh, dan dampak negatif ananiah, putus
asa, gadab, dan tamak
|
pengertian, contoh dan dampak negatifnya sifat hasad, dendam, ghibah,
fitnah, dan namimah
|
Mengamati :
·
Mendengar
penjelasan guru tentang pengertian, contoh, dan dampak negatif ananiah, putus
asa, gadab, dan tamak
·
Mengamati
contoh gambar/video tentang Akhlak Tercela
Menanya
·
Melakukan
tanya jawab pengertian, contoh, dan dampak negatif ananiah, putus asa, gadab,
dan tamak
·
Melakukan
tanya jawab maksud dari gambar/video tentang akhlak tercela
Mengeksplorasi:
·
Menggali
informasti tentang pengertian, contoh, dan dampak negatif ananiah, putus asa,
gadab, dan tamak
·
Berdiskusi
tentang pengertian, contoh, dan dampak negatif ananiah, putus asa, gadab,
dan tamak
Mengasosiasi:
·
Tukar
informasi tentang cara meninggalkan ananiah, putus asa, gadab, dan tamak
·
Membuat
peta konsep tentang pengertian, contoh, dan dampak negatif sifat ananiah,
putus asa, gadab, dan tamak
Mengkomunikasikan
·
mempresentasikan/menyajikan
hasil diskusi tentang pengertian, contoh, dan dampak negatif ananiah, putus
asa, gadab, dan tamak
|
Tes Lisan
Tes Tulis
|
2 x 2 Jam
Pelajaran
|
Buku paket, Kitab salaf, Al-Quran dan Tafsir,Lingkungan alam sekitar,
pengalaman siswa, internet
|
4.5. Mensimulasikan dampak
negatif dari akhlak tercela (hasad, dendam, ghibah, dan namimah)
|
4.5.1.Menceritakan kisah tentang akhlak tercela ananiah, putus asa,
gadab, dan tamak
|
Proyek
praktik
|
||||
3.6. Memahami adab kepada
saudara dan teman
|
3.6.1. Menjelaskan tata cara adab kepada saudara dan teman
|
adab kepada saudara dan teman
|
Mengamati:
·
Menyimak
penjelasan guru tentang adab kepada saudara dan teman
·
mengamati
adab kepada saudara dan teman dengan video/gambar visual
Menanya:
·
Menanyakan
ulang tentang adab kepada saudara dan teman
·
Melakukan
tanya jawab untuk menyimpulkan adab kepada saudara dan teman dari
gambar/video
Mengeksplorasi:
·
Menggali
informasi tentang kepada saudara dan teman,
·
menampilkan
hasil buatan peta konsep adab kepada saudara dan teman
·
berdiskusi
tentang adab kepada orang tua dan guru
Mengasosiasi:
·
mendiskusikan
adab kepada saudara dan teman
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan/menyajikan
konsep hasil diskusi tentang kepada saudara dan teman
·
Mempraktikkan
kepada saudara dan teman
|
Tes Lisan
|
2x2 Jam
Pelajaran
|
Buku paket,
|
Tes Tulis
|
|
Kitab salaf, Al-Quran dan Tafsir,Lingkungan alam sekitar, pengalaman
siswa, internet
|
||||
4.6. Mensimulasikan adab kepada
saudara, teman
|
4.6.1. Mensimulasikan tata cara
adab kepada saudara dan teman
|
Proyek
praktik
|
||||
3.7. Manganalisis kisah
keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
|
3.6.1. Menjelaskan keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
|
kisah keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
|
Mengamati:
·
Memperhatikan
tayangan kisah keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
Menanya:
·
Memberi
umpan balik tentang kisah keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
Eksplrosi:
·
Mendiskusikan
keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
·
Mengidentifikasi
keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
Mengasosiasikan:
·
Menyimpulkan
contoh-contoh keteladanan sahabat Abu Bakar r.a. dari kisah-kisah yang dibaca
Mengkomunikasikan:
Menceritakan contoh keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
|
Tes Lisan
Tes Tulis
|
2 x 2 Jam
Pelajaran
|
Buku paket, Kitab salaf, Al-Quran dan
Tafsir,Lingkungan alam sekitar,
pengalaman siswa, internet
|
4.7. Menceritakan kisah
keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
|
4.7.1.Menceritakan kisah keteladanan sahabat Abu Bakar r.a.
|
Proyek
praktik
|
Mengetahui,
Semarang 22 September 2017
Kepala Madrasah
Guru Mata Pelajaran
Guru Praktikan
Siwi
Pambudidoyo, S.Pd.
AfidatulKhoiriyah, S.Ag. Ardany Nuril Fahma
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
MTs NU Al Hikmah
Kelas/ Semeter :
IX/ Gasal
Mata Pelajaran :
AQIDAH AKHLAK
Tahun Pelajaran :
2017/2018
KOMPETENSI INTI :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4.
`Mencoba,mengolah,danmenyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di skolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR ESENSI
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1.
Meyakini akan adanya hari akhir
1.2.
Meyakini
macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah,
yaumul ba‘as, yaumul hisab, yaumul mizan,yaumul jaza’)
1.3.
