Silabus Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VIII Semester 1
Yang nyari monggo, ini uda ada!!!!
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : VIII / I
Nama Guru :
NIP/NIK :
Sekolah :
SILABUS Pembelajaran
Madrasah : MTs NU AL
HIKMAH MIJEN
Mata Pelajaran : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester : VIII / I
Standar Kompetensi : Meningkatkan keimanan
kepada kitab-kitab Allah SWT
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Nilai-Nilai Kewirausahaan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
Teknik
|
Instrumen
|
||||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
1.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
|
§ Iman kepada kitab-kitab Allah SWT.
|
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
|
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan
hasil
§ Mampu men-cari sumber
belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep
dengan kata-kata sendiri
|
§ Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT dengan benar.
|
§ Menjelaskan pengertian
beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
§ Menunjukkan dalil naqli
tentang beriman kepada kitab-kitab
Allah SWT.
|
Tes lisan
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku Paket Aqidah
Akhlaq kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
|
1.2 Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT
|
§ Bukti/dalil kebenaran
adanya kitab-kitab Allah SWT.
|
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
|
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan
hasil
§ Mampu men-cari sumber
belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep
dengan kata-kata sendiri
|
§ Membaca dan menelaah
berbagai literatur untuk menemukan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab
Allah SWT
|
§ Menyebutkan bukti/dalil
adanya kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT melalui berbagai literatur
§ Menyebutkan bukti/dalil
adanya kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT melalui dalil naqli.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku Paket Aqidah
Akhlaq kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
|
1.3 Menjelaskan macam, fungsi dan isi kitab Allah
|
§ Macam, fungsi dan isi
kitab Allah
|
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
|
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan
hasil
§ Mampu men-cari sumber
belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep
dengan kata-kata sendiri
|
§ Membaca dan menelaah berbagai
literatur untuk menjelaskan macam, fungsi dan isi kitab Allah
|
§ Menunjukkan nama-nama
kitab Allah SWT beserta rasul yang menerimanya
§ Menyebutkan fungsi dan isi pokok dari kitab-kitab Allah.
|
Tes lisan
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku Paket Aqidah
Akhlaq kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
|
1.4 Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Kitab Allah
SWT.
|
§ Perilaku yang
mencerminkan beriman epada Kitab Allah SWT.
|
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
|
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan
hasil
§ Mampu men-cari sumber
belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep
dengan kata-kata sendiri
|
§ Menunjukkan sikap yang mencerminkan beriman
kepada Kitab Allah SWT
|
§ Menampikan sikap mencintai Al-Quran
sebagai kitab Allah SWT
§ Menjadikan al-Quran
sebagai sumber hukum dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes perbuatan
|
Penugasan
|
2 x 40’
|
§ Buku Paket Aqidah
Akhlaq kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
|
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan akhlak terpuji kepada
diri sendiri
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Nilai-Nilai Kewirausahaan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
Teknik
|
Instrumen
|
||||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyar,
sabar, syukur dan qana’ah
|
§ Akhlak terpuji pada
diri sendiri (tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah)
|
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
|
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan
hasil
§ Mampu men-cari sumber
belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep
dengan kata-kata sendiri
|
§ Membaca dan menelaah
berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya
tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
|
§ Menjelaskan pengertian
dan pentingnya tawakkal
§ Menjelaskan pengertian
dan pentingnya ikhtiyar
§ Menjelaskan pengertian
dan pentingnya sabar
§ Menjelaskan pengertian
dan pentingnya syukur
§ Menjelaskan pengertian
dan pentingnya qana’ah
|
Tes lisan
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku Paket Aqidah
Akhlaq kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
|
2.2 Mengidenti-fikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal,
ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
|
§ Bentuk dan
contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
|
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
|
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan
hasil
§ Mampu men-cari sumber
belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep
dengan kata-kata sendiri
|
§ Mengamati lingkungan
sekitar untuk mengenali bentuk dan
contoh-contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
|
§ Menyebutkan
contoh-contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
§ Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki sikap
tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
|
Unjuk kerja
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku Paket Aqidah
Akhlaq kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
|
2.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyar, sabar,
syukur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan
|
§ Nilai-nilai positif
dari tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
|
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
|
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan
hasil
§ Mampu men-cari sumber
belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep
dengan kata-kata sendiri
|
§ Mengamati lingkungan
sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyar, sabar,
syukur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan
|
§ Menyebutkan nilai-nilai
positif dari tawakkal dalam fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai
positif
dari ikhtiyar dalam fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai
positif dari sabar dalam fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai
positif dari syukur dalam fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai
positif dari qana’ah dalam fenomena kehidupan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku Paket Aqidah
Akhlaq kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
|
2.4 Membia-sakan perila-ku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan
qana’ah
|
§ Perilaku tawakkal,
ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
|
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
|
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan
hasil
§ Mampu men-cari sumber
belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep
dengan kata-kata sendiri
|
§ Mempraktikkan perilaku
terpuji (tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah) bersama teman-teman dan guru-gurunya di sekolah.
