Silabus Kurikulum 2013 Aqidah Akhlak Mts Kelas VIII Semester 1



 Yang nyari monggo, ini uda ada!!!!




PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS PEMBELAJARAN







Mata Pelajaran                : Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan          :
Kelas/Semester                : VIII / I
Nama Guru                     :
NIP/NIK                          :
Sekolah                             :  

SILABUS Pembelajaran
Madrasah                             :  MTs NU AL  HIKMAH MIJEN
Mata Pelajaran                  : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester                 : VIII / I

Standar Kompetensi         : Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Nilai-Nilai Kewirausahaan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Instrumen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
1.1    Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
§ Iman kepada kitab-kitab Allah SWT.
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT dengan benar.
§ Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
§ Menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
Tes lisan
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
1.2    Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT
§ Bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT.
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT
§ Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT melalui berbagai literatur
§ Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT melalui dalil naqli.
Tes tertulis
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
1.3    Menjelaskan macam, fungsi dan isi kitab Allah
§ Macam, fungsi dan isi kitab Allah
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menjelaskan macam, fungsi dan isi kitab Allah
§ Menunjukkan nama-nama kitab Allah SWT beserta rasul yang menerimanya
§ Menyebutkan fungsi dan isi pokok dari kitab-kitab Allah.
Tes lisan
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
1.4    Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Kitab Allah SWT.
§ Perilaku yang mencerminkan beriman epada Kitab Allah SWT.
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Menunjukkan sikap yang mencerminkan beriman kepada Kitab Allah SWT
§ Menampikan sikap mencintai Al-Quran sebagai kitab Allah SWT
§ Menjadikan al-Quran sebagai sumber hukum dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
Tes perbuatan
Penugasan
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
Standar Kompetensi         : 2. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Nilai-Nilai Kewirausahaan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Instrumen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
2.1    Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
§ Akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah)
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
§ Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal
§ Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhtiyar
§ Menjelaskan pengertian dan pentingnya sabar
§ Menjelaskan pengertian dan pentingnya syukur
§ Menjelaskan pengertian dan pentingnya qana’ah
Tes lisan
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
2.2    Mengidenti-fikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
§ Bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
§ Menyebutkan contoh-contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
§ Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah

Unjuk kerja
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
2.3    Menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan
§ Nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai positif dari tawakkal dalam fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai positif dari ikhtiyar dalam fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai positif dari sabar dalam fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai positif dari syukur dalam fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai positif dari qana’ah dalam fenomena kehidupan
Tes tertulis
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
2.4    Membia-sakan perila-ku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
§ Perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Mempraktikkan perilaku terpuji (tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah) bersama teman-teman dan guru-gurunya di sekolah.
§ Menunjukkan contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam lingkungan keluarga.
§ Menunjukkan contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam lingkungan sekolah.
Menunjukkan contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam lingkungan masyarakat.
Tes perbuatan
Penugasan
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan


Standar Kompetensi         : 3. Menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Nilai-Nilai Kewirausahaan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Instrumen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
3.1    Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
§ Akhlak tercela kepada Allah (ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur)
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
§ Menjelaskan pengertian ananiah
§ Menjelaskan pengertian putus asa
§ Menjelaskan pengertian ghadhab
§ Menjelaskan pengertian tamak
§ Menjelaskan pengertian takabbur
Tes lisan
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
3.2    Mengidenti-fikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
§ Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
§ Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
§ Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur

Unjuk kerja
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
3.3    Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam  fenomena kehidupan
§ Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam  fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah dalam  fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan putus asa dalam  fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ghadhab dalam  fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan tamak dalam  fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan takabbur dalam  fenomena kehidupan
Tes tertulis
Uraian
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan
3.4    Membia-sakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur.
§ Hal-hal yang mengarah pada perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur.
§ Religius
§ Cinta ilmu
§ Gemar Membaca
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Ingin tahu
§ Kerja sama
§ Percaya diri
§ Berorientasi tugas dan hasil
§ Mampu men-cari sumber belajar sendiri
§ Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§ Mengidentifikasi hal-hal yang me-ngarah pada pe-rbuatan ananiah, putus asa, gha-dhab, tamak dan takabbur sehing-ga ia berusaha untuk menghin-darinya.
§ Menghindari perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga

§ Menghindari perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
§ Menghindari perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
Tes perbuatan
Penugasan
2 x 40’
§ Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VIII
§ LKS
§ Buku lain yang relevan











Comments

Popular

9 PERUBAHAN K13 (KURIKULUM 2013 UPDATE TAHUN 2017)

SOAL DAN JAWABAN Metodologi Pembelajaran dari kelompok 1 sampai 8 KI- 1A.

RPP K13 MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII SEMESTER SATU BAB SHOLAT LIMA WAKTU DAN SUJUD SAHWI (KURIKULUM 2013)