Menghayati
nilai berilmu, kerja keras, kreatif,
dan produktif dalam fenomena kehidupan
1.4.
Menghayati adab
islami kepada kepada tetangga
1.5.
Menghayati kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
|
|
Observasi :
dengan cara merumuskan pernyataan-pernyatan tentang sikap peserta didik
yang akan dinilai oleh guru, bisa berupa daftar cek dan skala penilaian
disertai rubrik
Penilaian diri:
Guru menyiapkan pernyataan-pernyataan untuk dijawab peserta didik sendiri
dengan cara memilih opsi yang tersedia
Penilaian antar teman :
Guru menyiapkan pernyataan-pernyataan dan diberikan kepada peserta didik
untuk menilai sikap temannya dengan cara memilih opsi yang tersedia
Jurnal:
rekam jejak pesrta didik dalam kegiatan sehari-hari (penilaian-penilaian
sikap di atas,dipilih salah satu untuk tiap materi pada KD-KD dalam KI 1 dan
KI 2)
|
|
Buku Paket Akidah Akhlak dari Kemenag kelas IX
Al-Qur’an terjemah
Sumber-sumber lain yang terkait dengan materi
|
|||
2.1.
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
2.2.
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap alam gaib yang berhubungan
dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘as, yaumul hisab, yaumul
mizan,yaumul jaza’)
2.3.
Membiasakan
perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan
sehari-hari
2.4.
Terbiasamenerapkan adab islami kepada tetangga
2.5.
Meneladani sifat-sifat
utama sahabat Umar bin Khattab r.a.
|
|
||||||
3.1. Memahami pengertian
beriman kepada hari akhir, dalil/buktinya serta tanda dan peristiwa yang
berhubungan dengan hari Akhir tersebut
3.2. Memahami macam-macam alam
gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘as, yaumul
hisab, yaumul mizan,yaumul jaza’)
|
3.1.1.Menjelaskan
pengertian beriman kepada hari akhir
3.1.2.Menjelaskan
dalil/buktinya serta tanda dan peristiwa yang berhubungan
dengan hari Akhir
3.2.1. Menjelaskan tentang macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan
hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘as, yaumul hisab, yaumul mizan,yaumul
jaza’)
|
· Pengertian beriman kepada hari akhir,
dalil/buktinya serta tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari Akhir
tersebut
· Macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan
hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba‘as, yaumul hisab, yaumul mizan,yaumul
jaza’)
|
Mengamati:
·
memperhatikan
dan mengamati gambar yang berkaitan dengan pengertian, dalil, tanda-tanda,
alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
Menanya:
·
bertanya,
dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang
berkaitan dengan hari akhir
·
Membaca atau membuka wawasan tentang hari akhir
Eksplorasi:
·
Menalar,
dengan mencari kisah-kisah atau
fenomena yang menggambarkan hari akhir
Mengasosiasikan:
·
Saling
tukar informasi tentang hari akhir
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
tentang fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi
hari akhir.
|
Tes Tulis:
Pilihan ganda, Isian, Jawaban singkat, menjodohkan dan benar-salah serta
tes uraian
obyektif dan non obyektif
Test Lisan:
Tanya jawab,kuis,atau wawancara
|
6 x 2 Jam pelajaran
|
Buku Paket Akidah Akhlak dari Kemenag kelas IX
Al-Qur’an terjemah
Sumber-sumber lain yang terkait dengan materi
|
|
4.1. Menyajikan data dari
berbagai sumber tentang fakta dan fenomena hari akhir dan alam ghaib lain
yang berhubungan dengan hari akhir
|
4.1.1.Menceritakan
proses hari akhir
|
Fakta dan fenomena hari akhir dan alam ghaib lain yang berhubungan dengan
hari akhir
|
Proyek
Portofolio
|
||||
3.3. Memahami pengertian,
contoh, dan dampak berilmu, kerja
keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
|
3.3.1. Menjelaskan tentang pengertian, contoh, dan dampak berilmu, kerja keras, kreatif, dan
produktif dalam fenomena kehidupan
|
pengertian, contoh, dan dampak
berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan
|
Mengamati:
·
memperhatikan
dan mengamati gambar yang berkaitan dengan materi
Menanya:
·
bertanya,
dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang
berkaitan dengan pengertian, contoh, dan dampak berilmu, kerja keras, kreatif, dan
produktif dalam fenomena kehidupan
·
Membaca atau membuka wawasan tentang sikap berilmu, kerja keras, kreatif, dan
produktif dalam fenomena kehidupan
Eksplorasi:
·
Menalar,
dengan mencari kisah-kisah atau
fenomena yang menggambarkan sikap berilmu, kerja keras, kreatif, dan
produktif dalam fenomena kehidupan
Mengasosiasikan:
·
Saling
tukar informasi tentang sikap berilmu,
kerja keras, kreatif, dan produktif
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
tentang fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi
sikap berilmu, kerja keras, kreatif,
dan produktif.
|
Test Tulis, dan Test Lisan
|
2 x 2 Jam pelajaran
|
Buku Paket Akidah Akhlak dari Kemenag kelas IX.