|
§ Menunjukkan
contoh sikap
tawakkal, ikhtiyar, sabar,
syukur dan qana’ah dalam lingkungan keluarga.
§ Menunjukkan
contoh sikap tawakkal,
ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam
lingkungan sekolah.
Menunjukkan
contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar,
syukur dan qana’ah dalam lingkungan masyarakat.
|
Tes perbuatan
|
Penugasan
|
2 x 40’
|
§ Buku Paket Aqidah
Akhlaq kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
|
Standar Kompetensi : 3. Menghindari akhlak tercela kepada
diri sendiri
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Nilai-Nilai Kewirausahaan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
Teknik
|
Instrumen
|
||||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
3.1 Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan
takabbur
|
§ Akhlak tercela kepada
Allah (ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur)
|
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
|
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan
hasil
§ Mampu men-cari sumber
belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep
dengan kata-kata sendiri
|
§ Membaca dan menelaah
berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian ananiah, putus asa,
ghadhab, tamak dan takabbur
|
§ Menjelaskan pengertian ananiah
§ Menjelaskan pengertian
putus asa
§ Menjelaskan pengertian
ghadhab
§ Menjelaskan pengertian
tamak
§ Menjelaskan pengertian
takabbur
|
Tes lisan
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku Paket Aqidah
Akhlaq kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
|
3.2 Mengidenti-fikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah,
putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
|
§ Bentuk dan
contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
|
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
|
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan
hasil
§ Mampu men-cari sumber
belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep
dengan kata-kata sendiri
|
§ Mengamati lingkungan
sekitar untuk mengenali bentuk dan
contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
|
§ Menyebutkan bentuk dan
contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
§ Menunjukkan ciri-ciri
orang yang memiliki perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
|
Unjuk kerja
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku Paket Aqidah
Akhlaq kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
|
3.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus
asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam
fenomena kehidupan
|
§ Nilai-nilai negatif
akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
|
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
|
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan
hasil
§ Mampu men-cari sumber
belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep
dengan kata-kata sendiri
|
§ Mengamati lingkungan
sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus
asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam
fenomena kehidupan
|
§ Menyebutkan nilai-nilai
negatif akibat perbuatan ananiah dalam
fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai
negatif akibat perbuatan putus asa dalam
fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai
negatif akibat perbuatan ghadhab dalam fenomena
kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai
negatif akibat perbuatan tamak dalam
fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai
negatif akibat perbuatan takabbur dalam fenomena
kehidupan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
2 x 40’
|
§ Buku Paket Aqidah
Akhlaq kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
|
3.4 Membia-sakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada
perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur.
|
§ Hal-hal yang mengarah
pada perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur.
|
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
|
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan
hasil
§ Mampu men-cari sumber
belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep
dengan kata-kata sendiri
|
§ Mengidentifikasi
hal-hal yang me-ngarah pada pe-rbuatan ananiah, putus asa, gha-dhab, tamak
dan takabbur sehing-ga ia berusaha untuk
menghin-darinya.
|
§ Menghindari
perbuatan
ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam kehidupan sehari-hari
di lingkungan keluarga
§ Menghindari perbuatan
ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan
takabbur dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan sekolah.
§ Menghindari perbuatan
ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan
takabbur dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
masyarakat.
|
Tes perbuatan
|
Penugasan
|
2 x 40’
|
§ Buku Paket Aqidah
Akhlaq kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
|
|
|
|
Comments
Post a Comment