Buku Akidah Ahlak dari sumber penerbit Yang lain
|
|
4.2. Menyajikan contoh
perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
|
4.2.1. Menceritakan tentang pengertian, contoh, dan dampak berilmu, kerja keras, kreatif, dan
produktif dalam fenomena kehidupan
|
Perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
|
Proyek
Portofolio
|
||||
4.3. Menyajikan kisah-kisah
dari fenomena kehidupan tentang dampak positif dari berilmu, kerja keras,
kreatif, dan produktif
|
4.3.1. Menceritakan kisah-kisah dari fenomena kehidupan tentang dampak
positif dari berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
|
Kisah-kisah dari fenomena kehidupan tentang dampak positif dari berilmu,
kerja keras, kreatif, dan produktif
|
|||||
3.4. Memahami adab islami
kepada kepada tetangga
|
3.4.1. Menjelaskan tentang adab islami kepada kepada tetangga
|
Adab islami kepada kepada tetangga
|
Mengamati:
·
Gejala
prilaku adab islami kepada kepada tetangga
Menanya;
·
Memberi
tanggapan praktik perilaku dalam
kehidupan sehari-hari tentang adab islami kepada kepada tetangga
Mengeksplorasi:
·
Menggali
informasi tentang adab islami kepada kepada tetangga
Mengasosiasikan:
·
Saling
tukar informasi dalam mengelompokkan adab islami kepada kepada tetangga
Mengkomunikasikan:
·
Mensimulasikan
contoh perilaku adab islami kepada kepada tetangga serta dampaknya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Test tulis
Tes lisan
|
2 x 2 jam
Pelajaran
|
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
Penerbit Yang
lain
|
|
4.4. Mensimulasikan adab islami
kepada tetangga
|
4.4.1 Mensimulasikan adab islami kepada tetangga
|
praktik
|
|||||
3.5. Menganalisis kisah sahabat
Umar bin Khattab r.a.
|
3.5.1 Menjelaskan tentang kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
|
Kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
|
Mengamati:
·
Memperhatikan
tayangan kisah kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
Menanya:
·
Memberi
umpan balik tentang kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.tersebut
Eksplrosi:
·
Mendiskusikan
keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a.
·
Mengidentifikasi
keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a.
Mengasosiasikan:
·
Menyimpulkan
contoh-contoh keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a. dari kisah-kisah yang
dibaca
Mengkomunikasikan:
·
Menceritakan
contoh keteladanan kisah sahabat Umar bin Khattab r.a.
|
Test tulis
Bentuk uraian
Penugasan
|
2 x 2 jam
Pelajaran
|
Buku Paket Akidah Akhlak dari Kemenag kelas IX.
Buku Akidah Ahlak dari sumber penerbit Yang lain
|
|
4.5. Menceritakan kisah
keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a.
|
4.5.1. Menceritakan kisah keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a
|
Proyek
|
Mengetahui,
Semarang, 22
September 2017
Kepala Madrasa Guru
Mata Pelajaran
Guru Praktikan
Siwi Pambudidoyo, S.Pd.
AfidatulKhoiriyah, S.Ag. Ardany
Nuril Fahma
SILABUS
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
MTs NU Al Hikmah
Kelas/ Semeter :
XI/ Genap
Mata Pelajaran :
AQIDAH AKHLAK
Tahun Pelajaran :
2017/2018
KOMPETENSI INTI :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4.
`Mencoba,mengolah,danmenyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di skolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR ESENSI
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1.
Meyakini macam-macam takdir yang berhubungan dengan qadla’ dan
qadar Allah SWT.
1.2.
Menghayati adab pergaulan
remaja yang islami
1.3.
Menghayati adab terhadap lingkungan, yaitu kepada
binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan
1.4.
Menghayati kisah
keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
|
|
Observasi :
dengan cara merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan nilai
akidah Islam yang akan dicentang oleh guru bisa berupadaftar cek dan skala
penilaian disertai rubric
Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih
Jurnal :
jejak rekam anak dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar teman
Observasi
dengan cara merumuskan
pernyataan yang ada hubungannya dengan nilai akidah Islam yang akan
dicentang oleh guru bisa berupadaftar cek dan skala penilaian disertai rubric
Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih
Jurnal: jejak rekam anak dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar teman
(penilaian-penilaian sikap di atas,dipilih salah satu untuk tiap materi
pada KD-KD dalam KI 1 dan KI 2)
|
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
Penerbit Yang
lain
|
|||
2.1.
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan keimanan kepada qadla’ dan qadar Allah
2.2.
Menampilkan
perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari
2.3.
Terbiasa beradab
islami terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan, di tempat
umum, dan di jalan
2.4.
Meneladani
sifat-sifat utama sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talibr.a.
|
|
|||||
3.1. Menunjukkan bukti/dalil
kebenaran akan adanya qadla’ dan qadar dan ciri-ciri perilaku orang yang
beriman kepadanya
|
3.1.1.Menjelaskan
bukti/dalil kebenaran akan adanya qadla’ dan qadar dan
ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepadanya
|
bukti/dalil kebenaran akan adanya qadla’ dan qadar dan ciri-ciri perilaku
orang yang beriman kepadanya
|
Mengamati:
·
memperhatikan
dan mengamati gambar yang berkaitan dengan materi
Menanya:
·
bertanya,
dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang
berkaitan dengan qadla’ dan qadar
·
Membaca atau membuka wawasan tentang qadla’ dan
qadar
Eksplorasi:
·
Menalar,
dengan mencari kisah-kisah atau
fenomena yang menggambarkan beriman
kepada qadla’ dan qadar
Mengasosiasikan:
·
Saling
tukar informasi tentang qadla’ dan qadar
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
tentang fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi
beripan kepada qadla’ dan qadar.
|
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
|
3 x 2 Jam pelajaran
|
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
Penerbit Yang
lain
|
4.1. Menyajikan kisah-kisah
dari berbagai sumber dalam fenomena kehidupan tentang qadla’ dan qadar
|
4.1.1 Bercerita tentang qadla’
dan qadar
|
Proyek
|
||||
3.2. Memahami pentingnya akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak
sesuai dengan akhlak Islam
|
3.1.1.Menjelaskan
pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
|
Pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif
pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
|
Mengamati:
·
Mengamati
pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan
remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Menanya:
·
Saling
bertanya tentang pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak
negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Mengeksplorasi:
·
Menggali
informasi tentang pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak
negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Mengasosiasikan:
·
Saling
tukar informasi tentang pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan
dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
antar kelompok tentang pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan
dampak negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam
|
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
|
2 x 2 Jam pelajaran
|
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
Penerbit Yang
lain
|
4.2. Mensimulasikan contoh
perilaku terpujidan dampak negatif perilaku tercela dalam pergaulan remaja
|
4.1.1 Bercerita tentang akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak
sesuai dengan akhlak Islam
|
Proyek
|
||||
3.3. Memahami adab terhadap
lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
|
3.1.1.Menjelaskan
adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan
tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
|
adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat
umum, dan di jalan
|
Mengamati:
·
Mengamati
pentingnya adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di
tempat umum, dan di jalan
Menanya:
·
Saling
bertanya tentang pentingnya adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang
dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
Mengeksplorasi:
·
Menggali
informasi tentang pentingnya adab terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang
dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
Mengasosiasikan:
·
Saling
tukar informasi tentang pentingnya adab terhadap lingkungan, yaitu kepada
binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
antar kelompok tentang pentingnya adab terhadap lingkungan, yaitu kepada
binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan di jalan
|
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
|
2 x 2 am pelajaran
|
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
Penerbit Yang
lain
|
4.3. Mensimulasikan adab
terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum dan di
jalan
|
4.1.1 Bercerita tentang adab
terhadap lingkungan, yaitu kepada binatang dan tumbuhan di tempat umum, dan
di jalan
|
Unjuk kerja
|
||||
3.4. Menganalisis kisah
keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
|
3.1.1.Menjelaskan
kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali
bin Abi Talib r.a
|
kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
|
Mengamati:
·
Memperhatikan
tayangan kisah kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi
Talib r.a.
Menanya:
·
Memberi
umpan balik tentang kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin
Abi Talib r.a.
Eksplrosi:
·
Mendiskusikan
kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
·
Mengidentifikasi
kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
Mengasosiasikan:
·
Menyimpulkan
contoh-contoh kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi
Talib r.a. dari kisah-kisah yang dibaca
Mengkomunikasikan:
·
Menceritakan
contoh keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
|
Tes Lisan
Tes Tulis
Penugasan
|
2 x 2 Jam
Pelajaran
|
Buku Paket Akidah
Akhlak dari Kemenag
kelas IX.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
Penerbit Yang
lain
|
4.4. Menceritakan kisah
keteladaan Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a.
|
4.1.1 Bercerita tentang kisah
keteladanan sahabat Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Talib r.a
|
praktik
|
Mengetahui,
Semarang, 22
September 2017
Kepala Madrasa Guru
Mata Pelajaran
Guru Praktikan
Siwi
Pambudidoyo, S.Pd.
AfidatulKhoiriyah, S.Ag. Ardany
Nuril Fahma
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : MTs NU Al Hikmah
Kelas/
Semeter :
VII/ Gasal
Mata
Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
KOMPETENSI INTI :
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di skolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
ESENSI
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1.1.
Menghayati nilai-nilai akidah Islam
1.2.
Meyakini
sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah,
sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz
Allah SWT.
1.3.
Menghayati
sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
1.4.
Menghayati adab salat dan zikir
1.5.
Menghayati
kisah keteladanan Nabi Sulaiman
a.s. dan umatnya
|
|
1.
Observasi dengan
cara merumuskan pernyataan-pernyatan tentang sikap peserta didik yang akan
dinilai oleh guru, bisa berupa daftar cek dan skala penilaian disertai rubrik
2.
Penilaian diri:
Guru menyiapkan pernyataan-pernyataan
untuk dijawab peserta didik sendiri dengan cara memilih opsi yang
tersedia
3.
Penilaian antar teman :
Guru menyiapkan pernyataan-pernyataan dan diberikan kepada peserta didik
untuk menilai sikap temannya dengan cara memilih opsi yang tersedia
4.
Jurnal:
rekam jejak pesrta didik dalam kegiatan sehari-hari
(penilaian-penilaian sikap di atas,
dipilih salah satu untuk tiap materi pada KD-KD dalam KI 1 dan KI 2)
|
|
|
||
2.1.
Menampilkan perilaku orang yang
mengimani akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari
2.2.
Menampilkan perilaku mengimani
sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah,
sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz
Allah SWT.
2.3.
Membiasakan
perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
2.4.
Terbiasa
menerapkan adab salat dan zikir
2.5.
Mencontoh
kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
dan umatnya
|
|
|
|
|||
3.1. Memahami dalil, dasar, dan tujuan akidah Islam
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam
|
3.1.1.
Menjelaskan
pengertian akidah Islam
3.1.2.
Mengidentifikasi
dalil tentang akidah Islam
3.1.3.
Menjelaskan
dasar dan tujuan akidah Islam
3.1.4.
Menjelaskan
hubungan unsur-unsur akidah Islam(iman,islam,dan ihsan)
4.1.1.Menyajikan
fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam.
|
Dalil, dasar, dan tujuan
akidah Islam
Fakta dan fenomena kebenaran Akidah Islam
|
Mengamati:
·
Mengamati ayat tentang akidah Islam
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab tentang:
·
isi kandungan ayat tentang akidah
Islam,
·
pengertian,dasar, dan tujuan akidah Islam,
·
unsur-unsur akidah Islam (iman,
islam, dan ihsan),
·
hubungan antara iman, islam, dan
ihsan,
Mengeksplorasi:
·
membaca dari berbagai sumber
materi tentang akidah Islam
·
Mendiskusikan dalil, pengertian,
dasar, dan tujuan akidah islam, unsur-unsur yang ada di dalamnya (iman,
islam,dan ihsan), serta kebenaran akidah Islam
Mengasosiasi:
·
Membuat kesimpulan makna dalil,
pengertian,dasar, dan tujuan akidah islam, unsur-unsur yang ada di dalamnya
(iman,islam,dan ihsan) tentang akidah islam,iman,islam,dan ihsan
·
Membuat kesimpulan
fenomena-fenomena tentang kebenaran akidah Islam
Mengkomunikasikan:
·
Presesntasi hasil diskusi dan
analisis dalil tentang akidah
islam,iman,islam,dan ihsan,dalil dan hubungan antara satu dan
lainnya,serta fenomena-fenomena kebenaran akidah Islam
|
Tes Tulis:
Pilihan ganda,
Isian, Jawaban singkat, menjodohkan dan benar-salah serta tes uraian obyektif
dan non obyektif
Test Lisan:
Tanya jawab,kuis, atau wawancara
Proyek
portofolio
|
3 x 2 Jam pelajaran
|
1.
Buku Paket Akidah Akhlak dari
Kemenag kelas VII
2.
Al-Qur’an terjemah
Sumber-sumber
lain yang terkait dengan materi
|
3.2. Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah
beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil
dan jaiz bagi Allah SWT.
4.2.Menyajikan
contoh fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib,
mustahil, dan jaiz Allah SWT
|
3.2.1.
Menunjukkan dalil tentang sifat
wajib, mustahil yang nafsiyah, salbiyah. ma’ani, dan maknawiyah serta sifat
jaiz Allah
3.2.2.
Menjelaskan pengertian sifat wajib
Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani dan maknawiyah
3.2.3.
Mengidentifikasi sifat wajib Allah
yang nafsiyah salbiyah, ma’ani dan maknawiyah
3.2.4.
Menjelaskan pengertian sifat
mustahil bagi Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani dan maknawiyah
3.2.5.
Mengidentifikasi sifat mustahil
Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.6.
Menjelaskan pengertian sifat jaiz
bagi Allah
3.2.7.
Menyebutkan sifat Jaiz bagi Allah
4.2.1.
Menunjukkan contoh fenomena-fenomena kehidupan yang
muncul sebagai bukti dari sifat wajib,mustahil,dan jaiz Allah Swt.
|
Sifat-sifat
wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah
beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil
dan jaiz bagi Allah SWT.
Contoh fenomena-fenomena kehidupan
yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil dan jaiz
|
Mengamati :
·
Mengamati gambar-gambar dan atau video yang
berhubungan dengan fenomena-fenomena alam yang berhubungan denga sifat-sifat
Allah SWT.
·
Menyimak penjelasan guru tentang pengertiansifat
wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah,sifat mustahil,dan
jaiz Allah SWT.
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab tentang maksud dan makna
yang terkandung dalam gambar-gambar dan atau video yang berhubungan dengan
fenomena-fenomena alam yang berhubungan denga sifat-sifat Allah SWT.
·
Menanyakan ulang tentang pengertiansifat wajib
Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani dan maknawiyah, sifat mustahil,dan jaiz
Allah SWT.
Mengeksplorasi :
·
Membaca dari berbagai sumber materi tentang
sifat-sifat Allah SWT. Beserta dalil-dalilnya
·
Mendiskusikan pengertian,contoh orang yang
mengimani pengertian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani dan
maknawiyah, sifat mustahil, dan jaiz Allah SWT.
·
Menggali dari berbagai sumber/media tentang
fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat-sifat Allah
SWT.
Mengasosiasi:
·
Saling mencocokkanrumusan tentang pengertiansifat
wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
·
Membuat peta konsep tentangpembagian sifat wajib
Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
·
Menyimpulkan contoh-contoh perilaku orang yang
mengimani sifat-sifat Allah SWT.
·
Menyimpulkan fenomena-fenomena kehidupan yang
muncul sebagai bukti dari sifat-sifat Allah SWT.
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan /menyajikancontoh tentang fenomena-fenomena kehidupan yang
muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil dan jaiz
|
Test Tulis, dan Test Lisan
Proyek
Portofolio
|
4 x 2 Jam pelajaran
|
1.
Buku Paket Akidah Akhlak dari
Kemenag kelas VII.
2.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
penerbit
3.
Yang lain
|
3.3. Memahami pengertian,contoh, dan dampak positifsifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat
4.3. Menceritakan
kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam fenomena kehidupan
|
3.3.1.Menjelaskan pengertian ikhlas, taat, khauf,dan tobat
3.3.2. Mengidentifikasi dalil tentang ikhlas, taat,khauf,dan tobat
3.3.3. Menunjukkan contoh ikhlas,taat,khauf,dan tobat
3.3.4. Menjelaskan dampak positif ikhlas, taat,khauf,dan tobat
4.3.1.
Menceritakan
kisah/fenomena yang muncul berkaitan dengan perilaku ikhlas,taat,khauf,dan
tobat dalam kehidupan sehari-hari
4.3.2.
Mencari
kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak positif dari perilaku ikhlas, taat,
khauf, dan tobat dalam fenomena kehidupan
|
Pengertian,
contoh dan
dampak positif sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat.
Kisah-kisah yang berkaitan dengan
dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf dan tobat dalam fenomena
kehidupan
|
Mengamati
:
·
Mendengar penjelasan guru tentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat
·
Mengamati
contoh
gambar/video tentang Akhlak Terpuji
Menanya
·
Melakukan tanya jawab pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat
·
Melakukan
tanya jawab maksud dari gambar/video tentang akhlak terpuji
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasti tentang pengertianikhlas, taat, khauf, dan tobat
·
Berdiskusi tentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat
Mengasosiasi:
·
Tukar informasi tentang cara
melakukan ikhlas, taat,
khauf, dan tobat
·
Membuat peta konsep tentang pengertiansifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat
Mengkomunikasikan
·
mempresentasikan /menyajikan hasil
diskusi tentang pengertian
ikhlas, taat, khauf, dan tobat
|
Tes lisan dan tulis
Praktik
|
3 x 2 Jam pelajaran
|
1.
Buku Paket Akidah Akhlak dari
Kemenag kelas VII.
2.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
penerbit
3.
Yang lain
|
3.4. Memahami adab salat dan zikir
4.4. Mensimulasikan adab salat dan
zikir
|
3.4.1.Menjelaskan
pengertian adab salat dan zikir
3.4.2 Mengidentifikasikan dalil tentang adab
salat dan zikir
3.4.3 Menjelaskan tentang adab-adab salat dan
zikir
3.4.4 Menujukkan hikmah perilaku orang yang
melakukan adab-adab salat dan zikir yang benar
4.4.1 Mempraktikkan adab salat dan zikir
|
Adab salat dan zikir
|
Mengamati:
·
Menyimak penjelasan guru tentang adab salat dan
zikir mengamati adab salat dan zikir dengan video visual
Menanya:
·
Menanyakan ulang tentang adab salat
dan zikir
·
Melakukan tanya jawab untuk
menyimpulkan adab salat dan zikir dari gambar/video
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasi tentang adab
salatmenampilkan hasil buatan peta konsepdan zikir
berdiskusi
tentang adab salat dan zikir
Mengasosiasi:
mendiskusikan
adab salat dan zikir
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan/menyajikan konsep
hasil diskusi tentang adab salat dan zikir
·
Mempraktikkan adab salat dan zikir
|
Test tulis
Tes lisan
Praktik
|
3 x 2 jam pelajaran
|
1.
Buku Paket Akidah Akhlak dari
Kemenag kelas VII.
2.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
penerbit
3.
Yang lain
|
3.5. Menganalisiskisah keteladanan
Nabi Sulaiman dan umatnya
4.5
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya
|
3.5.1.
Menjelaskan contoh kisah
keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.5.2.
Menjelaskan hikmah yang bisa di
ambil dari kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s.
3.5.3.
Menunjukkan contoh orang/tokoh yang
meneladani sifat Nabi Sulaiaman a.s.
4.5.1.
Menyajikan cuplikan kisah-kisah
keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
|
Kisah keteladanan Nabi Sulaiman
dan umatnya
|
Mengamati:
·
Memperhatikan tayangan kisah Nabi
Sulaiman dan umatnya
Menanya:
·
Memberi umpan balik tentang kisah
Nabi Sulaiman dan umatnya tersebut
Eksplrosi:
·
Mendiskusikan keteladanan Nabi
Sulaiman
·
Mengidentifikasi keteladanan kisah
Nabi Sulaiman
Mengasosiasikan:
·
Menyimpulkan contoh-contoh
keteladanan nabi Sulaiman a.s. dari kisah-kisah yang dibaca
Mengkomunikasikan:
·
Menceritakan contoh keteladanan
nabi Sulaiman a.s.
|
Test tulis
Bentuk uraian
Penugasan
Proyek
|
3 x 2 Jam pelajaran
|
1.
Buku Paket Akidah Akhlak dari
Kemenag kelas VII.
2.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
penerbit
3.
Yang lain
|
Mengetahui,
Semarang, 22September 2017
Kepala
Madrasa Guru Mata Pelajaran Guru Praktikan
Siwi Pambudidoyo, S.Pd. AfidatulKhoiriyah, S.Ag. Ardany Nuril Fahma
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : MTs NU Al Hikmah
Kelas/
Semeter :
VII/ Genap
Mata
Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
KOMPETENSI INTI :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di skolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1.1. Meyakinisifat-sifat Allah SWT.
melalui al-Asma' al-Husna’ (al-‘Aziz,al-Ghafawr, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Fattah, al-‘Adl,
al-Qayyyum)
1.2. Meyakini adanya malaikat-malaikat Allah dan makhluk
gaib lainnya,
seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
1.3. Menolak akhlak tercela riya’ dan nifaq
1.4. Menghayati adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
1.5. Menghayati keteladanan Ashabul Kahfi
|
|
|
|
Observasi:
Dengan cara
merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan nilai akidah Islam yang
akan dicentang oleh guru bisa berupa daftar cek dan skala penilaian disertai
rubrik
Penilain diri:
Guru menyiapkan
pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih
Jurnal :
jejak rekam anak
dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar
teman
(penilaian-penilaian sikap di atas,
dipilih salah satu untuk tiap materi pada KD-KD dalam KI 1 dan KI 2)
|
|
|
2.1.
Meneladani sifat-sifat Allah yang
terkandung dalam al-Asma' al-Husna’ (al-‘Aziz,al-Ghafawr, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Fattah, al-‘Adl,
al-Qayyyum)
2.2.
Memiliki perilaku beriman kepada
malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam
fenomena kehidupan
2.3.
Membiasakan diri menghindari akhlak
tercela riya’ dan nifaq
2.4.
Terbiasa menerapkan adab membaca
Al-Qur’an dan adab berdoa
2.5.
Menghayati kisah keteladanan
Ashabul Kahfi
|
|
|
|
|
|
|
3.1.
Menguraikan
al-Asma' al-Husna’ (al-‘Aziz,al-Ghafawr, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Fattah, al-‘Adl,
al-Qayyyum)
4.2.
Menyajikan
fakta dan fenomena kebenaran sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-Asma'
al-Husna’ (al-‘Aziz,al-Ghafawr, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr,
al-Fattah, al-‘Adl, al-Qayyyum)
3.2.
Mendeskripsikan
tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
4.3.
Menyajikan
kisah-kisah dalam fenomena kehidupan tentang kebenaran adanya malaikat dan
makhluk ghaib lain lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
|
3.1.1 Menyebutkan 9 nama asmaul Husna
3.1.2 Menjelaskan arti dari masing-masing asmaul Husna
3.1.3 Menunjukkan dalil naqli dan aqli tentang masing-masing
sub asmaul Husna
4.1.1. Menjelaskan berbagai manfaat perilaku yang
merupakan contoh perbuatan meneladani
asmaul husna tertentu.
4.1.2
Menyajikan fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena
atau kejadian yang menunjuk pada
ilustrasi sub asmaul Husna.
3.2.1. Menjelaskan tentang
tugas dan sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya
4.2.1.Menceritakan kisah-kisah
tentang tugas dan sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya
|
·
Nama-nama
asmaul Husna
·
Pengertian
asmaul husna
·
Dalil
naqli dan aqli tentang asmaul husna
·
Pengertian
tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta mahluk ghaib
·
Kisah-kisah
dalam fenomena kehidupan
tentang kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lain lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
|
Mengamati:
·
Memperhatikan
dan mengamati gambar yang berkaitan dengan materi
Menanya:
·
Bertanya, dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang
berhubungan dengan gambar yang berkaitan dengan asma’ al Husna
·
Membaca atau membuka wawasan tentang sifat dan nama
Allah SWT (al-‘Aziz,
al-Ghafawr, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Fattah, al-‘Adl,
al-Qayyyum)
Eksplorasi:
·
Menalar,
dengan mencari kisah-kisah atau fenomena yang menggambarkan nama Allah al-Asma' al-Husna’ (al-‘Aziz ,al-Ghafawr, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Fattah, al-‘Adl,
al-Qayyyum)
Mengasosiasikan:
·
Saling
tukar informasi tentang nama Allah al-Asma' al-Husna’ (al-‘Aziz,al-Ghafawr,
al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Fattah, al-‘Adl, al-Qayyyum)
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
tentang fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi sub
asmaul Husna.
Mengamati:
·
Mengamati
gejala alam untuk memberi bekal tentang hal-hal yang bersifat gaib seperti
peristiwa angin, perilaku orang yang melakukan larangan Allah
Menanya:
·
Saling
bertanya tentang makhluk gaib dan bagaimana mempercayai hal-hal yang gaib
Mengeksplorasi:
·
Menggali
informasi tentang tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib
lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
Mengasosiasikan:
·
Saling
tukar informasi tentang tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk
gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
antar kelompok tentang tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk
gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
|
Tes
Lisan
Tes
Tulis
Penugasan
proyek
Tes
Lisan
Tes
Tulis
Penugasan
proyek
|
3 x 2 Jam Pelajaran
3 x2 Jam Pelajaran
|
1.
Buku Paket Akidah Akhlak dari
Kemenag kelas VII.
2.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
penerbit
3.
Yang lain
1.
Buku Paket Akidah Akhlak dari
Kemenag kelas VII.
2.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
penerbit
3.
Yang lain
|
3.3.
Memahami
akhlak tercela riya’ dan nifaq
4.4.
Mensimulasikan
contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.3.1.Menjelaskan
pengertian akhlak riya
3.3.2.Menjelaskan
pengertian nifaq
3.3.3.
Mengidentifikasi akhlak tercela riya’ dan nifaq
4.3.1.Mensimulasikan
contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Pengertian
akhlak riya dan nifaq
·
Ciri-ciri
riya’
·
Ciri-ciri
nifaq
·
Contoh
riya’ dan nifaq
|
Mengamati:
·
Gejala
prilaku akhlak tercela riya’ dan nifaq
·
Menanya;
·
Memberi
tanggapan praktik perilaku dalam
kehidupan sehari-hari tentang ahlak tercela riya’ dan nifaq
Mengeksplorasi:
·
Menggali
informasi tentang akhlak tercela riya’ dan nifaq
Mengasosiasikan:
·
Saling
tukar informasi dalam mengelompokkan akhlak tercela riya’ dan nifaq
Mengkomunikasikan:
·
Mensimulasikan
contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes
Lisan
Tes
Tulis
Penugasan
proyek
|
3 x2 Jam Pelajaran
|
1.
Buku Paket Akidah Akhlak dari
Kemenag kelas VII.
2.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
penerbit
3.
Yang lain
|
3.4.
Memahami
adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
4.5.
Mempraktikkan
adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
|
3.4.1.
Menjelaskan tata cara adab membaca al-Qur’an
3.4.2.Menjelaskan
tata cara adab berdoa yang dianjurkan
4.4.1.Mempraktikkan
adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
|
Tata cara Adab Membaca Al-Qur’an dan Adab berdoa
|
Mengamati:
·
Mencermati
gambar adab membaca Qur’an dan adab berdoa
Menanya;
·
Memberi
tanggapan tentang adab membaca al-Qur’an dan adab berdoa
Mengeksplorasi
·
Menggali
informasi tentang adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
Mengasosiasikan:
·
Mengidentifikasi
persamaan atau perbedaan tentang adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
Mengkomunikasikan:
·
Mempraktikkan
adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
|
Tes
Lisan
Tes
Tulis
Penugasan
praktik
|
3 x 2 Jam Pelajaran
|
1.
Buku Paket Akidah Akhlak dari Kemenag
kelas VII.
2.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
penerbit
3.
Yang lain
|
3.5.
Menganalisiskisah
keteladanan Ashabul Kahfi
4.6.
Menceritakan
kisah keteladanan Ashabul Kahfi
|
3.5.1.Menjelaskan
kisah Ashabul Kahfi
3.5.2.Memberikan
contoh tentang tauladan dari kisah Ashabul Kahfi
4.5.1.Menceritakan
secara runtut tentang kisah Ashabul kahfi
|
Kisah keteladanan Ashabul Kahfi
|
Mengamati:
·
Membaca
buku tentang kisah keteladanan Ashabul Kahfi
Menanya:
·
Memberi
tanggapan tentang kisah Ashabul Kahfi yang dibaca
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasi tentang cerita keteladanan
Askahbul Kahfi
Mengasosiasikan:
·
Menyusun cerita secara sistematis tentang kisah
keteladanan Askahbul Kahfi
·
Membuat
resume tentang kisah keteladanan Askahbul Kahfi
Mengkomunikasikan:
·
Menceritakan
secara runtut tentang kisah Ashabul kahfi
|
Tes
Lisan
Tes
Tulis
Penugasan
Proyek
praktik
|
3 x 2 Jam Pelajaran
|
1.
Buku Paket Akidah Akhlak dari
Kemenag kelas VII.
2.
Buku Akidah Ahlak dari sumber
penerbit
3.
Yang lain
|
Mengetahui,
Semarang,22September
2017
Kepala
Madrasa
Guru Mata Pelajaran
Guru Praktikan
Siwi Pambudidoyo, S.Pd.
AfidatulKhoiriyah, S.Ag.
Ardany Nuril Fahma
Comments
Post a Comment